Posisi accu Honda Vario 150 dan Vario 125 eSP di bawah deck, terjang banjir bisa mogok?

posisi aki vario 150 ESP

 

Confirm, ternyata posisi aki (accu) New Honda Vario 150 eSP dan New Honda Vario 125 eSP berada di bawah deck berbeda dengan posisi aki Honda Vario 125 PGM-FI di tebeng depan sekitar headlamp. Tepatnya posisi aki New Honda Vario 150 eSP dan New Honda Vario 125 eSP berada dekat pijakan kaki sebelah kanan seperti yang terlihat di gambar atas.

Letak aki Vario 150 dan Vario 125 eSP ini bisa diilustrasikan mirip dengan posisi aki Honda BeAT sebagai berikut :

 

letak aki honda beat

 

Jika letak aki di dalam deck bawah seperti itu mungkin Bro & Sis bertanya – tanya apabila motor menerjang banjir dan bagian deck ini terendam air, apakah air bisa masuk kedalam wadah aki dan menyebabkan motor mogok?

Ternyata tidak juga Bro & Sis, para ahli Honda merancang desain wadah aki Vario 150 dan Vario 125 eSP kedap air, rahasia kedap air ini ada di tutup aki (battery cover) di kedua motor ini.

Mungkin Bro & Sis pernah main sulap – sulapan menggunakan gelas yang diisi air penuh, diatas gelas ditaruh kertas dan ketika posisi gelas terbalik air tidak tumpah. Nah prinsip kerja tutup aki Vario 150 dan Vario 125 eSP ini mirip dengan gelas tadi, perbedaannya jika gelas berisi air namun wadah tutup aki berisi udara. Untuk lebih jelasnya dapat diigambarkan seperti ini :

ilustrasi pelindung aki vario

Seperti yang terlihat dalam gambar udara akan terperangkap di tutup wadah aki, karena tekanan udara tutup wadah aki ini lebih besar daripada tekanan air maka air tidak bisa masuk melalui bagian bawah penutup wadah accu.

Walaupun begitu kemungkinan air masuk ketika menerjang banjir tetap ada, penyebabnya karena tutup wadah aki tidak terpasang sempurna, atau pemilik motor Vario 150 dan Vario 125 eSP mengganti ukuran aki dengan bentuk fisik yang lebih besar. Karena ukuran fisik aki lebih besar maka volume udara di tutup wadah aki menyusut atau berkurang, akibatnya tekanan udara di wadah aki ini melemah dan tidak mampu menahan air dan bisa masuk ke wadah aki. Oleh karena itu baiknya ganti aki Vario 150 dan Vario 125 eSP ini dengan part asli HGP, Ok?

 

 

Sumber gambar dan referensi tulisan :

-welovehonda.com/teknologi-rumah-aki-anti-air-ala-honda-bikin-nggak-ragu-melibas-genangan-air

Iklan

6 pemikiran pada “Posisi accu Honda Vario 150 dan Vario 125 eSP di bawah deck, terjang banjir bisa mogok?

  1. Ping balik: Harga BeAT eSP ternyata lebih murah dari BeAT POP eSP, baru tau nih.. | MOTORBLITZ

  2. Pastilah kena air memang air banjir masuknya dari bawah saja? Tdk lah bisa dari samping kiri kanan. Depan belakang. Dan pastinya dari atas. Belum lagi kalo di steam cuci. Terbukti beat kakak, trus scoppy semula lampu sering putus lama2 susah strater. Trus ganti aki deh. Masa setahun ganti 3 kali akinya. Kalo ngak langsung ganti aki nanti pengaruh ke kabel2 dan injectornya deh

    Suka

    • Lah iya org nyuci motor di steam,sebetulnya untuk pencucian motor menggunakan steam tidak dianjurkan di karenakan tekanan air steam itu tinggi bro. Jadi jangan main sepihak 😉

      Suka

  3. bingung mau beli ini atau mio gt 125 blue core, mengingat ini posisi aki dibawah pijakan kaki. Tapi saya sendiri punya MIO dan bagian CVT pasti selalu rusak duluan. Bingung mau pilih yang mana nih, secara vario ketahanan dan sparepart mesin lebih murah.

    Suka

  4. Saya senang membaca ulasan Penulis yang smart dan realistis. Apa yang dituliskannya adalah fakta. Dan tulisannya yang saya baca beberapa bulan lalu pada akhirnya menepiskan keraguan saya … Sekarang saya menjadi salah satu pemilik dan pengendara dari Honda Vario 150 cc berwarna hitam legam dop dengan tulisan timbul mengkilat di bagian body samping kiri kanan, dengan beberapa bagian berkilau ketika sinar mengenai beberapa bagian matic hitam produk berlogo sayap tunggal yang super ekonomis konsumsi BBMnya. Lampunya sangat terang… Handlingnya membuat saya merasa nyaman. Tangguh, multi fungsi, nyaman, ekonomis. Hanya dgn harga yang sangat terjangkau namun memberikan kepuasan pada konsumen. Modelnya bagus, tidak norak. 😊😊😊Terima kasih ulasannya.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s