Share Cara Ganti Lampu Speedometer Honda Beat Dengan Lampu LED.

copot-panel-dan-kaca-speedometer

 

Setiap pemilik Sepeda motor biasanya ingin penampilan motornya lebih menarik Bro & Sis, entah hanya menambahkan stiker, mengganti shockbreaker, ataupun mengganti warna lampu speedometer. Nah, khusus untuk mengganti lampu speedometer motor sebenarnya caranya tidak begitu sulit, hanya perlu ketelitian dalam membuka cover atau bagian penutup speedometer. Sebagai contoh kita akan coba ganti lampu speedometer Honda Beat, caranya simak di bawah ini Bro & Sis.

Hal yang pertama dilakukan pastinya kita harus membuka cover stang dan bagian depan Honda Beat terlebih dahulu, cara membukanya Bro & Sis bisa lihat di tulisan sebelumnya di sini — > Share cara membuka cover stang dan bagian depan Honda Beat.

Setelah bagain cover stang dibuka akan terlihat seperti ini :

copot-saklar-rem-dan-kabel-speedometer

Copot kedua socket rem kanan dan kiri seperti yang ditunjukan panah merah, copot juga kabel speedometer seperti yang ditunjukan oleh panah hijau dengan memutar pengait atau mur yang ada di bagian atas kabel speedometer searah jarum jam atau kearah kiri. Perhatikan juga panah biru yang menunjukan bagian depan speedometer.

Jika perlu copot juga socket kabel listrik speedometer yang ada di belakang bagian depan atau tebeng depan Honda Beat seperti yang ditunjukan oleh panah kuning dan biru, sedangkan panah biru adalah socket untuk sambungan ke lampu depan motor.

letak-socket-speedometer

 

Setelah itu barulah speedometer beserta cover belakang stang yang berwarna hitam bisa dicopot atau dipisahkan. Selanjutnya kita perhatikan bagian bawah speedometer :

letak-lampu-speedometer-beat

Panah merah adalah bagian depan speedometer, panah orange adalah lubang dari kabel speedometer, panak pink adalah lampu speedometer, dan panah hijau adalah lampu untuk fuelmeter atau menunjuk bahan bakar. Untuk lebih jelasnya perhatikan juga bagian belakang speedometer :

letak-lampu-speedometer-beat2

Panah hijau adalah lampu untuk fuelmeter atau menunjuk bahan bakar, panah merah kanan adalah lampu high beam dan kiri penunjuk lampu sein, sedangkan panah pink adalah lampu speedometer. Dari gambar di atas bisa disimpulkan kita hanya perlu mengganti lapu speedometer dan lampu fuelmeter. Caranya siapkan lampu LED jagung dengan ukuran yang sesuai dengan socket lampu bohlam speedometer seperti ini :

 

Ganti 2 lampu bohlam tersebut dengan lampu LED jagung tadi :

Terakhir pasang kembali bagian speedometer, cover stang, dan tebeng depan seperti semula dengan cara kebalikannya.

 

 

Sekedar tambahan selain mengganti lampu speedometer Honda Beat dengan LED jagung seperti di atas Bro & Sis juga bisa mengganti lampu speedometer Honda Beat ini dengan 2 rangkaian 4 LED untuk lampu speedometer dan 1 rangkaian 4 LED untuk fuelmeter dengan cara hampir sama sewaktu membuat lampu belakang / rem seperti yang pernah di bahas di sini —- > Penjelasan Singkat Merakit Hingga Memasang Lampu LED untuk Lampu Rem.

Hanya saja mau gak mau bagain komponen speedometer harus dibuka juga, caranya buka terlebih dahulu tiga baut untuk fuelmeter, ingat-ingat letaknya agar nanti setelah dipasang tidak tertukar seperti yang ditunjukan dengan panah biru. Setelah dicopot terlihat seperti ini :

copot-kabel-fuelmeter

 

Tambahkan resistor 330 Ohm di 2 rangkaian 4 LED untuk lampu speedometer dan 1 rangkaian 4 LED untuk fuelmeter tadi, setelah itu disambungkan di kedua kabel untuk lampu bohlam sepeedometer. Jadi 2 rangkaian 4 LED untuk lampu speedometer dan 1 rangkaian 4 LED untuk fuelmeter disambungkan parallel lalu hubungkan dengan 2 kabel dari arus untuk bohlam speedometer atau bohlam fuelmeter (pilih salahsatu), namun sebelum dihubungkan tambahkan resistor 330 Ohm. Review khusus untuk mengganti lampu speedometer Honda Beat dengan 2 rangkaian 4 LED dan 1 rangkaian 4 LED ini setelah motor digunakan beberapa bulan ternyata tidak ada masalah dan untuk penampakannya jadi seperti ini :

Jpeg

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s