Cara Membuat Sendiri Jarum Speedometer Indiglow atau Jarum Speedometer Bisa Menyala dengan barang bekas (Part 2).

IMG_1294

Mumpung liburan ni Bro & Sis, Yuk kita lanjut tulisan sebelumnya tentang Cara Membuat Sendiri Jarum Speedometer Indiglow atau Jarum Speedometer Bisa Menyala dengan barang bekas.. Setelah jarum speedometer indiglow yang telah kita buat sendiri dari mika/plastic bening bekas kaca helm, bekas wadah CD, atau bekas korek api gas selesai dibuat sekarang kita test dulu, setidaknya dart test/percobaan ini kita bisa mengetahui apakah jarum speedometer indiglow ini dapat menyala atau layak digunakan?

Untuk menjawabnya pertama kita siapkan tiruan bagian tengah untuk speedometer indiglow yang terbuat dari selang kecil, selang tersebut dilubangi dengan bentuk kotak sesuai dengan ukuran jarum speedometer indiglow yang telah kita buat.
IMG_1221

 

Tiruan bagian tengah untuk speedometer indiglow tersebut kita tutup dengan isolasi hitam termasuk bagian atasnya.
IMG_1226

 

Setelah itu masukan lampu led ke dalam tiruan bagian tengah untuk speedometer indiglow tersebut. Masukan juga jarum speedometer indiglow yang telah dibuat tadi. Untuk percobaan pertama MB masukan jarum speedometer indiglow bening bekas kaca helm yang digunting asal tanpa dihaluskan. Hasilnya dalam keadaan tempat yang terang (disinari lampu) seperti ini :
IMG_1241

 

Dalam keadaan gelap hasilnya seperti ini :
IMG_1232

 

Penampakan jarum speedometer tadi dari pinggir :
IMG_1228
Percobaan kedua MB masukan jarum speedometer indiglow bening tiruan dari bekas mika kaca helm yang telah dihaluskan, hasilnya di tempat yang terang : IMG_1237 IMG_1243

 

Hasil di tempat yang agak gelap :

IMG_1259IMG_1233

 

Percobaan ketiga dengan jarum speedometer indiglow warna hijau :
IMG_1247

 

Untuk hasilnya di tempat yang agak gelap :
IMG_1248

 

 

Percobaan keempat dengan jarum speedometer indiglow warna kuning dari bekas korek api gas:
IMG_1294

 

 

Dari beberapa percobaan tersebut bisa disimpulkan beberapa jarum speedometer indiglow yang telah dibuat tadi sepertinya layak digunakan dan cara kerjanya sendiri sederhana, cahaya lampu led dari bawah tersebut terpantul berbelok ke bagian samping hingga cahayanya hanya keluar dari lubang untuk jarum speedometer. Oleh karena itu supaya sinar lampu led dapat dipantulkan dengan baik oleh bagian tengah jarum speedometer, bagian dalam dari bagian tengah jarum speedometer indiglow tersebut baiknya berwarna putih dan bagian luar dari bagian tengah jarum speedometer indiglow berwarna hitam agar cahaya lampu led tidak tembus ke luar.
Ngomong-ngomong bagian tengah jarum speedometer indiglow bagusnya bikin dari apa ya, apa bisa dengan tutup semprotan bekas botol “kit” atau “pylox”? Ada ide??
IMG_1168

 

Bersambung…

Iklan

2 pemikiran pada “Cara Membuat Sendiri Jarum Speedometer Indiglow atau Jarum Speedometer Bisa Menyala dengan barang bekas (Part 2).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s