Bagaimana cara memperbaiki rangkaian lampu led yang rusak?

pcb lampu led sein mati

 

Setelah Bro & Sis berhasil membuat rangkaian led untuk lampu belakang motor seperti yang pernah kita bahas disini, mungkin Bro & Sis pernah mengalami lampu led rusak atau mati sebagian. Biasanya jika dalam satu rangkaian 4 led ada sebuah lampu led yang rusak maka ketiga lampu lainnya akan ikut mati. Yang perlu diperhatikan ada 2 efek setelah lampu led mati, pertama ada lampu led yang sudah mati benar – benar putus dan tidak bisa menghantarkan listrik lagi. Kedua ada juga lampu led yang sudah mati ternyata masih bisa menghantarkan listrik.

Untuk efek pertama dapat dipastikan jika dalam satu rangkaian 4 led misalnya ada sebuah lampu led yang rusak maka ketiga lampu lainnya dan resistor 1 ohm tetap aman atau tidak rusak, namun jika terjadi efek kedua maka keempat lampu led dan resistor 1 ohm semuanya bisa ikut rusak. Akan tetapi rusaknya ini resistor tidak akan menghantarkan listrik, oleh karena itu fungsi resistor 1 ohm dalam satu rangkaian 4 led itu sebagai pengaman juga agar tidak terjadi hubungan singkat.

Untuk mendeteksi lampu mana yang rusak mau gak mau 1 rangkaian 4 led itu harus dicopot dan diperiksa satu – persatu dengan senter korek gas seperti yang pernah dibahas disini.

test ternyata biru

 

 

Nah.. pertanyaan lainnya bagaimana jika rangkaian lampu led yang rusak itu dapat beli, pastinya kita belum tau lampu itu menggunakan sistem rangkaian 4 led, 3 led apa 2 led? Untuk menjawabnya MB ambil contoh rangkaian lampu led sein merk bungbon, ada kasus misalnya 3 buah lampu led mati seperti ini :

pcb lampu led sein mati

 

Untuk mengetahui apakah rangkaian lampu sein tadi menggunakan rangkaian 4 led, 3 led apa 2 led kita harus tau nilai resistornya:

-Jika nilai resistornya sekitar 330ohm bisa dipastikan lampu sein ini menggunakan 2 rangkaian led,
-Jika nilai resistornya sekitar 150ohm bisa dipastikan lampu sein ini menggunakan 3 rangkaian led,
-& jika nilai resistornya sekitar 1ohm bisa dipastikan lampu sein ini menggunakan 4 rangkaian led.

Untuk Mengetahui berapa nilai resistor Bro & Sis bisa tengok kembali tulisan yang membahas tentang nilai resistor disini, lampu sein bungbon seperti photo di bawah biasanya menggunakan rangkaian 3 led. Kebetulan dulu MB pernah bongkar lampu sein merk bungbon ini, sayang karna gak sreg dengan warna lampunya yang berwarna biru PCB-nya MB bongkar, led & resistornya MB pake buat lampu speedometer.. mrgreen.

lampu sen led bungbon

Contoh sein bungbon

 

 

Lanjut.. Setelah itu kita harus mengetahui yang mana jalur positif & negatif 3 led yang rusak tadi, sayang untuk mengetahuinya bukan hal yang mudah karena bagian komponen berada di bagian depan PCB (tempat rangkaian) dan sambungan tembaganya berada dibagian belakang seperti ini:

pcb lampu led sein bagian depan pcb lampu led sein bagian belakang

 

Agar lebih mudah coba kita terawang, caranya letakan PCB tadi atas sebuah lampu sehingga ketika kita melihat bagian depan PCB bagian belakangnya terlihat tembus pandang seperti ini :

pcb lampu led sein terawangpcb lampu led sein transparan _

 

Coba perhatikan jalur positif dan negatif 3 lampu led yang mati beserta resistornya, bisa kita simpulkan jalurnya seperti ini :

pcb lampu led sein jalur led yg rusak

 

Ingat -ingat letak kaki positif dan negatif 3 led yang rusak supaya nanti waktu memasang led penggantinya tidak terbalik, ciri – ciri kaki positif led lempengan besi di dalam kaca lampu led ukurannya lebih kecil dan kaki negatif lampu led bentuk lempengannya lebih besar :

ciri positif negatif led

Copot dengan solder dan periksa satu – persatu 3 led yang rusak tadi dengan senter korek gas seperti di atas, ganti yang rusak dengan lampu led baru. Hati – hati sewaktu menyolder jangan kelamaan karena bisa merusak lampu led dan resistor.

`

`

`

Iklan

3 pemikiran pada “Bagaimana cara memperbaiki rangkaian lampu led yang rusak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s