Cara Membuat Sendiri Jarum Speedometer Indiglow atau Jarum Speedometer Bisa Menyala dengan barang bekas (Part 1).

IMG_1205

Kalau Bro & Sis perhatikan sekarang banyak sekali motor keluaran terbaru yang menawarkan sesuatu yang baru baik dari segi desain maupun fitur, salah satunya fitur tersebut biasanya motor-motor keluaran terbaru menggunakan speedometer digital. Walaupun begitu untuk motor-motor keluaran baru ini ada juga yang menggunakan speedometer gabungan antara analog dan digital ataupun tetap analog namun dengan tampilan jarum speedometer yang bisa menyala atau disebut juga jarum speedometer indiglow. Sebenarnya jarum speedometer indiglow bisa juga dipasang di speedometer motor-motor keluaran lama dengan sedikit modifikasi. Sederhananya tinggal ganti jarum speedometer lama dengan motor-motor yang jarum speedometernya sudah bisa menyala atau berjenis indiglow seperti speedometer CBR, Scoopy, New Mega Pro, Jupiter Z, dan lainnya. Sayangnya untuk mendapatkan jarum speedometer indiglow ini biasanya harus beli satu set speedometer. Nah kira-kira apa bisa membuat jarum speedometer indiglow ini dengan barang bekas?

Untuk membuat jarum speedometer indiglow pertama kita harus tahu bagaimana jarum speedometer indiglow bisa menyala, coba kita perhatikan gambar di bawah ini.
jarum speedometer indiglow

Gambar di atas diibaratkan sebagai lempengan atau papan panel speedometer yang terdiri dari angka-angka.

 

 
jarum speedometer indiglow 2

Sedangkan yang ini adalah papan panel beserta jarum speedometer indiglow yang terbuat dari plastik tembus pandang, mika bening, atau juga bisa terbuat dari akriilik.

 

 

 

 

jarum speedometer indiglow3

Di pinggir sekitar bawah poros jarum speedometer terdapat beberapa lampu LED dengan ukuran paling kecil.

 

 
jarum speedometer indiglow4

Cahaya lampu LED tersebut akan dipantulkan oleh bagian tengah jarum speedometer dan cahayanya hanya keluar melalui jarum speedometer sehingga terlihat berpendar atau bercahaya.

Cara membuat jarum speedometer Indiglow atau membuat jarum speedometer menyala untuk bahannya sediakan dulu lempengan plastik yang kurang lebih tebalnya 2,5mm, contohnya bisa kita pakai bekas kaca helm, bekas tempat CD dari plastik bening atau akrilik, atau pun bisa juga dari bekas korek api gas. Bahan tersebut kita potong dengan gergaji besi sesuai dengan jarum speedometer ori.

IMG_1200IMG_1286IMG_1292

 

 

Setelah itu kita haluskan 2 sisi bekas digergaji dengan ampelas halus dan kikis dengan silet atau cutter, maksudnya supaya sisi tersebut terlihat bening (gak butek), selain dengan silet bisa juga 2 sisi tersebut dipanaskan dengan korek gas secukupnya hingga mengkilat.

IMG_1289

 

Untuk membuktikannya jarum speedometer Indiglow atau jarum speedometer yang telah dibuat tadi bisa menyala MB beberapa percobaan. Pertama MB buat dulu tiruan bagian tengah lampu speedometer dari selang kecil.

IMG_1221

 

Selang tadi dilapisi isolasi hitam supaya nantinya cahaya LED tidak tembus.

IMG_1226

 

Sebuah lampu LED dan baterai 3V juga sudah disiapkan.

IMG_1216

 

 

Bersambung..

Iklan

6 pemikiran pada “Cara Membuat Sendiri Jarum Speedometer Indiglow atau Jarum Speedometer Bisa Menyala dengan barang bekas (Part 1).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s