Scorpio nembak, AIS, dan YEIS.

Brum..bum..bum..bum.. dor! bum..bum..dor!!

Kira2 gitu bunyi pio saya sewaktu engine brake, emang kalo pake helm ga begitu kedenger tapi kl  ga pake helm lumayan keras jg suaranya.

Setelah browsing sana sini katanya ngatasin scorpio nembak harus tutup lubang AIS, yaitu selang besi yg ada di samping kepala silinder dan selang karet di intake manifold harus ditutup.

 

Untuk menutup lubang ais bahan2 yg diperlukan adalah:

– selang bensin kira2 20 cm.

– baut nomer 9 & 12.

– Lem besi (Dextone epoxy plastic steel).

– Kawat.

Langkah pertama cabut selang di ujung pipa besi di belakang keran bensin(liat no 3 di gambar), tutup selang karetnya dengan baut no 12 yg sebelumnya dilumuri campuran lem besi dan setelah kering ikat dengan kawat.
Selanjutnya cabut  selang karet warna putih di intake manifold dan ambil selang hitam pelindung selang putih (no 2), karet hitam tadi tutup salah satu ujungnya dengan baut no 12 yg sebelumnya dilumuri campuran lem besi dan setelah kering ikat dengan kawat seperti langkah pertama. coba tiup kalo udah ga ada udara yg keluar pasang di ujung pipa besi (no 1).

sekarang tinggal 1 lubang lg yg harus ditutup yaitu selang putih yg tadi dilepas dr intake manifold, sumbat dngn mur no 9 dan lem, kalo saya sih tambah tekuk pipanya biar  ga ada kemungkinan udara keluar.

Terakhir ambil selang bensin secukupnya sumbat juga dan pasangkan ke pentil besi di intake manifold, tapi untuk yg ini tidak saya lakukan karena mau pasang YEIS gara2 keracunan posting di kaskus tentang YEIS.

Cuma kl saya besi bekas pentil ban dalem diganti dengan bekas tube lem super glue (intinya selang bensin tadi dimasukan kedlm tutup botol dan ga ada udara yg keluar) dan untuk mempermanis penampilan, botol tadi ditutup dengan bekas softdrink.

Di ampelas, ditutup ujungnya dengan bekas softdrink jg, di lem dan hasilnya jadi seperti ini:

Tapi untuk tabung yg ini (botol You-C-1000) ga begitu lama dipakai sekarang diganti dngn botol bekas parfum AXE ukuran paling kecil, untuk performa botol You-C-1000 terasa di rpm atas sekitar 6500rpm sedangkan AXE di rpm 4000.

Sayangnya, ternyata setelah tutup AIS pasang YEIS kenalpot scorpio masih sering nembak 😦

bisa jadi karena tabung YEIS masih mengandung udara jadi campuran bensin dan udara tidak sempurna dan akhirnya knalpot tetep nembak.

Karena setelah lama didiemin knalpot masih nembak, lanjut browsing lg ternyata AIR SCREW/pengatur udara(lihat gambar atas) harus di sesuaikan karena bisa jadi bensin terlalu irit, tapi sayangnya untuk memutar baut(AIR SCREW) harus buka tangki.

Tapi tenang bisa di akalin, bikin obeng (-) kecil dari paku dipotong pendek jadi sekitar 2cm dipipihkan pake palu dan lilit atasnya dengan karet supaya gampang di putar, atau bisa juga obeng kecil dipotong tapi biasanya masih terlalu panjang.

Kalau obeng min pendek sudah siap, buka penutup karet AIR SCREW, semprot dulu dengan oli semprot. putar dengan obeng min td berlawanan arah dengan jarum jam kira2 seperempat. coba dulu kira2 100km, pengalaman efeknya ga langsung kerasa karena karburator butuh  waktu supaya tepat mencampur bensin dan udara,  kalo masih nembak putar lagi kekiri seperempat sampai suara knalpot ga nembak lg.

Akhirnya setelah diputar ke kiri +/- satu setengah putaran gejala knalpot nembak tidak terdengar lagi. mungkin walaupun lubang AIS ga ditutup bisa aja ga nembak tapi karena udah terlanjur saya biarkan seperti ini.

Setelah beberapa kali tes konsumsi bensin jg ga terlalu beda dngn yg dulu, tapi yg penting mesin skrg ga cepet panas dan tenaga ga cepet ngedrop. Pengalaman setelah kemarin2 ganti oli dan filter oli dan kedua kalinya pake yamalube cleaner belum pernah ngerasain  performa mesin pio se-enak ini, tarikan berasa enteng banget, tapi untuk top speed tetep 110km/jam :mrgreen:

~

~

~

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s