Assen MotoGP 2015, lagi terjadi kontroversi kemenangan Rossi atas Marquez.

Assen motogp 2015 rossi marquez (12)

 

Race MotoGP 2015 di sirkuit Assen Belanda berlangsung menegangkan Bro & Sis. Menjelang dimulainya race bersiap-siap di baris pertama Valentino Rossi, Aleix Espargaro, dan Marc Marquez. Baris kedua Pedrosa, Pol Espargaro, Iannone, dan baris ketiga Cal Crutchlow, Jorge Lorenzo, Maverick Vinales. Race pun dimulai, Rossi berada paling depan diikuti Aleix, dan Marquez.

Beberapa detik kemudian selepas tikungan kedua posisi pembalap berubah Rossi pertama, Marquez kedua dan Lorenzo yang tadinya ada di urutan 8 langsung menyalip kedepan berada di posisi 3 diikuti Cal Crutchlow, Iannone, dan Aleix Espargaro yang turun ke posisi 6, Oiya Pedrosa turun drastis ke posisi 12.

Assen motogp 2015 rossi marquez (25)

 

Di akhir lap 3 terlihat 3 pembalap yaitu Rossi, Marquez, dan Lorenzo mulai memisahkan diri dengan gap sekitar 1 detik dari pembalap dibelakangnya Iannone dan Cal Crutchlow. Posisi masih belum berubah hingga lap 8 masih Rossi, Marquez, Lorenzo, Iannone, dan Cal Crutchlow. Rossi semakin kesetanan memacu M1-nya, Marquez pun meladeni dengan jarak hanya beberapa meter, akibatnya Lorenzo sedikit keteter tertinggal sekitar 1 detik.

Assen motogp 2015 rossi marquez (27)

 

Sampai lap 16 posisi masih belum berubah, namun terlihat Lorenzo semakin keteter meladeni Marquez hingga gap-nya tercecer hingga lebih dari 4 detik. Gap yang sama pun terjadi dengan Iannone yang ada di belakang Lorenzo.

Marquez masih membuntuti Rossi dengan ketat dan akhirnya di lap 20 setelah track lurus Marquez berhasil menyalip Rossi. Diduga Marquez akan ngacir menjauh dari Rossi, namun ternyata Rossi pun bisa meladeni membuntuti Marquez dengan gap di bawah 1 detik dan di lap 23 menjelang tikungan berbentuk “S” (Chicane) Rossi berusaha menyalip dan, sayang belum berhasil.

Assen motogp 2015 rossi marquez (29)

 

Namun kali ini beruntung bagi Rossi di lap 24 dia berhasil menyalip Marquez dengan mulus, Marquez semakin agresif, race MotoGP Assen sekarang ini sepertinya ditujukan untuk battle langsung antara Rossi dan Marquez. Hampir sama di tikungan “S”, lap terakhir menjelang garis finish setelah track lurus Marquez menyalip ke kanan dan pastinya benturan pun tidak bisa dihindari.

Assen motogp 2015 rossi marquez (13)

 

Kemungkinan karena keduanya bersentuhan Rossi reflek langsung ke kiri memotong memintas track masuk lintasan kerikil dan akhirnya memenangkan race MotoGP Assen 2015.

Assen motogp 2015 rossi marquez (5)Assen motogp 2015 rossi marquez (2)Assen motogp 2015 rossi marquez (18)Assen motogp 2015 rossi marquez (6)

Assen motogp 2015 rossi marquez (30) Assen motogp 2015 rossi marquez (3)Assen motogp 2015 rossi marquez (21)Assen motogp 2015 rossi marquez (7)

Assen motogp 2015 rossi marquez (23) rossi peace

 

Untuk hasil lengkap race MotoGP Assen 2015 bisa dilihat di bawah ini :

MOTUL TT ASSEN MOTOGP 2015

 

 

Kembali ke kejadian di tikungan ganda berbentuk “S” tadi, banyak pendapat akibat Valentino Rossi yang terkesan memotong jalur. Salah satunya dari team HRC Livio Suppo mengatakan Marquez tidak begitu senang atas kejadian ini, Rossi memang smart mampu memanfaatkan peluang sekecil apapun. Namun di buku peraturan tertulis jelas bahwa tidak diperbolehkan memotong jalur track, tambahnya.

Assen motogp 2015 rossi marquez (20)

 

 

Image credit & referensi tulisan :
-Twitter @motogp, @Motorsport, @crash_motogp, @ValeYellow46,
-motogp.com,
-http://www.motorsport.com/motogp/news/honda-claims-rossi-took-advantage-of-last-corner-collision/.

5 pemikiran pada “Assen MotoGP 2015, lagi terjadi kontroversi kemenangan Rossi atas Marquez.

  1. aah…
    itu kan pendapat HRC.
    lha menurut race director, setelah melihat rekaman dari semua angle kamera termasuk kamera helikopter, Rossi ada di depan Marc saat masuk tikungan. Justru Marc yg maksa masuk sampai nyenggol motor Rossi.
    Jadi kemenangan Rossi termasuk legal.

    Suka

  2. dasar udah kalah ga usah protes..marques masih menggunakan emosi…rosi menggunakan akal sehat…hidup rosi…

    Suka

  3. Ping balik: Sachsenring German motoGP 2015, Duet Honda Marquez dan Pedrosa kembali mendominasi. | MOTORBLITZ

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.