Bikin sendiri rangkaian lampu LED untuk lampu rem motor?

Masih inget ga Masbro sis.. pelajaran fisika tentang elektronika sewaktu SMP? Kalau TP dulu sih dikasih tugas kelompok membuat lampu flipflop, jangan takut dulu masbrosis.. karena yg kali ini kita bahas adalah membuat rangkaian lampu LED yg jauh lebih sederhana.
Mungkin ada pertanyaan kenapa harus diganti lampu LED? Kalau saya pribadi alasan mengganti karena lampu rem motor sering putus, mungkin karena siang malam lampu selalu on. Alasan kedua lampu LED lebih hemat listrik & tidak mengeluarkan panas sehingga ramah lingkungan dengan part motor. Selain itu lampu LED lebih cepat menyala sehingga cocok untuk lampu rem yg berfungsi memberitahu pengendara2 dibelakang secepatnya, tidak seperti lampu bohlam biasa yg ada delay untuk menyala.

Untuk membuat rangkaian lampu LED pertama komponen yang  digunakan pastinya lampu LED (ya iyalah..). lampu LED yg digunakan kali ini adalah lampu LED berwarna merah  yg kacanya bening,  karena jenis ini cahayanya lebih terang :

Lampu LED

Bentuk aslinya:

led asli

Lampu LED terdiri dari 2 kaki, kaki yg paling panjang adakah kaki positif yg nantinya akan kita hubungkan dengan sumberdaya yaitu accu/aki. Lampu LED hanya butuh 3 volt untuk menyala, sedangkan aki menyediakan daya 12volt. Jika LED dihubungkan langsung ke aki, LED akan rusak/mati karena kelebihan arus listrik. Oleh karena itu butuh resistor untuk menahan arus listrik, resistor yg digunakan kali ini adalah resistor yg bernilai 1 ohm, cirinya ada pada warna di body resistor yaitu warna coklat, hitam, emas, emas.. :

res

Bentuk aslinya:

resistor 1ohm

Resistor juga biasa disebut tahanan atau hambatan, jadi fungsinya untuk menghambat arus aki yg tadinya 12volt menjadi 3volt sehingga arus ideal untuk dikonsumsi ampu LED. 2 komponen inilah yg menjadi komponen utama membuat rangkaian LED.

Udah 2 doang?  

Iya mas bro sekarang kita focus di dua komponen ini lihat gambar dibawah, cekidot:

resLampu LED

Nah.. Salah satu kaki resistor nantinya dihubungkan dengan kaki postif (kaki panjang) LED1, selanjutnya kaki pendek LED1 dihubungkan dengan kaki  panjang LED2, begitu seterusnya sampai  4 LED seperti gambar dibawah:

led4+tahanan

Gambar sebenarnya rangkaian  4LED:

4ld

Kenapa 4 LED harus digabung?

Biar kompak bro sis, ngirit resistor trus ga banyak sambungan.

Kalau lebih dari 4 led disambung-sambung seri atau berurutan gitu bisa gak kan lebih irit dong..?

Ga bisa jg karena daya aki Cuma 12volt. Jadi 1 LED 3 volt dikali 4 hasilnya 12 volt, pas kan.. karena pada kenyataannya arus aki jg berubah2 bila motor dijalankan, arus bisa lebih dari 12 volt oleh karena itu perlu ditahan oleh resistor 1ohm.

Nah.. selanjutnya kita mendesain wadah untuk lampu2 LED tsb sesuai bentuk lampu belakang motor, contohnya untuk Yamaha scorpio seperti ini:

skema led brake light

Media yg digunakan bisa terbuat dari plastik bekas, misalnya spakbor tempat CDgame. Setelah plastik tsb dibentuk.. lubangi plastik tsb sesuai kotak2 hijau. Jadi 1 kotak hijau adalah tempat untuk 1 rangkaian 4LED tadi dan sesuai gambar ada 8 kotak hijau, jadi kita butuh membuat 8 rangkaian 4LED. Untuk keseluruhan kita butuh 32 lampu LED (satu lampu LED seharga kurang lebih Rp500).

Gimana cara menggabungkan 8 rangkaian 4LED?

Gampang masbro tinggal bikin dulu rangkaian 4LED 8 buah trus sambungkan dengan cara melilitkan 8 kaki resistor dengan 1 kabel warna merah & 8 Kaki LED dengan 1 kabel warna hitam seperti gambar dibawah:

led4+tahanan full lilit

Kalau bisa pakai solder, bisa juga menghubungkan kaki2 resistor dan kaki2 negative LED tadi dengan masing2 satu kabel yg telah dikelupas isolatornya seperti gambar dibawah, titik2 biru adalah timah hasil penyolderan.

led4+tahanan full1

O..iya, pengalaman kemaren2 sewaktu bikin kalau mau disolder jangan kelamaan manasin timah dikaki2 LED karena LED bisa rusak. Cara lain selain di solder bisa jg di jepit dengan plat seng. Caranya gunting seng almunium bekas softdrink atau apapun berbentuk persegi panjang, lengkungkan seperti lingkaran/tabung, masukan ke dalam 2 kaki yg mau disambung terus jepit dengan tang seperti ini:

sambungan

Koq rada ribet ya, gak takut konslet gitu bro?

Tenang sob.. gambar2 di atas hanyalah diagram & contoh belum tentu aslinya berbentuk seperti itu,karena pada kenyatannya nantinya LED2 dan resistor2  tersebut kita rangkai diatas pola plastik tadi. Yang penting dari uraian diatas kita bisa mengerti bagaimana lampu2 LED itu bisa menyala.

Udah gitu doang, trus nantinya setelah kaki2 8 rangkaian 4LED tadi digabung menjadi 2 kabel trus langsung disambungin ke aki bisa nyala?

Yup, tinggal sambungin yg positif ke kabel merah aki dan yg negatif ke kabel hitam aki lampu bisa nyala, tapi ntar dulu.. saya pingin membuat lampu belakang berfungsi seperti aslinya. karena aslinya lampu belakang motor berfungsi utk menyalakan lampu rem ketika kita menginjak pedal rem, sebagai lampu senja, juga sebagai penerangan plat nomer belakang kendaraan. Kayanya artikel ini bisa terlalu panjang nih, nanti kita sambung diartikel selanjutnya aja ya.. Diartikel selanjutnya kita akan menyesuaikan rangkaian di atas dengan 3 fungsi lampu belakang tadi.

Bikin lampu belakang kaya honda vario cbs bisa ga bro, kan keren tuh waktu di rem lampunya nyala kesamping gitu?

Pffft… ntar selanjutnya yaaa… :mrgreen:

vario techno cbs

 

Edit:

-Baca lanjutannya disini ya… —–> https://thepioz.wordpress.com/2014/02/11/bikin-sendiri-rangkaian-lampu-led-untuk-lampu-rem-motor-2/

-Untuk lebih jelasnya baca ini juga —–> https://motorblitz.com/2014/05/19/cara-sederhana-membuat-rangkaian-led-untuk-sepeda-motor-bagian-1/

~

~

~

Iklan

45 pemikiran pada “Bikin sendiri rangkaian lampu LED untuk lampu rem motor?

  1. Ping balik: Bikin sendiri rangkaian lampu LED untuk lampu rem motor? (2) | THEPIOZ

  2. Ping balik: Antara speed, cinta, dan kuda besi (3). | THEPIOZ

  3. Ping balik: Bikin sendiri rangkaian lampu LED untuk lampu rem motor? (3) | THEPIOZ

  4. SIP GAN
    KALO RANGKAIAN LAMPU BELAKANG JADI SATU MA LAMPU REM BELAKANG GIMANA
    GIMANA SKEMA RANGKAINNYA GAN

    TRIMS

    Suka

  5. Ping balik: Bikin sendiri rangkaian lampu LED untuk lampu rem motor?(4) | THEPIOZ

  6. Ping balik: Bikin sendiri rangkaian lampu LED untuk lampu rem motor? (5) | THEPIOZ

  7. tanya mas bro……bolam rem tertulis 12 volt, berapa banyak lampu led yang mungkin bisa dirangkai? apakah hanya 4 biji? jika menggunakan seperti rangkaian diatas dgn total lampu led 32 kira2 aki motor tekor tidak? terima kasih

    Suka

    • Setau ane kalau lampu led untuk lampu utama yg biasanya dijual cuma satu buah lampu led tapi gede, kalau ga salah namanya lampu led luxeon. Kalau lampunya pake ballast mungkin bukan jenis lampu led tapi lampu HID.

      Suka

  8. Kalau ada yang mau coba buat lampu sendiri bisa ke luminbox.com menjual berbagai macam chip LED seperti LED SMD 5730,5630,3528,5050, high power LED 1Watt,10 watt,50 watt dan LED Driver.

    Suka

  9. Ping balik: Skema rangkaian led berbentuk lingkaran untuk Satria FU. | MOTORBLITZ

  10. Ping balik: Bagaimana cara memperbaiki rangkaian lampu led yang rusak? | MOTORBLITZ

  11. Gan tolong dong mau bikin rangkaian led untuk plat nomer ane,k
    Misalkan warna konstan putih ,,lah pas injek rem berubah warna jadi merah,,kya mobil mewah gitu gan,,klo lednya sih pasti 2 warna ,,nah rangkaianya itu biar konstan berubah warna jadi merah,,

    Suka

  12. Ping balik: Mungkinkah lampu led warna putih untuk plat nomer motor berubah merah ketika rem aktif? | MOTORBLITZ

  13. permisi mas,.
    mau nanya, saya mau buat lampu rem 4 led masing” 3 w, voltase’a 3,2 v, saya mau led’a bisa redup dan terang pakai dioda,
    kira” butuh resistor berapa ohm utk lampu mesin ?
    dan kira” butuh dioda berapa ampere ?

    Suka

    • 3 watt led jenis SMD bukan? kalau iya ukuran resistor tetap sama tapi resistor harus lebih tinggi dari 3 watt. Coba cek dengan multitester seluruh rangkaian dioda butuh berapa ampere? kalau lebih dari 2 ampere baiknya pasang dioda yang lebih dari 2 ampere, contohnya dioda tipe 6A10.

      Suka

  14. Mas , ada email ? Atau wa ? Atau pin ? Hehe
    Ane newbie kurang ngerti kalo kirim” pesan di blog . mohon ya mas dikasih hehe. Ada yang pengen ane tanyakan tntg turtorial ini mas , terima kasih sebelumnya mas…

    Suka

  15. Suhu … Punya PIN BB gak ?? / invite pin kita 296DB1E3 … Saya punya led srtip bekas sepatu anak” yang ngelingkarin sepatu (telapak) pas di test ke batu batre hp nyala terang .. Warna warni tpi … Nah pas kita coba langsung ke aki nyala sekejab langsung pada kebakar … Itu perlu resistor berapa Ohm ??? Soal.a gak bisa ngerangkai kyk skema diatas .. Karna led.a strip …. Thank’s ..

    Suka

  16. mau tanya mas, ini spesial lho. gini mas… gimana caranya utk menyalakan LED dengan tegangan 12VAC tanpa dilakukan penyearahan arus. 12VAC, bukan 12VDC lho… trims. bls via sms/wa ke 085652425955. suwun mas

    Suka

  17. Ping balik: Penjelasan Singkat Merakit Hingga Memasang Lampu LED untuk Lampu Rem. | MOTORBLITZ

  18. Mohon bantuannya mas…
    saya pakai aki 12v 4.5Ah, utk nyalakan led smd 5730 3.4v 150mA perlu diseri brp biji, Brp nilai resistor dan cara menghitungnya. Trimakasih atas bantuannya.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s