Perbedaan All New Vixion 150 dan New Vixion R 155.

 

Motorblitz.com Di tahun 2017 ini Yamaha Indonesia telah merilis New Vixion R, dengan waktu bersamaan Yamaha juga merilis All New Vixion Bro & Sis. Dengan kata lain, untuk All New Vixion yang keluar di tahun 2017 kali ini ada dua tipe yaitu Vixion tipe standar / regular dan Vixion tipe R atau yang biasa disebut Vixion R. Nah kira-kira apa saja perbedaan dari Vixion versi regular atau versi biasa atau juga vixion versi standar daripada vixion R ini?

  1. Yang pertama mengenai mesin, untuk bagian gearbox mesin Vixion tipe standar diwarnai dengan warna gold dengan kubikasi 150cc percepatan 5-speed, sedangkan Vixion R berwarna hitam dengan kubikasi 155cc 6-speed. Bisa diartikan Vixion tipe biasa atau standar masih menggunakan mesin sama dengan mesin Vixion Advance atau mesin Vixion versi sebelumnya. Hanya saja bentuk dari crankcase Vixion standar sekarang jika dilihat dari sebelah kiri terlihat berubah desainnya karena adanya fitur tambahan yaitu Assist & Slipper Clutch atau kopling anti selip, baik Vixion standar maupun Vixion R keluaran 2017 masing-masing telah disematkan fitur Assist & Slipper Clutch.Mengenai power mesin dari Vixion standar sebesar 16,5 PS @8500RPM dan torsi  14,5 Nm @7500RPM dan Vixion R sebesar 19,3 PS @10000RPM dan torsi sebesar 14,7 Nm @7500RPM. Selain itu mesin Vixion standar dilengkapi kick starter dan Vixion R tanpa Kick starter.

 

 

  1. Undercowl, bentuk dari undercowl atau ada juga yang menyebutnya dengan cover mesin bentuknya pun berbeda, karena mungkin menyesuaikan dari bentuk mesin masing-masing baik Vixion standar maupun Vixion R.

 

 

  1. Knalpot, Bentuk knalpot dari Vixion R lebih besar dan desainnya sedikit berbeda.

 

  1. Ban dan Velg, ukuran ban dan velg belakang Vixion R lebih besar daripada Vixion standar, ban belakang Vixion R berukuran 130/70-17 (IRC road winner) velk belakang Vixion R berukuran 4,0 inchi diameter 17 dengan model jari-jari seperti huruf “Y”, sedangkan ban belakang Vixion standar berukuran 120/70-17 dengan velg 3,5 berdiameter 17 dengan model bintang 5.

 

  1. Emblem, Emblem Vixion R bentuknya berupa tulisan timbul sedngkan Vixion standar rata dan terbuat dari stiker pada umumnya.

 

  1. Jok, Bagian jok Vixion R terdapat jahitan timbul.

 

  1. Swing arm belakang, Swing arm Vixion R terbuat dari alminium dan Vixion standar berbentuk kotak sama dengan Vixion versi sebelumnya, oleh karena itu jarak sumbu roda (whellbase) berbeda, whellbase Vixion standar 1295mm dan Vixion R 1320mm. Keseimbangan atau balance dari body keseluruhan antara Vixion R dan standar pun berbeda, Vixion standar 47:53 dan Vixion R 50:50.

 

  1. Sporket , Tuas gigi, dudukan Footstep, Mud Guard/Spatbor kolong, Jika Bro & Sis perhatikan gambar tadi di atas, ternyata ada juga beberapa part yang terlihat perbedaannya. Yang pertama sporket atau gear belakang Vixion R terlihat lebih besar, tidak aneh memang gear ratio untuk Vixion R ini adalah 15 : 47 yang artinya gear depan Vixion R memiliki 15 mata dan gear belakang 45 mata. Sedangkan Vixion versi standar 14 : 42. Dudukan footstep depan belakang pun berbeda desainnya, dan untuk tuas perpindahan gigi Vixion R terlihat lebih racy dengan tidak adanya pijakan pelakang, jadi tuas gigi Vixion R ini pengoperasiannya mirip motor balap dengan cara di ungkit ke atas. Selain itu Mud Guard/Spatbor kolong beserta tutup rantai pun berbeda bentuknya.

 

  1. Speedometer, di dalam speedometer Vixion R terdapat fitur indicator VVA aktif dan indicator shift yang berfungsi sebagai petunjuk pergantian gigi yang tepat, sedangkan Vixion standar tidak terdapat fitur tersebut namun keduanya menggunakan jenis speedometer digital. 

 

  1. Nah untuk perbedaan yang lain seperti Kapasitas Tanki, Bobot, dan lainnya Bro & Sis bisa lihat perbedaan spesifikasi All New Vixion R dan All New Vixion 2017 di gambar di bawah ini :

 

Dari penjelasan di atas jika Bro & Sis perhatikan salah satu persamaan dari All New Vixion R dan All New Vixion 2017 masing-masing telah menggunakan system kopling Assist & Slipper Clutch (anti selip), akan tetapi Bro & Sis jangan kaget, Assist & Slipper Clutch ini mengurangi efek engine brake sehingga fungsi rem harus lebih sering digunakan. Namun efek tersebut sepertinya hanya soal kebiasan dan mungkin sama rasanya ketika Bro & Sis pertamakali mengendarai motor matic. Selain itu perbedaan dari All New Vixion R dengan Yamaha R15 yang terlihat selain dari bentuk desain body yaitu absennya fork upside-down. Namun ini pun tidak menjadi masalah karena tipe dari kedua motor ini berbeda, akan tetapi jika Bro & Sis tertarik mengaplikasikan shockbreaker upside-down sepertinya tidak mustahil shockbreaker upside-down R15 digunakan ke All New Vixion R. Bro & Sis bisa menebus shockbreaker upside-down R15 sekitar 2,6 juta, tentunya Bro & Sis bisa menebus shockbreaker upside-down R15 ini di dealer resmi Yamaha di sekitar Bro & Sis.

 

Oiya kira-kira berapa ya harga dan apa pilihan Warna All New Vixion R dan All New Vixion 2017? Untuk lebih jelasnya mengenai harga, warna, dan beberapa foto dari All New Vixion R dan All New Vixion 2017 Bro & Sis bisa lihat di artikel terpisah di bawah ini :

  1. Untuk All New Vixion R —> Spesifikasi All New Vixion R 155 2017.
  2. dan untuk All New Vixion 2017 (versi standar/regular)—> Spesifikasi All New Vixion 150 2017.

 

 

Image & referensi tulisan :
-yamaha-indonesia.co.id
-m.youtube.com/watch?v=GhnuOQF9JlQ

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s