Intip cara kerja radiator di Yamaha NMAX 150cc Blue Core.

nmax radiator system cooler

 

Bro & Sis, seperti yang pernah diungkapkan sekilas di sini salah satu fitur yang menarik dari Yamaha NMAX 150cc Blue Core ada pada sisi radiatornya. Berbeda dengan sistem radiator motor – motor matic Yamaha sebelumnya misalnya seperti yamaha GT 125, radiator Yamaha NMAX 150cc Blue Core terdapat sebuah alat sensor suhu yang disebut Thermostat. Thermostat ini berbentuk sebuah tabung seperti yang terlihat di gambar atas, lalu bagaimana sistem pendingin cair dengan Thermostat ini?

 

nmax radiator system cool

Pertama – tama ketika mesin Yamaha NMAX dihidupkan air yang ada di dalam mesin dipompa dan keluar menuju Thermostat dan thermostat akan mengukur berapa suhu air yang diterimanya. Jika suhu air masih dingin maka Thermostat akan mengalirkan air langsung (bypass) menuju mesin kembali, mungkin alirannya bisa diilustrasikan seperti ini :

nmax-radiator-bypass

Aliran arus air dari mesin ke Thermostat lalu berputar menuju mesin kembali ini berlangsung jika suhu kurang dari 73 derajat Celsius. hal ini bertujuan agar memperpendek waktu pemanasan mesin sehingga konsumsi bahan bakar bisa lebih irit.

 

 

nmax radiator system hot

Namun setelah suhu lebih dari 73 derajat Celsius katup di Thermostat akan terbuka dan mengalirkan air menuju radiator. Katup di Thermostat akan terbuka sedikit demi sedikit hingga terbuka lebar di suhu 90 derajat Celcius.

nmax-radiator-through-fan-cooler

Air yang ada di radiator akan didinginkan oleh kipas yang berputar seirama dengan putaran mesin dan setelah air didinginkan oleh kipas, air dialirkan kembali menuju mesin.

 

 

Image credits & referensi tulisan :
-http://www.youtube.com/watch?v=dV4G834awLw

Iklan

2 pemikiran pada “Intip cara kerja radiator di Yamaha NMAX 150cc Blue Core.

  1. Ping balik: Spesifikasi New Yamaha NMAX non ABS, tampang sama harga bersahabat. | MOTORBLITZ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s