Mencicipi yamalube carbon cleaner di scorpio

Seperti yg telah diceritakan sebelumnya, speedometer pio sekarang menunjukan KM800. Ada yg mengganjal di performa scorpio ini, mesin agak nahan, bila RPM lebih dari 4500 timbul suara seperti benturan logam di mesin seperti ngelitik seperti suara mobil pada low speed dipaksakan jalan dengan gigi 4 namun ini dengan jeda yg agak lama. Selain itu knalpot sering nembak.

Dugaan pertama sepertinya ring piston sudah aus, dugaan kedua terlalu banyak kerak di ruang pembakaran. karenanya kepikiran untuk membersihkan mesin dengan engine cleaner, carburator cleaner atau engine conditioner. tapi setelah googling ada yg sempat rusak sampai turun mesin jd ngeri karena kebanyakan cleaner khusus buat mobil. ada juga sih buat motor tapi cara penggunaannya langsung dituangkan lewat lubang busi bikin was2. ada juga langsung disemprotkan  lewat filter udara dekat moncong karburator cuma kalo di pio ngeri juga kena karet vacum-nya.

akhirnya setelah browsing lebih lanjut yamaha ternyata sedang promosi yamalube carbon cleaner di pos2 mudik lebaran. akhirnya perburuan pun dimulai.

Jreeng.. :

 

Beli 20rb satu botol, penggunaan cukup dituangkan di tangki bensin dengan perbandingan 1 bolol untuk 3-5liter. untuk performa di mesin pio  sepertinya ga ada perubahan, biasa aja.. :roll:

.

.

Update :

Setelah ganti oli  dan 2 botol pemakaian yamalube carbon cleaner memang ada peningkatan performa mesin, namun setelah menempuh jarak 200km, warna oli kelihatan lebih hitam yg tentunya kualitas oli jd menurun. baiknya gunakan 500km sebelum ganti oli. jadi pas ganti oli kandungan yamalube carbon cleaner sudah habis.

Menurut pendapat pribadi, setelah mencium baunya hampir sama dengan bau metal polish (braso), ga aneh memang karena keduanya mengandung amine. Oleh karena itu, jangan digunakan terus menerus, cukup dilakukan tiap 3 ribu kilometer atau sekitar 3 bulan sekali, kasian logam mesin bisa terkikis walau masih dalam kewajaran.

 

~

Iklan

2 pemikiran pada “Mencicipi yamalube carbon cleaner di scorpio

  1. Ping balik: Scorpio nembak, AIS, dan YEIS. | THEPIOZ

  2. Ping balik: Share kondisi pio selama 1 tahun. | THEPIOZ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s