Bikin sendiri rangkaian lampu LED untuk lampu rem motor? (3)

Lanjutan dari artikel sebelumnya dan sebelumnya lagi

Nah.. setelah seluruh rangkaian led di artikel sebelumnya selesai dikerjakan, kita pasangkan seluruh rangkaian led tersebut di reflektor lampu rem motor. Tapi sebelum dipasang buka dulu jok motor (scorpio) juga bodi samping dekat aki, selanjutnya buka mika lampu rem lalu cari lubang di reflektor untuk jalan keluar 3 kabel (merah, kuning, hitam) dari seluruh rangkaian led. kalo tidak ada lubang terpaksa reflektor dilubangi dengan obeng. lubang jangan terlalu besar juga ya kira2 cukup untuk 3 kabel kecil:

cara masukan kabel

Selanjutnya kita pelajari dulu sekilas tentang koneksi kabel2 di lampu rem,  lihat bagian belakang reflektor lampu rem biasanya ada 3 kabel:

-pertama kabel negatif, kabel ini biasanya langsung menempel di selongsong lampu rem, berwarna hitam (lihat gambar diatas)

-kedua kabel positif lampu senja rem. biasanya berwarna kuning, hijau, atau biru, tergantung jenis motor (di scorpio berwarna biru).

-ketiga kabel positif lampu rem. biasanya berwarna merah/orange tergantung jenis motor(di scorpio berwarna kuning). cara mengetahuinya gampang brosis, tinggal copot salah satu socket dibawah jok dekat lampu rem selain socket kabel berwarna hitam. misalnya socket kabel warna merah, lalu kita injak pedal rem. jika lampu rem tidak menyala maka bisa dipastikan kabel warna merah adalah kabel positif lampu rem, dan kabel terakhir adalah kabel positif lampu senja.

Sekarang kita fokus untuk kabel ketiga ini yaitu kabel positif lampu rem. dari lampu belakang kabel ini terhubung dengan saklar rem dan dari saklar rem terhubung dengan kutub positif aki. coba lihat gambar dibawah ini & perhatikan kabel warna merah:

scema acu

Jadi apabila pedal rem diinjak saklar rem akan terhubung dan lampu rem pun menyala. sesuai gambar diatas juga ada 2 socket dekat saklar rem, jika masbrosis pernah membaca artikel sebelumnya yaitu cara memasang kipas pendingin  pasti kenal dengan gambar ini:

https://thepioz.files.wordpress.com/2012/10/20121025_120542b.jpg?w=300&h=225

ini adalah photo socket lampu rem bagian bawah, socket sebelah kiri adalah socket kabel yg menghubungkan dari lampu rem ke saklar rem dan socket sebelah kanan adalah socket yg menghubungkan dari saklar rem ke aki. seperti yg terlihat di photo socket sebelah kanan ada 3 kabel, yg menuju kedepan terhubung dengan kipas dan yang melengkung keatas adalah kabel untuk lampu senja rem. coba lihat skema gambar dibawai ini:

scema accu lampu led

cara masukan kabel

Hampir selesai ni masbrosis, terakhir ada 3 LANGKAH yg harus dilakukan:

-Sesuai gambar diatas kita hubungkan kabel yg melengkung keatas ini dengan kabel kuning seluruh rangkaian led.

-Pisahkan(copot)  socket kabel positif lampu rem dari lampu rem asli yg terletak dibawah jok, hubungkan dengan kabel merah seluruh rangkaian led.

-Sambungkan kabel hitam seluruh rangkaian led di socket kabel warna hitam dibawah jok juga tanpa memisahkan(mencopot) socket kabel (lihat gambar diatas).

Udah gitu doang sob?!

Udah selesai 95%bro..  cuma ada beberapa yg harus disesuaikan :mrgreen:. sesuai pengalaman setelah dipasang sesuai dengan 3 langkah diatas lampu masih terlalu terang, lampu senja juga terlihat masih terlalu terang. selain itu ketika motor di gas di rpm tinggi arus listrik akan bertambah yg bisa mengakibatkan lampu led putus. oleh karena itu kita butuh 2 jenis komponen lagi, jadi secara lengkap komponen2 yg digunakan:

– lampu led merah kaca bening 32 buah (harga kurang lebih 500 1 buah)

– lampu led warna biru atau putih 4 buah (untuk lampu penerangan plat motor harga kurang lebih 1000 1 buah).

– resistor 10hm  20 buah/secukupnya (harga kurang lebih 100 1 buah)

– kabel kecil warna hitam 2 meter (harga kurang lebih 500-1000 1 meter)

– kabel kecil warna merah 2 meter.

– kabel kecil warna kuning 2 meter.

– resistor 330 ohm 20 buah/secukupnya (warna 0range, orange, coklat, emas, harga kurang lebih 100 1 buah)

– Dioda IN 4001 2 buah (harga kurang lebih 100-500 1 buah)

Sambungkan 5 resistor & 3 resistor secara seri seperti ini:

rangkaian resistor 330 ohm.fla

Untuk penyambungan resistor kakinya kebalik jg gpp kok, untuk penampakan dioda bentuk sebenarnya seperti ini:

dioda

Nah masbrosis… Untuk dioda kaki positifnya ditandai lingkaran putih di badan dioda, jadi sesuai gambar diatas kaki positif dioda adalah kaki yang kanan. sambungkan kaki positif dioda dengan ujung kabel kuning dari seluruh rangkaian led (2 rangkaian 4 led), dan kaki negatifnya sambung ke kabel warna merah seluruh rangkaian led (6 rangkaian 4 led).

Agar cahaya lampu led sedikit berkurang kaki negatif dioda kita sambungkan dengan 3 rangkaian resistor 330 ohm, dan 5 rangkaian resistor 330 ohm kita sambungkan dengan kaki positif dioda.

untuk jelasnya perhatikan gambar ini:

led4+tahanan full2bgg

atau gambar setelah dipasang di wadah seperti ini:

skema led brake light_sambung positif_full

Setelah itu kaki rangkaian 3 resistor sambungkan dengan kabel kecil warna merah dan 5 rangkaian resistor sambungkan dengan kabel kecil warna kuning. Setelah itu baru kita sambungkan sesuai 3 LANGKAH DIATAS tadi. jika rangkaian terlalu redup ambil 1 resistor dari 3 & 5 rangkaian resistor tadi begitu juga sebaliknya jika terlalu terang tambahkan masing2 satu resistor 330 ohm.

Untuk penempatan 3 & 5 rangkaian resistor sebenarnya tidak terlalu mengikat. bisa saja ditempatkan dibawah jok dengan menambahkan kabel lagi antara 3 & 5 rangkaian resistor dengan kaki2 dioda. jadi sewaktu mengatur besar kecilnya cahaya led tidak perlu membuka mika lampu rem. o iya, sebelum mencoba harus kita nyalakan dulu kontak motor, atau jika hanya ingin menge-tes lampu bisa juga aki motor dicopot dulu. Jangan lupa sambungan kabel dan sambungan antara led diisolasi untuk menimalisir kabel terbuka dan jangan sampai ada kabel yg terbuka menyentuh rangka/bagian motor yg terbuat dari logam karena bisa merusak lampu led.

Yang terakhir jika kita ingin membuat lampu penerangan plat motor. tinggal buat lagi rangkaian 4 led warna putih atau biru dengan 1 resistor 1 ohm, sambungkan kaki resistor ke kaki positif dioda dan kaki lednya sambung ke warna hitam sama seperti kabel biru seperti gambar ini:

skema led brake light_sambung positif_full plus

Untuk wadah lampu led jg tidak terlalu mengikat, tergantung kreatifitas kita dalam mendesain wadah lampu led ini. namun dari uraian diatas saya berharap masbrosis bisa dengan mudah membuatnya. setelah bisa membuat lampu rem dengan led ini pasti brosis bisa membuat dengan desain lain seperti desain vario techno cbs misalnya:

skema led brake light cbs iddle2

Untuk lampu motor ini sebenarnya hampir sama yaitu penempatan lampu senja ditengah yg berbentuk segitiga namun dengan lampu rem disamping sisi kanan kirinya. berilah pemisah atau semacam sekat disamping kanan dan kiri lampu senja-nya agar cahahaya lampu senja tidak tembus ke samping.

Gimana masbrosis bisa kan? jika ada pertanyaan jangan ragu2 untuk bertanya, saya bantu sebisanya. jika masbrosis sudah bisa membuat lampu rem, pasti bisa juga dong membuat lampu led lain untuk motor, mengganti lampu speedometer dengan rangkaian lampu led buatan sendiri misalnya.. 🙂

20140130_203134

Sesuai pengalaman saya juga sudah dua kali ganti wadah rangkaian led, & untuk penampakan waktu siang:

lampu led rem pio

Penampakan waktu malam:

20140130_203258

 

 

Edit: Baca lanjutannya disini  … smile  —–> thepioz.wordpress.com/2014/03/30/bikin-sendiri-rangkaian-lampu-led-untuk-lampu-rem-motor4/

~

~

~

Iklan

73 pemikiran pada “Bikin sendiri rangkaian lampu LED untuk lampu rem motor? (3)

    • ga kan kesetrum koq.. Arus listrik aki kecil cuma 12volt jadi ga akan nyetrum, kalo bisa akinya dicopot dulu terus bawa deh ke dalam kamer sambil dicoba2 nyala ga rangkaian lednya hehee.. O iy selagi nyoba2 usahain pake sendal jepit.. 🙂

      Suka

  1. sangat bermanfaat gan,,
    oy,,mau tanya gan,,misalnya kalo buat lampu rem,,,lampu led awalnya semuanya nyala tapi redup,nah pas diinjak pedal rem lampunya juga nyala semua dan lebih terang,,
    itu cara bikin rangkaiannya gimana ya,,?
    thanks

    Suka

    • Thanks y sob, Untuk membuat nyala lampu lebih redup sebenarnya bisa dilihat diartikel diatas, coba liat gambar ini —> https://thepioz.files.wordpress.com/2014/02/led4tahanan-full2bgg1.png?w=476&h=467
      Disana ada dioda, Supaya lampu senja menyala semua tapi meredup tinggal copot dioda & ganti/hubungkan dengan kabel biasa. Tapi inget sob, sumber arus listrik untuk lampu senja & rem harus sama dari aki. Di motor2 tertentu untuk lampu senja standarnya mengambil arus dari spul/generator mesin & jangan dihubungkan untuk lampu rangkaian led karena arus listriknya bolak-balik & tidak stabil.
      Kayanya recommended nih, Untuk penjelasannya nanti ane bikin artikel selanjutnya aja ya brow… :mrgreen:

      Suka

    • Ada, kalau sumber arus listriknya lebih dari 12volt pastinya nilai resistor jg naik. Coba buka —-> http://led.linear1.org/led.wiz
      Tapi untuk arus listrik dari aki 12v resistor yang lumrah dipakai untuk:
      1led = 470ohm,
      2 led = 330ohm,
      3led = 150ohm,
      4led = 1ohm
      Tapi sesuai pengalaman misalnya jika rangkaian 4led digabungkan dengan 3led salah satu rangkaian nyalanya lebih redup. Makanya jika menggunakan rangkaian 3led lebih baik semua pakai rangkaian 3led.

      Suka

  2. Ping balik: Bikin sendiri rangkaian lampu LED untuk lampu rem motor?(4) | THEPIOZ

  3. tu bohlam bawaan di copot atau kagak Gan?kalo di aplikasikan bwt stop lamp mobil bisa gak Gan?soalnya di mobil ada dua stop lamp,misalnya stop lamp sbelah kiri di pasangin 1 rangkaian seperti di atas dan yang kanan juga di pasangin sperti rangkaian diatas apa led nya gak cepat putus/gak ke gedean watt led nya ?saat ini bohlam standr mobil ane 21watt

    Suka

    • Baeknya bohlam lampu rem asli tetep dipasang. jadi fungsi lampu rem dari bohlam diganti dgn lampu led, tapi fungsi bohlam untuk lampu senja tetap aktif. karena kl lampu bohlam dicopot otomatis lampu depan/headlamp jadi lebih terang tapi lebih cepet putus. solusinya ganti bohlam headlamp dgn watt yg lebih besar, misalnya standar 35 watt ganti dgn 45 watt kl mau bohlam rem dicopot.

      untuk mobil sebenarnya bisa aj, satu lampu led cuma 0,05 watt. kl kita bikin 64 led untuk rem kanan & kiri cuma 3,2 watt jd ga akan bikin aki tekor. yg jd masalah aki mobil lebih dr 12volt(12,8-14v), solusinya ganti resistor 330 ohm dngn nilai yg lebih besar misalnya 470 ohm supaya led ga putus. misalnya rangkaian 3 resistor 330 ohm (330+330+330) udah diganti jadi 3 resistor 470 ohm malah redup bisa juga diganti jadi 470+470+330, kl masih terlalu redup 470+330+330, tp ati2 jgn kebablasan nguranginnya ntar malah putus. intinya sih untuk resistor 330 ohm nilainya ga terikat tergantung bisa2nya kita nguliknya karena setiap kendaraan sistem kelistrikannya beda2. Ok bro?

      Suka

  4. gan ane mau tanya nih ane kan mau bikin lampu rem LED buat satria fu 😀 bentuknya melingkar/bulet gitu kan butuh 24 led tuh tapi ane mau tanya nih gmana rangkaiannya kalo semua led (24led) semula redup terus kalo di rem baru semua led juga terang (24led) jadi tidak terpisah untuk senja dan rem seperti scorpio mohon bantuannya gan :DD

    Suka

  5. ohh gtu gan jadi gk butuh dioda lagi gan ? langsung bikin kayak diskema itu ya gan ?
    heheehe kalo untuk wadahnya ane blom bikin gan heehe 😀
    maap gan kalo banyak tnya hehe 😀 newbie 😀

    Suka

    • iy ga pake dioda kaya skema 24 led tadi. Gpp lah sob mending nanya dulu daripada ntar kesetrum.. 😀 saran ane si kl mo sekedar coba2 mending akinya dicopot dl.. Sukur2 punya aki cadangan, aki bekas jg gpp asal ga trlalu ngedrop, tinggal bawa ketukang accu minta ganti aernya & dicas lg.

      Suka

  6. maaf gan nanya….ane punya lampu stoplamp plus sein beli jadi…..awal2 nya sih nyala semua…trus skrang sebagian lampu led nya mati …..udah coba ane ganti led nya tetep mati…kira2 ada pengaruhnya dari resistor atau dioda ya gan???

    Suka

    • Gpp nyante aj sob.. ane jg pernah ngalamin ky gitu, sebabnya ya itu kl motor dipuntir gasnya tegangan listrik jg naik lebih dari 12v. Solusinya sblm kabel disambung ke rangkaian led harus dikasih resistor dulu ky yg ane jelasin diatas.
      Kl led yg rusak udah diganti masih ttp mati bisa jadi kaki led masangnya kebalik, kl dlm rangkaian 4led dari seluruh rangkaian led & 4 led itu rusak semua bisa jadi resistor ikut rusak.. 🙂
      Btw emang bener ada diodanya?

      Suka

  7. salam kenal gann..saya udah buat lampu led nya..tapi tetap jga gak bisa..motor saya jupiter z thun 2044..mohon petunjuk nya..

    Suka

  8. ok deh..ntr di cek ulang lagi..oh..ya gan..resistor 1 ohm nya berapa watt..warnanya gelang nya apa..?trus resistor 330 nya brpa watt warna gelang nya..??maaff ya gan..kurang ngerti..mau belajar..:D

    Suka

  9. Ping balik: Bikin sendiri rangkaian lampu LED untuk lampu rem motor? (5) | THEPIOZ

  10. Ping balik: Bikin sendiri rangkaian lampu LED untuk lampu rem motor? (2) | THEPIOZ

  11. Om dlu sya pernah bongkar rangkaian lampu rem variasi led ninja rr…sistem kerjanya lampu senja nyala redup setelah di injak pedal rem,lampu senja + lampu rem nyala terang,,,nah pertanyaan saya apa sama sistem kerjanya lampu led bikinan om seperti yg saya maksudkan?thxs

    Suka

  12. Kalo bikin rangkaian led 5 lampu dan satu resistor itu bisa gak beroh?? Kalo bisa, nilai resistornya jadi berapa ya beroh?? Tengkyuh beroh..

    Suka

  13. Ping balik: Cara sederhana membuat rangkaian lampu LED untuk lampu rem motor (bagian 4) | MOTORBLITZ

  14. Permisi bos.. Numpang tanya.. Pin nya brapa..? Ini pin
    aq : 2B1773E2 Aq mau bikin RPM LED motor VARIO
    125 FI aq.. Kyk yg bos bikin.. Brapa harga nya kl udah
    nyampe di padang..? Makasi atas perhatian nya ya bos..

    Suka

  15. Ping balik: Bagaimana cara memperbaiki rangkaian lampu led yang rusak? | MOTORBLITZ

  16. bro kalo saya pengen lampu remnya itu berkedip-kedip sewaktu direm gimana caranya, tinggal tambahin komponen apa dan gimana rangakaiannya kalo saya mau rangkaiannya seperti bro buat di atas, terima kasih

    Suka

  17. gan numpang nanya hehe 😀 ane dah bkin yang rangkaian 24 led tpi kok stelah di tancepin di lmpu blakang motor malah cma 2 led doank yg idup itu knapa yah hehe thanks agan 😀

    Suka

  18. ouu mungkin kbalik ya gan hehe tpi kalo lampu nya yg laen kaya rebutan arus gtu knapa ya gan ?hehe maklum ane newbie gan eheheh 😀

    Suka

    • Yang namanya rebutan pasti karena arus yg keluar dari accu kecil, coba cek tulisan di body accu apa 12 volt? Bisa jadi accu tekor atau 3 rangkaian resistor 330 ohm dan 5 rangkaian resistor 330 ohm seperti yg ditulis di atas gak cocok buat accu motor kmu, solusinya jika rangkaian terlalu redup ambil/kurangi 1 resistor masing dari 3 & 5 rangkaian resistor tadi begitu juga sebaliknya jika terlalu terang tambahkan masing2 satu resistor 330 ohm, ocre??

      Suka

  19. ok gan mkasih infonya hehe maklum gan ane gk bgitu faham tntang kelistrikan hehe masih blajar hehe thanks gan ntar ane cek lagi hehe

    Suka

  20. Ping balik: Memperbaiki lampu rem variasi led Scoopy yang rusak. | MOTORBLITZ

  21. Gan klo bikin switnya terang redup gimana, sumber arus dari terang ( baterai ) redupnya ( dinamo ) kasus ane mio j polaritas dari kedua sumber berbeda . saya baru kepikiran pakai relai dengan membedakan nilai resistor depan dari setiap sumber arus. pengennya pakai transistor 1 ato 2, ato mungkin pakai dioda aja.

    Suka

      • kalau ingin ada dua pilihan untuk sumber listrik yaitu dari accu atau spull bisa diberi saklar minimal 3 pin. misalnya kalau ingin lampu senja rem mendapatkan arus dari accu/led skemanya seperti ini :

        saklar pilihan bisa juga diganti dengan relai seperti ini :

        oiya, jika ingin arus dari spull (dinamo) redup beri resitor & beri juga dioda supaya arus jadi DC di kabel antara saklar dan spull.
        Semoga bisa membantu

        Suka

      • Wow detail sekali penjelasannya terima kasih atas waktunya, dalam waktu dekat akan saya coba. sekali lagi terima kasih.

        Suka

  22. hai,
    saya pembaca dari malaysia, terima kasih kerana sudi berkongsi ilmu anda di sini,
    ia sangat berguna buat saya.
    walaupun susah nak baca, mujur isteri saya made in indonesia, hehehehe, dia la jadi translator.

    Suka

  23. info yang menyenangkan.. saya sudah bikin lampunya.. aalhamdllh sukses
    nah sekarang muncul pikiran lgi.. klo led saat rem dibuat kedip ap saja yg ditambahin dan bbagaimana rangkaiannya? tterima kasih

    Suka

  24. Ping balik: Rangkaian sederhana penstabil arus listrik untuk lampu LED motor. | MOTORBLITZ

  25. gan ane dah bikin rangkaian lampu led nya yg tanpa dioda gan.. sewaktu ane coba dr jalur batu charger HT idup gan.. tapi pas ane pindah ke accu motor(jupiter mx) gk mau idup gan.. padahal daya yg masuk normal. 12v.
    ane pensran pa putus pas waktu ane tes di motor. trus ane coba di charger HT msh idup gan. pdhal daya sama” 12v

    Suka

  26. Bro mau nanya:
    1. Suply lampu speedometer langsung dpt dr accu kah?
    2. Klo lampu led variasi utk sein lalu d copot & dirangkai ulang lalu d aplikasikan ke lampu speedometer perlu di tambah rangkaian elektronik lain gak sprti resistor utk menstabilkan arus dan ic7812 utk menstabilkan tegangan? Bikin tutorialnya donk bro buat ngerubah lampu speedometer mnggunakan led biar kyk indiglow.

    Suka

    • 1. iya, sumber arus positifnya bisa dari soket rem depan.
      2. – perlu ditambah resistor karena resiko led mati akibat kelebihan arus listrik selalu ada & lebih bagus pake ic7832 biar lebih stabil.
      – Indiglow buat background atau jarum spedometer?

      Suka

      • MB mau tanya pin bb atau whats up donk
        mau nanya sy pemakai xeon injeksi 2013
        Beluk lama sy ganti bohlam rem jadi lampu led yg ud beli jadi di pasaran..
        Pertanyaan saya.kok lampu senja rem saya jadi gak nyala..
        led yg terpasang cuma nyala kalau posisi di tarik tuas rem
        Kalau mau normal.apa aja yang harus di rubah sob
        Thx suksea terus

        Suka

  27. itu resistor kok di seri ya??? bukan nya tinggal di ganti resistor 1 biji aja tapi yg lebih besar ukurannya kan sama aja toh…. biar praktis….

    Suka

    • Supaya gampang kalau nyala led terlalu redup tinggal dikurangin 1 resisitor, kalau lampu nyalanya sudah ideal (tidak terlalu terang/redup) boleh diganti dengan 1 resistor dengan nilai sama.

      Suka

  28. Om ini artikel cuma buat yg motor arusnya sudah DC fullwave atau engga om? Ane mao coba soalnya. 😅 ane cek tegangan di sein 17VDC sama 25VAC 😂 jadi takut mao pasang om 😅

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s