Cara Ganti Sendiri Minyak Rem Sepeda Motor.

minyak rem dot3
Seiring dengan waktu kadang performa rem cakram di sepeda motor yang Bro & Sis kendarai menjadi menurun atau tidak pakem lagi, selain kondisi kampas rem yang sudah aus kemungkinan penyebabnya karena kondisi minyak rem yang sebagian membeku atau menggumpal. Selain itu bisa jadi penyebabnya karena adanya kebocoran di selang rem. Nah jika Bro & Sis mengalami hal yang tersebut atau sekedar ingin mengganti selang rem motor atau part di dalam master rem yang lebih bagus, tentunya kita harus juga harus mengganti minyak rem.


1.Pertama kita sediakan dulu minyak rem, MB pilih minyak rem DOT3 dengan ukuran botol 300 dengan harga sekitar 20rb. Untuk merk sendiri sebenarnya tidak mengikat bisa pilih minyak rem merk Jumbo, Prestone, Castrol, Motul, atau minyak rem standar OEM yang biasa dijual di dealer-dealer resmi motor. Oiya, untuk system pengereman ABS baiknya menggunakan minyak rem DOT4.minyak rem dot3 motor
2.Setelah minyak rem siap kunci inggris atau kunci ring/pass/sock no 8 untuk mengendorkan baut saluran pembuangan minyak rem. Sediakan juga selang kecil yang nantinya dipasang di baut pengeluaran minyak rem supaya minyak rem yang keluar tidak luber kemana-mana. Selain itu sediakan juga lap dan air secukupnya untuk mengantisipasi/ membersihkan bagian dari motor terkena minyak rem karena jika minyak rem ini terkena lapisan cat, cat di bagian motor tersebut akan rusak.

ganti minyak rem (5)

 

3.Buka penutup kotak/wadah penyimpanan minyak rem, pastikan wadah minyak rem tidak goyah supaya minyak rem tidak tumpah. Perlu diperhatikan minyak rem di wadah minyak rem tersebut jangan sampai habis, karenanya isi atau tambah jika wadah minyak rem ini kurang dari low level.

wadah minyak rem

4.Selanjutnya setelah selang rem terpasang kita kendorkan baut perlahan-lahan (jangan terlalu kendor) sampai minyak rem keluar. Tunggu beberapa saat sambil pelan-pelan menginjak pedal rem beberapa kali sampai gelembung udara ikut keluar dengan minyak rem. Nah gelembung-gelembung udara inilah yang menjadi penyebab minyak rem tidak mampu menekan piston juga kampas rem.
selang ganti minyak rem
5.Tunggu sekitar 15 menit dengan kondisi baut pengeluaran rem tidak terlalu kendor ataupun terlalu kencang, biarkan selama 15 menit tanpa diinjak-injak pedal rem. Biasanya masih ada gelembung-gelembung udara kecil yang sedikit demi sedikit keluar. Setelah yakin tidak ada lagi gelembung-gelembung udara yang keluar kencangkan lagi baut pengeluaran minyak rem, injak pedal rem beberapa kali sampai pedal rem ketika diinjak terasa keras.

gelembung udara minyak rem

Kalau seandainya masih belum terasa keras bisa kendorkan lagi baut pengeluaran minyak rem sedikit sampai benar-benar yakin tidak ada lagi gelembung udara yang keluar seperti langkah 5 di atas. Last bersihkan semuanya dengan air dan jangan lupa kencangkan baut pengeluaran minyak rem.

ganti minyak rem selesai

 

Oiya, kalau rem masih blong atau kurang pakem bisa jadi kampas rem perlu diganti, caranya seperti yang pernah dibahas di artikel ini —> Ternyata ganti sendiri kampas rem cakram depan gampang banget.

Semoga bermanfaat..

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.