Memperbaiki lampu rem variasi led Scoopy yang rusak.

Memperbaiki lampu rem variasi led Scoopy yang rusak

 

Dari tulisan tentang cara membuat lampu led untuk rem motor ternyata ada beberapa sobat Motorblitzer yang bertanya tentang masalah lampu led yang rusak, salah satunya pemilik Honda Scoopy ini yang mengaku lampu rem variasi dari led di motornya mati, selain itu lampu rem variasi ini salah satu resistornya rusak terbakar.

Sebagai referensi MB dia memberikan beberapa photo supaya MB tahu bagaimana cara kerja lampu led ini, nah.. ini dia photonya cekidot :

Memperbaiki lampu rem variasi led Scoopy yang rusak 4

Gambar 1

Memperbaiki lampu rem variasi led Scoopy yang rusak 3b

Gambar 2

Memperbaiki lampu rem variasi led Scoopy

Gambar 3

 

 

Seperti yang terlihat di gambar 2 (ditunjukan dengan tanda panah) ada sebuah resistor yang rusak terbakar, masalahnya kita tidak tahu berapa sebenarnya nilai dari resistor ini karena gelang resistor juga tidak kelihatan. Sebagai referensi tambahan dia juga memberitahukan tentang koneksi kabel – kabelnya dan ada juga tambahan lampu yang berwarna biru :

Screen2

screen 2

 

Setelah browsing kesana – kemari mungkin lampu rem led Scoopy ini menyala seperti ini :

1lampu scoopy

Image credit : kaskus.co.id

 

Langkah pertama untuk memperbaikinya pastinya kita harus tahu dulu bagaimana cara kerja lampu rem led variasi scoopy ini. Ada 3 papan rangkaian (PCB) yaitu PCB bawah, tengah, dan atas. Inti dari rangkaian ini adalah PCB tengahnya, sayangnya untuk mempelajarinya tidak mudah karena PCB tengah bagian belakangnya kena lampu blitz sehingga alur tembaga tidak jelas terlihat (gambar 3).

Namun dengan sedikit menerka – nerka akhirnya MB coba balikan (flip) photo dengan sotosop & menggambar ulang jalur tembaga PCB tengah bagian belakangnya, mungkin jalurnya seperti ini :

skema rem led scoopy belakangskema led rem scoopy 1skema led rem scoopy

 

 

Supaya lebih mudah coba kira fokus di bagian tengahnya saja ya, untuk sementara resistor yang terbakar di jaur kabel biru nilainya 1K2 Ohm (1200 Ohm) :

skema scoopy tengah 2

Di gambar atas ada 3 kabel berwarna hijau, biru, & hitam. Fungsi kabel hijau, biru, & hitam ini untuk jalur kabel positif lampu senja, lampu rem, & kabel negatif dari jalur kabel motor. pertanyaannya, kabel warna apa yang cocok dengan fungsi – fungsi tersebut?

Sekarang coba lihat kabel hitam, kabel hitam disambungkan dengan kaki positif dioda. Kalau misalnya kabel hitam ini kabel positif pastinya arus listrik tidak bisa mengalir karena sifat dioda hanya bisa meneruskan arus dari kaki negatif ke kaki positif dioda, untuk melihat lebih detail tentang dioda & dasar – dasar listrik Bro & Sis bisa lihat disini.

Lanjut.. Selain itu juga kaki negatif dioda ini bertemu dengan 2 kaki negatif dari rangkaian 4 led merah dan biru, otomatis satu – satunya kemungkinan arus listrik yang mengalir dari 2 kaki negatif rangkaian 4 led merah dan biru menuju kaki negatif dioda dan diteruskan ke kabel hitam ini adalah arus negatif (lihat tanda panah):

skema scoopy tengah 3

 

Kesimpulannya kabel hitam adalah kabel negatif, sekarang tinggal kabel warna hijau dan biru yang belum ketebak, kira – kira kabel mana ya yang buat lampu rem atau lampu senja?

Coba kita lirik kabel biru, jika kabel biru ini dialiri arus positif (baik lampu rem atau lampu senja) pastinya akan melalui “resistor warna coklat merah merah” (1K2 ohm) terus belok ke kiri & ke kanan. Jika belok ke kiri arus akan mengalir menuju kaki positif  rangkaian 4 led merah yang akan menyebabkan lampu led ini menyala, jika belok ke kanan arus akan mengalir melalui “resistor kuning orange coklat” (430 Ohm) terus menuju rangkaian 4 led warna biru. Arus negatif dari rangkaian 4 led merah dan biru ini digabungkan dan akhirnya keluar menuju kaki negatif dioda dan dilanjutkan ke kabel negatif (lihat tanda panah) :

skema scoopy tengah 4b

 

Lalu bagaimana jika kabel hijau dialiri arus positif?

jika kabel hijau dialiri arus positif aliran arus listrik akan langsung mengalir menuju rangkaian 4 led merah, selain itu arus positif juga langsung menuju “resistor kuning orange merah” sehingga rangkaian 4 led biru menyala :

skema scoopy tengah 5b

 

Karena arus listrik yang mengalir dari kabel biru harus melalui “resistor coklat merah merah” akibatnya kedua rangalaian 4 led merah dan biru menyala lebih redup daripada arus listrik yang mengalir melalui kabel hijau, dari kejadian ini bisa disimpulkan kabel biru adalah untuk positif lampu senja dam kabel hijau untuk positif lampu rem.

Secara keseluruhan ketika arus hanya mengalir melalui kabel biru atau kabel lampu senja Bro & Sis bisa lihat gambar disini, dan ketika arus mengalir melalui kabel hijau atau ketika rem aktif bisa dilihat disini.

O iya, fungsi dari dioda lampu rem led Scoopy ini untuk menyearahkan arus bolak – balik (AC) yang keluar dari kabel biru (lampu senja) karena biasanya arus listriknya berasal dari generator (spul) di mesin motor, IMHO untuk menyearahkan atau membuat arus AC menjadi DC minimal harus memakai 4 dioda. Sayangnya walaupun sudah arus listrik lampu senja sudah searah atau sudah menjadi arus DC MB masih kurang sreg karena menggabungkan arus yang berasal dari spull dan aki terlalu beresiko, mending arus listrik lampu senja ini ambil langsung dari arus aki sama seperti kabel lampu rem.

 

Pertanyaan terakhir, apa yang menyebabkan “resistor coklat merah merah” (1K2 ohm) rusak?

Jika kita melihat informasi tambahan dari pemilik lampu rem variasi led Honda Scoopy ini yang ada pada gambar “Screen 2” di atas kabel hitam dihubungkan untuk positif lampu senja, biru untuk negatif, dan hijau untuk positif lampu rem, maka aliran arus listriknya akan seperti ini :

skema scoopy tengah 7

Dilihat dari gambar di atas kejadiannya ketika rem aktif maka arus positif akan melalui kabel hijau menuju “resistor coklat merah merah” (1K2 ohm) langsung menuju kabel biru yang disambungkan ke kabel negatif, akibatnya terjadi hubungan singkat atau konslet yang menyebabkan “resistor coklat merah merah” (1K2 ohm) rusak. Kejadiannya mirip – mirip seperti yang pernah MB tulis disini. Sekedar tambahan resistor yang rusak ini fungsinya untuk membuat lebih redup nyala lampu rem ketika rem belum aktif, oleh karena itu resistor ini bisa diganti dengan nilai lebih besar dari 430 ohm, semakin besar nilainya maka nyala led akan semakin redup ketika rem tidak aktif.

Last dari kejadian ini bisa kita ambil pelajaran ternyata tantangan terberat dan juga beresiko terjadi ketika kita memasangkan lampu led, baiknya pemasangan lampu led ini harus diserahkan oleh orang yang benar – benar mengerti tentang kelistrikan motor yang kita miliki. Minimalnya Bro & Sis harus tau dan bisa membedakan mana kabel negatif, positif lampu senja, & kabel positif lampu rem seperti yang pernah MB bahas disini, ocre?

 

 

Iklan

6 pemikiran pada “Memperbaiki lampu rem variasi led Scoopy yang rusak.

  1. @masbro mau tanya jadi solusinya mau nyalain lampu senja d scopy f1 itu g mna ya .
    apa ada yg harus d tambah d kabel birunya.

    Suka

  2. Siang om..
    Ane pembeli salah satu produk led diatas.. Pengen tanya apa benar kalo ganti resistor (dianjurkan 6 biji yg lbh besar dari 430 Ohm) bisa bikin awet led nya?
    Terus terang ane awam masalah kelistrikan jadi puyeng deh…
    Tolong dibantu om 🙂

    Suka

  3. “Siang om..
    Ane pembeli salah satu produk led diatas.. Pengen tanya apa benar kalo ganti resistor (dianjurkan 6 biji yg lbh besar dari 430 Ohm) bisa bikin awet led nya?
    Terus terang ane awam masalah kelistrikan jadi puyeng deh…
    Tolong dibantu

    om saya minta di email juga yg masalah di atas..
    dan satu lagi om, caranya agar lampu merahnya nyala kalo cuma di rem gimana ya? saya beli stoplamp tapi lampunya nyala semua, cuma beda terangnya aja kalo direm. saya pernah liat motor orang, lampu merahnya nyala kalo cuma di rem aja. dan mati apabila tidak direm, sedangkan lampu birunya seperti lampu senja. mohon bantunnya om.
    terima kasih

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s