Bikin sendiri rangkaian lampu LED untuk lampu rem motor? (5)

20120913_153022_

Dari tulisan-tulisan sebelumnya tentang lampu led :

bikin sendiri rangkaian lampu led untuk lampu rem motor

bikin sendiri rangkaian lampu led untuk lampu rem motor (bagian 2)

bikin sendiri rangkaian lampu led untuk lampu rem motor (bagian 3)

bikin sendiri rangkaian lampu led untuk lampu rem motor (bagian 4)

sebenarnya semuanya itu adalah hasil pengalaman ketika membuat rangkaian led kurang lebih satu tahun yang lalu, awalnya pertama kali bikin pernah gagal banyak lampu led yang mati lebih dari setengahnya yang mati setelah dipasang di lampu rem motor, kedua lumayan cuma satu dua yang mati, ketiga & keempat berhasil malahan bisa dua kali ganti wadah untuk rangkaian lampu led.

Awal mula dari bikin lampu led ini gara-gara baca-baca di forum apa gitu lupa..biggrin dan akhirnya nemu situs bagaimana menentukan rangkaian lampu led disini. Disitus itu bro sist tinggal isi untuk :

-Source voltage artinya sumber listrik berapa volt? isi “12”, karena accu motor bertegangan 12 volt.

-diode forward voltage artinya tegangan dioda berapa volt? isi “3” karena lampu led bertegangan 3 volt. Mungkin bro & sist bertanya.. kan yang ditanya tegangan dioda bukan lampu led, kenapa jawab tegangan buat lampu led?!

Sebabnya karena Lampu led itu sebenarnya dioda atau sifatnya mirip dengan dioda, LED itu singkatan dari “light emitting diode” yang artinya dioda yang memancarkan cahaya, tentang sifat dasar dioda bro sist bisa baca disini..  lanjuutt…

-diode forward current (mA) artinya LED-nya berama Milliampere? isi “20”.

-View output as: pilih wiring diagram.

-ceklis help with resistor color codes supaya bisa tau warna-warna resistor juga, terakhir tinggal pencet tombol “design my array”.

led wizard

Dari situs itu juga kita bisa tau selain selain rangkaian 4 led bisa juga kita bikin rangkaian 3 led, 2 led atau 1 led saja dengan tegangan listrik 12 volt (accu), biasanya nilai resistor yang digunakan untuk :

1led = 470 ohm,
2 led = 330 ohm,
3led = 150 ohm,
4led = 1 ohm.

Jadi misalnya bro sist ingin mengganti rangkaian 4 led dengan rangkaian 3 led tinggal ganti resistor 1 ohm (warna coklat,hitam,emas,emas) dengan resistor 150 ohm (kuning, ungu, coklat, emas).

gimana kalau rangkaian 4 led digabung dengan rangkaian 3 led, 2 led, atau 1 led?

Gpp sih cuma sesuai pengalaman kalau rangkaian 4 led digabungkan dengan rangkaian 3 led salah satu rangkaian nyalanya lebih redup, oleh karena itu jika menggunakan rangkaian 3 led lebih baik semua pakai rangkaian 3 led. Misalnya bro & sist sudah tanggung bikin rangkaian 4 led dan ternyata pas dimasukan ke wadah ganjil atau kurang sreg dengan desain wadah lampu, bro sist tidak perlu mengganti rangkaian 4 led itu dengan 3 led, caranya tinggal masukan 3 led ke wadah & satunya jangan dimasukan seperti gambar ini :

trik 4 led jadi 3 led

Pasang dibelakang wadah lampu led, bisa juga sorotin kebawah ke arah spakbor supaya plat nomor keliatan :

trik 4 led jadi 3 led, LED TERAKHIR KEBAWAH

 

Tentang cara memasang, pertama kali bro sist harus tau dulu dimana letak 3 socket dekat lampu rem dibawah jok. Socket ini bisa dicopot atau disambung lagi yang biasanya terbuat dari kuningan terbungkus plastik transparan lunak. Seperti yang telah dibahas disini 3 socket ini yang nantinya disambungkan ke kabel merah seluruh rangkaian led. Untuk lampu senja rem atau kabel kuning bro sist harus tau dimana letak saklar pedal rem belakang, coba perhatikan gambar ini :

SOKET BELAKANG LAMPU REM_

Saklar pedal rem belakang biasanya berbentuk tabung hitam seperti gambar diatas, dibawah saklar rem ada besi panjang menyatu dengan pegas. diatasnya ada kabel, telusuri kabel itu hingga diatasnya ada 2 kabel sampai ketemu 2 socket dimasing-masing ujungnya, nah 2 socket inilah yang salah satunya digunakan untuk seluruh rangkaian led terutama untuk lampu senjanya.

jupiter z1saklar rem

O iya, tentang lampu bohlam asli lampu rem tetap dipasang, jadi yang dinonaktifkan itu cuma fungsi lampu bohlam waktu pedal rem diinjak, sedangkan untuk lampu senjanya tetep nyala karena biasanya jika lampu bohlam rem dicopot otomatis lampu depan lebih terang tapi lebih cepat putus. solusinya ganti bohlam headlamp dengan watt yang lebih besar dari yang standar jika bohlam rem mau dicopot. Berhubung pengalaman TP untuk motor-motor jenis lain masih awam, TP hanya bisa membahas intinya saja, contohnya jenis motor matic yang kedua remnya ditangan. walaupun kalau dipikir-pikir sebenarnya bisa karena pasti ada saklar remnya tapi berhubung TP belum pernah bongkar & belum tau seluk-beluk kelistrikan motor lain TP hanya bisa membahas intinya saja seperti diatas dan tulisan sebelumnya. Baiknya.. untuk pemasangan harus didampingi oleh montir yang benar2 tau seluk-beluk tentang kelistrikan motor tersebut.. razz.

 

Selanjutnya tentang besar/kecil cahaya lampu led bisa kita bedakan dalam 5 jenis :

  1. STS (sangat terang sekali), artinya titik pijar ditengah lampu led bukan lagi warna merah tapi warna kuning terang, dalam kondisi ini tinggal menunggu beberapa detik lampu led mati/rusak.
  2. TS (terang sekali), warna lampu terang tapi cenderung menuju warna orange bukan merah, dalam kondisi ini lampu led tidak akan bertahan lama sebulan biasanya putus.
  3. T (terang), inilah kondisi ideal lampu led, warna sinarnya merah terang namun cenderung tidak menuju ke warna orange.
  4. R (redup), kondisi lampu led sedikit lebih redup dari T dan lebih terang dari RS.
  5. RS (redup sekali), artinya titik pijar ditengah lampu led hanya menyala sedikit malah nyaris tidak kelihatan.

Dari 5 kondisi lampu led diatas bisa diambil kesimpulan redup/terang cahaya lampu led hanya bisa dibedakan ketika kita melihat lampu led menyala, otomatis hanya feeling kita yang bisa menyimpulkannya & bro sist hanya bisa mengetahui redup/terang cahaya lampu led ini ketika bro sist telah membuatnya.

Untuk resistor 330 0hm coba liat ini skema lagi :

led4+tahanan full2bgg rem

Sesuai gambar diatas, 3 & 5 rangkaian resistor 330 ohm bertugas untuk mengatur redup/terang cahaya led. Karena kelistrikan motor berbeda-beda maka 3 & 5 rangkaian resistor 330 ohm ini nilainya relatif atau bisa diganti menyesuaikan kondisi kelistrikan motor masing-masing. Kelistrikan motor biasanya ada 2 :

1. Motor dengan sistem kelistrikan AC.

Motor dengan listrik AC ini cirinya cahaya lampu depan dan & lampu senja rem belakang mengikuti putaran mesin, jadi jika gas kita putar biasanya lampu depan & rem lebih terang. Pada waktu mesin berputar terjadi proses pengisian accu akibatnya tegangan accu yang tadinya 12 volt naik kurang lebih 13 volt atau mungkin lebih tergantung perputaran mesin semakin cepat berarti tegangan listrik yang dikeluarkan accu semakin besar. Untuk mengatasi masalah itu perlu ditambah 3 & 5 rangkaian resistor 330 ohm, dengan kata lain setelah seluruh rangkaian led diberi 3 & 5 rangkaian resistor 330 ohm itu sebenarnya bukan rangkaian untuk accu 12 volt lagi tapi 13 volt, supaya waktu tegangan yang keluar dari accu lebih dari 12 volt seluruh rangkaian led tetap aman.

2. Motor dengan sistem kelistrikan DC.

Motor dengan sistem kelistrikan DC cirinya ketika kunci kontak on lampu depan dan rem menyala walaupun mesin belum dihidupkan, misalnya old v-xion, thunder, tiger revo dll. Selanjutnya coba bro sist hidupkan mesin, injak rem belakang, mainkan gas terus perhatikan lampu rem belakang. Kalau ternyata lampu bohlam rem belakang waktu digas sinarnya bertambah terang walaupun sedikit berarti perlu ditambahkan resistor 330 ohm. Kalau ternyata lampu bohlam rem belakang waktu digas sinarnya tidak bertambah terang, sama saja perlu juga ditambahkan tapi dikurangi nilainya misalnya 47 ohm atau 100 ohm.. mrgreen

Jadi sebenarnya fungsi lain dari resistor 330 ohm itu sebagai pengaman juga. Tentang resistor nanti kita bahas diartikel selanjutnya dengan judul yang berbeda dan buat yang baru nyoba bikin atau newbie jangan khawatir TP akan coba jelaskan dengan cara yang lebih sederhana disini.. wink

 

 

Iklan

26 pemikiran pada “Bikin sendiri rangkaian lampu LED untuk lampu rem motor? (5)

  1. Ping balik: Bikin sendiri rangkaian lampu LED untuk lampu rem motor?(4) | THEPIOZ

  2. Thanks banget. Ngikutin penjelasan dari part 1 s/d 5. Detail banget penjelasannya. Berkah buat ente bagi2 ilmu & pengalamannya bro. Saluuutttttt. Ane mau coba ni bro……

    Suka

  3. Ping balik: Cara sederhana membuat rangkaian lampu LED untuk lampu rem motor (bagian 4) | MOTORBLITZ

  4. gan led ane kok rebutan ya hidupnya? jadi kadang semua rangkaian hidup semua, kalo kesenggol kadang hidup cuma rangkaian atas, kadang cuma rangkaian bawah

    apa karena beda panjang kabel antar rangkaian ya gan?
    3 led gosong 😦
    kalau boleh minta pin BB/WA gan

    thank sebelumnya untuk ilmunya…

    Suka

  5. Weh dari artikel kemaren emangnya ngasal atau ngikut2 aja itu resistor buat led.
    Volt sama arus led beda warna juga beda nilai.
    Sumber arus beda juga beda nilai resistor.
    :mrgreen:

    Suka

    • Yup, jangankan untuk led yang beda warna untuk yang sewarna pun
      kalau belinya di toko yang berbeda/beda merk led bisa jadi beda juga arus/voltase yang dibutuhkan led.
      Voltase di setiap sepeda motor juga beda2, parahnya voltase di motor pun bisa berubah-ubah tergantung bukaan gas,
      karenanya ga ada ukuran baku untuk resistor. tips jangan keburu nafsu dulu pingin lampu led nyalanya terang,
      buat redup dulu dengan menambahkan banyak resistor ketika pertama kali pasang,
      trus kurangi resistor kalau terlalu redup hingga nantinya ketemu nyala led yang pas, ingat terlalu banyak mengurangi nilai resistor juga
      membuat kemungkinan led rusak makin besar.

      Di artikel ini baik lampu senja rem & lampu remnya menggunakan sumber arus yang sama yaitu dari accu. Arus lampu senja rem diambil dari saklar
      lampu rem artinya sama2 menggunakan 1 sumber arus listrik yaitu accu bukan langsung dari spull/generator motor, semoga bisa dipahami.. 🙂

      Suka

  6. gan. minta tilong buatkan skema rangkaian buat spidometer mobil donk.pengen bikin indiglow sndiri.. thanks ya agan. smoga bermanfaat ilmu dri agan.

    Suka

  7. Mantan Bro..
    Ane lg nyoba bikin lampu rem dengan warna putih karena mika lampu rem warna merah. Dgn rangkaian 4 sampai 5 led. Kalo boleh nanya nih.. Apa perlu ditambahkan resistor. Mengingat volt lampu led putih sebesar 3v..? Thx.

    Suka

  8. Mantan Bro..
    Ane lg nyoba bikin lampu rem dengan warna putih karena mika lampu rem warna merah. Dgn rangkaian 4 sampai 5 led. Kalo boleh nanya nih.. Apa perlu ditambahkan resistor. Mengingat volt lampu led putih sebesar 3v..? (Rangkaian seri)

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s