Cara sederhana membuat rangkaian lampu LED untuk lampu rem motor (bagian 3)

motorblitz 4 red led

Sekarang tinggal bikin rangkaian lampu lednya. Siapkan dulu bahan-bahannya, Pertama lampu led 28 buah sesuai dengan wadah lampu led yang kita buat sebelumnya. Siapkan juga kabel telepon yang didalamnya berisi 3 kabel warna merah hitam putih atau 4 isi warna merah putih hitam biru sepanjang 1 meter, kabel kecil 4 warna(merah, kuning, hijau, biru) masing-masing 1 meter, dan kabel gede (kabel listrik PLN) secukupnya seperti photo dibawah :

motorblitz bahan led

Kok lampu lednya dikit?

Heheheee…maklum MB belinya nyicil. Ternyata susah juga nyari lampu led merah dan kebanyakan toko bilang abis, kalo ada juga harganya lumayan sekitar 750-800 perbuah. Padahal dulu paling mahal harganya cuma 500, setaun yang lalu sih..

Ok lanjut sekarang pisahkan antara isi kabel telepon yang berwarna merah putih hitam dari isolator (plastik pelindung kabel) yang berwarna abu-abu dengan cara ditarik, kalau susah potong dulu kabelnya 30 cm. Pisahkan juga masing-masing isolator kabel warna merah putih hitam dengan kabel tembaganya. potong isolator abu-abu setengah cm dan potong isolator kabel merah putih biru 1 cm seperti ini :

motorblitz potong kabel

Intinya yang kita butuhkan dari kabel telepon ini cuma isolatornya aja. Trus kabel tembaganya buat apa dong.. kasih ke kucing?? janganlah kasian ntar keselek.

Lanjut..masukan potongan isolator warna merah ke kaki positif (kaki yang lebih panjang) led dan potongan isolator warna hitam ke kaki negatif led :

motorblitz isolasi led

Tujuan kaki led diberi isolator ini selain menghindari konslet kita juga bisa dengan mudah membedakan yang mana kaki positif dan negatif lampu led, karena biasanya masalah dalam merangkai lampu led ini kebanyakan masangnya kebalik. Selain itu kita bisa dengan mudah mendeteksi jika nanti ada trouble.

O iya, periksa di tes dulu masing-masing lampu led dengan wadah lampu senter bekas korek gas seperti yang telah dibahas disini.

Masukan potongan kecil isolator warna abu-abu ke kaki hitam masing-masing lampu led. Setelah itu lilit resistor 1 ohm di kaki merah lampu led (kaki positif) dan kaki hitam sambungkan dengan kaki merah led yang lain secara berurutan hingga 4 led seperti ini :

motorblitz rangkaian 4 led

Cettt! Jepit sambungan antara led dan resistor dengan plat seng dengan tang :

motorblitz rangkaian 4 led jepit

Masukan isolator abu-abu disambungan  seng tadi. Potong kabel kecil 4 warna sekitar 15 cm, kabel kuning dan biru 3 buah, kabel merah dan hijau 4 buah. Sambungkan kabel merah dikaki resistor 1 ohm dan juga kabel hijau dikaki negatif led di rangkaian 4 led tadi, jangan lupa jepit dengan plat seng.

motorblitz rangkaian 4 led jadi+kabel

Nah.. inilah yang disebut rangkaian 4 led. rencananya nanti lampu senja rem mengunakan 3 rangkaian 4 led dan untuk lampu remnya menggunakan 4 rangkaian 4 led, jadi semuanya kita harus membuat 7 rangkaian 4 led :

motorblitz rangkaian 4 led jadi+kabel 8 buah

 

Selanjutnya kita periksa dulu masing-masing rangkaian 4 led, caranya siapkan kabel gede seperti photo kedua diatas, siapkan resistor 330 ohm 3 buah, resistor 470 ohm 3 buah, aki motor, plat seng, dan jepitan jemuran.

Masukan potongan kecil isolator putih dimasing-masing resistor 330 ohm. Sambung 3 resistor 330 ohm, cettt! jepit dengan plat seng :

motorblitz rangkaian 3 resistor 330 ohm jepit2

Masukan isolator abu-abu dimasing-masing sambungan antara resistor ini mirip seperti sambungan lampu led. Susah masuk? tekan dengan tang seperti ini :

motorblitz rangkaian 3 resistor 330 ohm jepit

 

Sambung 3 resistor 470 tanpa dijepit atau hanya dililitkan saja :

motorblitz rangkaian 3 resistor 470 ohm

Sambungkan 3 rangkaian resistor 330 ohm dan 470 ohm lalu sambungkan juga dengan kabel merah kabel gede tadi :

motorblitz kabel gede+resistor2

 

Sekarang kita siapkan accu, siapkan kabel gede dan jepit ujung kabel hitam di terminal negatif accu dan kabel merah di positif accu dengan jepitan jemuran/pakaian.. biggrin :

motorblitz kabel gede+resistor+aki

 

Saatnya melakukan pengetesan, coba tempelkan kabel kuning/merah 4 rangkaian led dengan ujung resistor 470 ohm tadi dan kabel biru/hijau ke ujung kabel gede warna hitam seperti ini :

motorblitz rangkaian 4 led nyala

Siipp.. nyala, kalau ga nyala gimana? kalo ga nyala coba periksa lagi jangan-jangan lampu lednya ada yang kebalik, ciri kaki positif led selain kakinya lebih panjang lempengan didalam kaca lampu lednya lebih kecil. Periksa juga sambungan kabel gede di accu jangan-jangan belum dikelupas ujung kabelnya… confused

Kalau semua rangkaian 4 led oke tinggal dimasukan ke wadah lampu led. Pertama masukan 3 rangkaian 4 led untuk lampu senja rem yaitu yang warna kabelnya kuning dan biru ke wadah lampu led. seperti ini :

motorblitz belakang senja

 

Tes dulu aaah.. biggrin

motorblitz depan senja nyala

 

Berkembung disini… mrgreen —–> https://motorblitz.com/2014/08/09/cara-sederhana-membuat-rangkaian-lampu-led-untuk-lampu-rem-motor-bagian-4/

 

 

 

9 pemikiran pada “Cara sederhana membuat rangkaian lampu LED untuk lampu rem motor (bagian 3)

  1. Ping balik: Cara sederhana membuat rangkaian lampu LED untuk lampu rem motor (bagian 2) | MOTORBLITZ

  2. Ping balik: Cara sederhana membuat rangkaian lampu LED untuk lampu rem motor (bagian 4) | MOTORBLITZ

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.