Yang menarik dari New Suzuki GSX250R Versi Global.

 

Motorblitz, Bro & Sis, mungkin Bro & Sis pernah bahkan sering mendengar Suzuki akan mengeluarkan motor andalan terbarunya di kelas motor sport fairing 250cc di Indonesia. seperti yang pernah dibahas di sini mengenai spesifikasi GSX250R, di situs resminya di globalsuzuki.com Suzuki pun telah resmi merilis New Suzuki GSX 250R. Namun juka Bro & Sis perhatikan ada beberapa hal yang menarik di spesifikasi GSX250R ini Bro & Sist.

Dilihat dari spesifikasi GSX250R di atas setidaknya ada empat poin yang menarik perhatian :

-Pertama kubikasi silinder 248cc yang artinya kubikasi masih bisa dimaksimalkan menjadi 249cc.

-Kedua mesin GSX250R menggunakan 2 silinder sejajar SOHC dan kemungkinan aliran bahan bakar melalui katup pun masih bisa diperderas dengan memperlebar lubang katup dengan system dan lain salah satunya system DOHC.

– Ketiga kompresi rasio 11,0 : 1 pun sepertinya masih bisa di tingkatkan seperti motor-motor rivalnya yang mempunyai perbandingan kompresi di atas 11,5 : 1.

-Dan yang keempat bobot Suzuki GSX250R sekitar 178kg (non ABS) yang masih bisa lebih ringan, minimal mirip dengan para rivalnya yang berkutat tak jauh dari bobot 165kg.

 

Selanjutnya coba lihat gambar di bawah yang MB capture dari situs globalsuzuki :

 

Terlihat dari segi penamaan atau tulisan Suzuki GSX250R ini berbeda dengan  jenis motor sport fairing Suzuki yang lainnya, selain itu untuk motor yang pure sport berfairing Suzuki biasanya tidak menempatkan huruf “R” di belakang besarnnya kubikasi silinder (cc) misalnya GSX-R125, sedangkan huruf “R” di Suzuki GSX250R ini berada di belakang kubikasi.

 

Dari beberapa poin di atas power Suzuki GSX250R ini masih bisa ditingkatkan dan sepertinya, Suzuki memang sengaja mengeluarkan Suzuki GSX250R dengan power 25 HP yang lebih rendah dari power para rivalnya di kelas motor sport 250 fairing yang lebih dari 30HP. Yup, mungkin Bro & Sis juga pernah mendengar selentingan kabar tentang Suzuki GSX-R250 yang mempunyai power yang lebih mumpuni dari Suzuki GSX250R. Melihat dari segi penamaan juga bisa disimpulkan baik GSX250R maupun GSX-R250 ini adalah 2 motor yang berbeda. Namun apakah mungkin keduanya akan dipasarkan di Indonesia?

 

 

Untuk memasarkan Suzuki GSX-R250 dan Suzuki GSX250R Indonesia tentu tidaklah mudah karena selera masyarakat Indonesia memang unik. Walaupun demikian untuk motor kelas 250cc setidaknya ada faktor yang mempengaruhi supaya bisa diterima konsumen. Yang pertama untuk motor kelas 250cc ini adalah pride,  bagi mereka motor kelas 250cc adalah sebuah kebanggaan, tentu termasuk di dalamnya adalah desain yang bagus, suara muffler yang merdu, mesin yang mempunyai power yang mumpuni, dan komunitas yang banyak mendukung.

 

Faktor yang kedua tentunya harga yang murah, walaupun masih berkaitan dengan pride namun dengan harga yang murah tentunya semakin banyak jumlah konsumen yang membeli. Dengan semakin banyaknya konsumen yang baru akan terbentuk komunitas baru yang semakin banyak jumlahnya. Namun untuk membuat motor 250cc yang banyak diterima masyarakat memang tidaklah mudah karena menyangkut masalah harga yang murah, karenanya perlu adanya lokalisasi produk seperti yang telah dilakukan pabrikan lainnya. Selanjutnya muncul pertanyaan baru, apa mungkin Suzuki mampu bersaing? Apa mungkin bisa diterima banyak konsumen?

 

 

Kembali ke GSX Bro & Sis, dilihat dari segi penamaan baik Suzuki GSX-R250 dan Suzuki GSX250R (25HP) ini berbeda, dan kemungkinan spesifikasinya pun berbeda. Bisa jadi Suzuki menciptakan Suzuki GSX-R250 sebagai flagship untuk motor sport fairing 250cc, dan Suzuki GSX250R sebagai batu loncatan untuk konsumen yang ingin beralih dari Suzuki GSX-R150 menuju Suzuki GSX-R250, tentunya GSX250R mempunyai harga yang lebih murah. Bicara soal harga khususnya motor sport fairing 250cc cenderung naik yang kini berada di kisaran antara 55 – 72 juta dan diakui atau tidak ada range harga yang belum terisi yaitu antara 35 – 45juta, celah ini inilah yang bisa diisi oleh GSX250R.

 

Belajar dari Satria FU yang sempat/masih merajai di kelas motor sport underbone, dalam hal teknologi Suzuki memang sangat mampu bersaing di kelas motor sport fairing 250cc. Flashback dari Suzuki Thunder 125 yang sempat merajai motor sport di kelasnya Suzuki pun mampu bersaing soal harga. Berkaitan dengan itu GSX250R jika berada di range harga 35 – 45juta plus suara merdu muffler  GSX250R tentunya mempunyai daya tarik tersendiri. Terlebih Suzuki aktif mengadakan race yang mampu mempromosikan juga mampu membentuk komunitas tersendiri. So, apa mungkin Suzuki mampu merajai motor kelas 250cc? untuk lebih jelasnya kita tunggu saja kabar selanjutnya mengenai GSX250R dan Suzuki GSX-R250 tahun depan Bro & Sis… 🙂

 

 

 

 

Sumber gambar & Referensi tulisan :
-globalsuzuki.com.
-facebook page young machine.

Iklan

Satu pemikiran pada “Yang menarik dari New Suzuki GSX250R Versi Global.

  1. Ping balik: Menu     MOTORBLITZ Otomotif, Motor, TipsTrik, Ride. Spesifikasi, harga, warna, fitur, dan original accessories New Vixion Advance.   – Tolikara Papua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s