Cara sederhana membuat rangkaian lampu LED untuk lampu rem motor (bagian 4)

motorblitz lampu led rem bagian depan semua nyala

Setelah 3 rangkaian 4 led dipasang & dites seperti diartikel sebelumnya. langsung lanjut pasang semua rangkaian led di wadah rangkaian lampu led, sayangnya setelah dites koq agak redup ya.. hmmm.. rolleyes

Ternyata penyebabnya karena resistornya kebanyakan, setelah MB mencopot 3 resistor 470 ohm akhirnya nyala lampu led kembali terang namun tidak terlalu terang.

O iya tentang cara memasang lampu led kita pasang 1 rangkaian 4 led kedalam satu garis hijau seperti gambar ini :

wadah r4ledSepertinya kurang afdol kalau merangkai lampu led tanpa skema, seperti sayur tanpa garam atau berlayar tanpa tujuan. Untuk skema seluruh rangkaian lampu led dengan lampu senja terpisah seperti ini :

7rangkaian 4led + tahanan lampu rem-senja pisahSesuai dengan skema diatas langkah pertama berarti kita harus menyambungkan kabel masing-masing rangkaian 4 led, jadi untuk lampu senja yaitu kabel kuning sambung dengan yang kuning & yang biru sambung dengan yang biru. Untuk lampu rem yaitu kabel merah sambung dengan yang merah & yang hijau sambung dengan yang hijau seperti ini :

7 buah rangkaian 4 ledSesuai dengan skema diatas juga kita perlu merangkai 4 resistor untuk lampu senja. 4 resistor ini gabungan dari resistor 2 buah 330 ohm dan 2 buah resistor 1k2 ohm (1200 ohm) yang berwarna coklat merah merah, seperti biasanya rangkai 4 resistor ini seperti ini :

rangkaian resistor 330 & 470Beri kabel kuning di ujung kaki 4 resistor ini. Siapkan juga 3 buah rangkaian resistor 330 ohm dan beri kabel merah diujung 3 rangkaian resistor ini. Isolasi semuanya dan supaya tidak memakan tempat tekuk masing-masing rangkaian resistor :

rangkaian resistor 330 & 470_2Masukan resistor2 tadi ke tempat kecil misalnya bekas tutup sikat gigi. Salah satu kabel merah rangkaian 3 resistor sambungkan ke kabel merah seluruh rangkaian led,  begitu juga rangkaian 4 resistor(untuk lampu senja) salah satu kabel kuningnya sambungkan dengan kabel kuning seluruh rangkaian led. Sambungkan kabel hijau dan biru seluruh rangkaian led dan hasilnya seperti ini :

7 rangkaian4led + resistor 330 & 470Tinggal satu lagi komponen yang belum dipasang yaitu dioda, berhubung MB lupa membeli dioda yo wis MB comot dioda bekas lampu hemat listrik. 20140808_152201
Lanjut, sambungkan kaki positif dioda ke kabel kuning dan kaki negatif ke kabel merah diantara seluruh rangkaian led dan rangkaian resistor.

Sekarang tinggal dites, caranya sambung kabel negatif aki ke kabel hijau & biru seluruh rangkaian led. Untuk mengetes lampu senjanya sambungkan kabel kuning dari resistor ke kabel positif aki berwarna merah dan hasilnya seperti ini :

rangkaian led l senja pisah testUntuk mengetes bagaimana nyala lampu ketika pedal rem diinjak coba sambungkan juga kabel merah dari resistor:

rangkaian led lest l senja pisah test all

Selanjutnya bagaimana membuat rangkaian led yang lampu senjanya tidak terpisah?

Untuk membuatnya coba lirik skema dibawah :

7rangkaian 4led + tahanan lampu rem-senja nyatuJadi supaya lampu senjanya nyala semua tapi lebih redup fungsi dioda ditiadakan, tinggal gabungkan/sambung kabel merah dan kuning seluruh rangkaian dan resistor kaya gini :

rangkaian led l senja nyatuCoba tes dengan menyambungkan kabel merah resistor ke kabel positif aki dan hasilnya cahayanya akan lebih terang.

rangkaian led l senja nyatu all

Terakhir tinggal finishing jepit sambungan-sambungan kabel dengan plat seng dan isolasi, untuk pemasangan di sepeda motor sementara brosis bisa baca-baca dulu disini dan disini dulu ya… biggrin

 

 

12 pemikiran pada “Cara sederhana membuat rangkaian lampu LED untuk lampu rem motor (bagian 4)

  1. Ping balik: Cara sederhana membuat rangkaian lampu LED untuk lampu rem motor (bagian 3) | MOTORBLITZ

  2. Mas saya merangkai dengan bentuk bulat dengan rangkaian sama seperti postingan mas MB… cuma saya memakai 4x4Led merah…klo mas MB kan 7x4led…apa tahanannya tetap sama 1ohm(dalam 1 rangkaian seri 4led)??
    Trus lampu senja mau saya buat nyala 3 rangkaian,lampu rem cuma 1….

    Suka

  3. gan, kalo rangkaian led nya yang senja, rem, dan negatif nya langsung di colokin ke soket yang bawaan motor nya gak masalah kan?

    Suka

  4. kalau 4 LED dengan 1 resistor 3 mm, itu kira2 berapa besar tahanan resistornya ya?
    soalnya bingung, udah dihitung dan dapat angka 120 Ohm lalu pakai resistor 120 ohm untuk 4 LED, tapi malah panas dan lama2 hangus.
    apa saya salah hitung atau bagaimana ngga ngertilah.
    Pencerahannya dong.

    Suka

  5. katanya sangat sederhana faktanya njlimet, mumet, ribet dan penjelasanya panjaaaaaaaaaaaaaaaaang sekali he he he………………

    Suka

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.