Ukuran velg standar motor Honda, Suzuki, Yamaha, dan Kawasaki.

ukuran pelek standar motor

 

Untuk menentukan pilihan antara velg dengan ban yang ukurannya paling pas dan cocok pastinya kita harus tahu berapa sebenarnya ukuran velg standar motor yang Bro & Sis miliki. Untuk jenis velg variasi mungkin sudah ada tertera di sekitar velg atau pembungkus velg tersebut ketika membeli baru, namun untuk beberapa velg standar MB perhatikan ada juga yang tidak mencantumkan berapa ukuran velg tersebut. Nah supaya Bro & Sis lebih mudah menentukan pilihan untuk mengganti ban alternatif yang dianjurkan coba lihat berapa sebenarnya ukuran velg ori atau velg standar untuk motor Honda, Suzuki, Yamaha, dan Kawasaki di gambar di bawah ini :

ukuran velg standar motor

 

Dari data gambar di atas sebenarnya bisa disimpulkan untuk jenis velg standar motor bebek seperti Honda Supra series, Yamaha Jupiter series dan Suzuki Smash kebanyakan ukuran velg depan 17 x 1.40 dan belakang 17 x 1.60.

Untuk jenis motor matic Honda seperti Honda Beat, Vario, Scoopy kebanyakan ukuran velg depan 14 x 1.60 belakang 14 x 1.85 dan untuk matic Yamaha kebanyakan ukuran velg depan 14 x 1.40 belakang 14 x 1.60.

Sedangkan untuk sebagian motor jenis sport seperti Honda New CB/CBR 150R, Yamaha Byson atau New Vixion ukuran velg depan 17 x 2.5, belakang 17 x 3.5.

O iya, untuk ukuran ban standar Bro & Sis bisa lihat angka di pinggir ban motor yang Bro & Sis miliki :

Jpeg

 

Gimana Bro & Sis, sudah gak bingung lagi kan menentukan pilihan antara velg dengan ban yang ukurannya paling pas dan cocok?

 

 

 

Sumber dan referensi tulisan dari berbagai forum diskusi di Kaskus dan group Facebook, juga spesifikasi standar motor masing-masing merk.

43 pemikiran pada “Ukuran velg standar motor Honda, Suzuki, Yamaha, dan Kawasaki.

  1. Ping balik: Bingung pilih antara velg dengan ban yang ukurannya paling pas dan cocok? | MOTORBLITZ

  2. Ping balik: Kenapa ukuran ban motor harus sesuai dengan ukuran velg? | MOTORBLITZ

  3. – Untuk motor honda beat apakah bisa/boleh pakai pelek ukuran belakang 3.50 & depan pk 2.15 bro….mohon petunjuk…

    – Apa jg pengaruhnya…

    Salam….
    Thx.

    Suka

  4. Gann maaf mau nanya nih, motor ane jupiter mx yang lama thn 2007 ane mau ganti velg dpn 2.50 belakang 3.50 dan ban nya depan 100/70-17 belakang 130/70-17.
    Gmn gan apa cocok atau tidak untuk ukuran ban nya dan ada efek samping nya atau tidak ?

    Mohon pencerahan nya gan.
    Terimakasih

    Suka

  5. Mas mau nanya
    Apakah ada velg variasi untuk verza yang depan 2.50 dan belakang 3.50 ?
    Trus cocok apa tidak dan kalaw cocok harganya berapa ?
    Mohon jawabanya mas

    Suka

  6. Gan sya mau nanyaa???
    Motor saya Supra X 125. Ukuran jari jari depan aslinya 10 x 184. Skrg saya ganti velg 17 baru gan, Trs beli jari jarinya ukuran 10 x 164.
    ukuran jari jarinya tidak sesuai bawaan ,kyk mana gan?? efek nyaa apa gan kalo di pasang??

    Suka

  7. aku punya thunder 125 kan pakek ring 18 kalau diganti ring 17 bisa gak,kira2 apa yang perlu dirubah sekalaian kalau mau pakek ban besar mampunya ukuran berapa ya?
    terima kasih

    Suka

  8. Mio sporty, soul, dan mio 3, velg belakangnya kok gak sama, aku coba masukan punya sporty ke mio soul gak cocok, trus giliran mio 3 kumasukan velg sporty sama soul gak bisa masuk juga,

    Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.