Mungkinkah lampu led warna putih untuk plat nomer motor berubah merah ketika rem aktif?

rear lamp red white

 

Ada salah satu komen di tulisan tentang lampu LED di sini yang bikin MB penasaran Bro & Sis, kurang lebih pertanyaannya seperti ini, “apa mungkin lampu led warna putih untuk plat nomer motor berubah merah ketika rem aktif seperti mobil-mobil mewah gitu?

Memang di pasaran sekarang ini banyak variasi lampu plat nomer untuk mobil yang lampunya bisa berganti warna ketika rem aktif. Tapi ya namanya buat mobil pasti harganya lumayan Bro Sis, kira-kira apa ada alternatif lain, trus gimana caranya?

plat nomer lampu

Selintas yang ada di pikiran MB ketika tuas rem diinjak atau ditarik arus untuk lampu plat nomer warna putih harus terputus dulu supaya mati, oleh karena itu perlu alat tambahan sebuah saklar. Sedangkan supaya nantinya lampu plat nomer berwarna merah perlu ditambahkan lampu led warna merah yang posisinya sejajar dengan lampu led putih. Untuk skemanya bisa digambarkan seperti ini :

MERAH PUTIH LED rem

 

Posisi saklar (kotak biru) di gambar atas dalam posisi “on” dan pastinya led putih menyala. Supaya saklar biru ini ke posisi “off” berbarengan dengan waktu rem aktif, saklar biru ini diganti dengan sebuah relay 5 pin (12v) dan dapat digambarkan seperti ini :

MERAH PUTIH LED

 

Skema gambar di atas hanya bisa mematikan lampu led putih ketika rem aktif. Supaya nantinya berganti warna merah, tambahkan led merah yang posisinya hampir sama dengan led putih, terus sambung kan positif rangkaian 4 led merah ke pin relay satunya lagi seperti ini :

MERAH PUTIH LED rem motor

Apa ada cara lain gak? Ada Bro Sis, cara lain bisa juga memodifikasi saklar rem dengan menambahkan saklar rem lain khusus untuk memutuskan arus listrik ke lampu led putih dan kira-kira bentuknya seperti ini :

saklar rem belakangsaklar rem dobel

 

 

untuk pemasangannya seperti ini :

saklar rem dobel lampu led

 

Gambar di atas pedal rem masih dalam posisi belum diinjak, perhatikan posisi di dalam saklar rem untuk lampu putih saklarnya tertarik ke bawah yang menandakan arus listrik mengalir dan membuat lampu putih menyala. Pada saat pedal rem diinjak posisi saklar lampu putih kembali ke atas dan membuat lampu putih mati. Berbanding terbalik dengan saklar lampu merah posisinya akan ke bawah dan menghidupkan lampu merah. Sedangkan lampu merah yang lain ((untuk plat nomer) dihubungkan langsung (kabel pink) ke jalur saklar rem untuk lampu merah rem (paling atas). Sehingga kedua lampu merah atas dan bawah akan hidup bersamaan ketika pedal rem diinjak. Ada cara lain?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s