Rangkaian sederhana penstabil tegangan arus listrik untuk lampu LED motor.

L7812

 

Mungkin ada sebuah pertanyaan jika Bro & Sis melihat kembali tentang artikel Bikin sendiri rangkaian lampu LED untuk lampu rem motor? (3). Di sana ada beberapa rangkaian resistor yang bertujuan untuk membatasi kelebihan arus listrik terutama ketika gas dibuka full atau ketika putaran mesin dalam RPM tinggi. Namun masalahnya kelebihan arus listrik ketika RPM tinggi di setiap jenis motor berbeda-beda, ada yang 13volt, 13,5volt, bahkan untuk motor yang sudah dimodifikasi kelistrikannya bisa lebih dari 15volt.

Di lanjutan artikel tersebut untuk mengatur kelebihan arus listrik mau gak mau kita harus mengetahui berapa nilai resistor yang sesuai untuk motor tersebut. Caranya ketika mesin idle nyala lampu led dibuat sedikit redup dengan menambahkan nilai resistor. Jika masih terlalu terang tambah nilai resistor sampai ketemu nilai resistor yang pas sehingga waktu RPM tertinggi lampu led tetap aman atau nyala lampu led tetap terang, namun tidak sampai membuat rangkaian lampu led rusak karena kelebihan arus listrik.

motorblitz rangkaian 3 resistor 330 ohm jepit

 

 

Sebenarnya selain resistor ada juga sebuah komponen yang lebih efektif membatasi kelebihan arus listrik yaitu sebuah transistor (Mosfet) dengan kode L7812. Dengan menambahkan rangkaian sederhana dari Mosfet L7812 ini arus listrik yang dihasilkan akan lebih stabil atau tetap 12volt, rangkaiannya seperti ini :

RANGKAIAN SEDERHANA PEMBATAS ARUS ATAU PENSTABIL ARUS

 

Bagian depan transistor L7812 ditandai dengan dengan banyak tulisan di bodinya seperti gambar yang paling atas. Hati-hati dalam merangkai jangan sampai terbalik, untuk bagian input berada di sisi bagian kiri dan output ada di sisi kanan bodi transistor L7812 (lihat gambar di atas). Bagian output disambungkan ke sumber arus listrik maksimal 18volt, kalau sedikit lebih besar dari 18volt transistor L7812 ini akan mengeluarkan panas sehingga perlu diberi lempengan pendingin. Dengan rangkaian sederhana ini output akan tetap menghasilkan arus sebesar 12volt sehingga arus listrik tidak perlu dibatasi lagi oleh resistor seperti di artikel sebelumnya.

Pemasangan rangkaian stabilizer L7812 untuk lampu rem dan senja nyala terpisah bisa dilihat di bawah ini :

8rangkaian 4led + ic l7812 + tahanan lampu rem-senja pisah

 

Untuk lampu rem dan senja nyala menyatu :

8rangkaian 4led + ic l7812 + tahanan lampu rem-senja menyatu

 

 

Di kedua gambar tersebut hanya fungsi untuk rem aktif yang hanya diberi rangkaian stabilizer karena untuk lampu senja memang dibuat redup sehingga masih aman ketika full RPM. Namun jika Bro & Sis ingin menambahkan rangkaian stabilizer  L7812 di lampu senjanya bisa juga contohnya seperti ini :

8rangkaian 4led + 2 ic l7812 + tahanan lampu rem-senja menyatu

 

 

Wah.. tinggal prakteknya nih… wink

rangkaian led fuled fu

Iklan

17 pemikiran pada “Rangkaian sederhana penstabil tegangan arus listrik untuk lampu LED motor.

  1. Jika untuk lmpu senja 2 rangkaian (4led) dan untuk lmpu rem 2 rangkaian (4led) bisa mas? Apa aja yang perlu diubah dr rangkaian yg sdh ada d atas.thx

    Suka

  2. Maap nubih…mau pasang ic 7812 di lampu led cob di rem motor tiger revo yg ada 3 kabel…( 1 kabel di cassing soket lampu nya) bingung…kabel negatif positiv nya yg mana ya..? Maap…nubih…

    Suka

  3. Wah pantesan di LED Eagle Eye pakai Resistor, di kemasannya tertulis bisa digunakan di sepeda motor up to 14,5 Volt,,, ternyata emang Resistor itu yg bikin bisa dipake sampai 14,5 Volt,,,

    Kalo ditambah Resistor lagi, justru LED jadi cepet mati karena terlalu Undervolt,,,

    Suka

  4. Pak, motor sy NMP udh fullwave DC
    Senja dan rem udah led. Tpi klo kondisi saklar off, rem nyala,senja depan ikut nyala, lama2 bikin led remnya error
    Rencana mo tak kasi ic 7812,cuma gk tahu dipasang di senjanya atau remnya?
    Atau Ad saran lain mungkin?
    Nuwn pak

    Suka

  5. wah bagus juga artikelnya, btw, sy udah ganti lampu speedometer yg model LED tancep kecil(T5) tapi paling seminggu udah rusak (redup, kedip2, mati) rencana mau sy pasang resistor 22ohm. tapi agak ribet ya karena kudu potong kabel. klo pasang MOSFET LM7812 ini juga kudu potong kabel tapi lebih banyak lagi (plus, minus juga) belum lagi klo panas kudu dikasih heatsink. klo resistor panas lama2 putus/kebakar. 🙂

    klo ga mau ribet pake lampu pijar standar , cuma ya gitu boros daya, panas, cepet mati. karena kelistrikan motor saya (jupiter MX) udah jadi DC full wave. klo idle 14,2 volt max. digeber juga max segitu.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s