Laptop kepanasan dan mati sendiri?

Laptop kepanasan dan mati sendiri kenapaSetiap kali buka aplikasi-aplikasi yang rada berat gak tau kenapa ni lepi suka mati sendiri. Ciri-cirinya kipas sering kali berdesing, disekitar dashboard terasa panas dan kalau diteruskan laptop bisa mati sendiri. Bikin was-was juga tapi setelah beberapa jam kemudian dihidupkan nyala lagi.

Selidik punya selidik ternyata memang ada sebuah saklar otomatis yang berfungsi mematikan laptop ketika processor mencapai suhu tertentu, maksudnya agar tidak merusak komponen-komponen lain akibat panas yang ditimbulkan oleh processor termasuk mencegah rusaknya processor itu sendiri. Jadi penasaran sebenarnya apa sih penyebab laptop jadi overheat gitu?

Setelah ditilik-tilik ternyata penyebabnya karena debu menumpuk dilubang bagian bawah dan pinggir body laptop, iseng-iseng colok-colok, tiup-tiup bagian kisi-kisi dipinggir body, sedikit demi sedikit debu keluar dari bagian bawah.

Laptop kepanasan dan mati sendiriSudah bersih tes laptop dihidupkan.. tapi kok malah kipasnya gak muter? waduh mau gak mau ketukang reparasi kalau gini..tapi kayanya ribet & butuh waktu lama. Yasud akhirnya MB cari video di yutub cara-cara buka laptop, siapin obeng & setelah semua baut dilepas ternyata laptop masih susah dibuka. Maklum sebelumnya MB sekalipun belum pernah buka-buka lepi kaya gini. Kebayang pasti didalamnya banyak komponen kecil-kecil ntar kesenggol trus copot gimana?

Sambil kembali mengencangkan baut akhirnya acara bongkar lepi ga jadi. Tapi tunggu dulu, setelah mengintip lubang-lubang kecil dekat kipas dibagian bawah nampak gumpalan debu. Oalah teryata ini to yang bikin kipas macet. Gimana caranya supaya debu-debu gede itu keluar? Lubang-lubang deket kipas digedein aja kali ya biar debunya keluar semua?? Argh.. Lets do it!
Dengan tang dan obeng min MB patahkan sedikit demi sedikit disekitar lubang ventilasi kipas dibagian bawah, jadinya kaya gini :

Laptop kepanasan dan mati sendiri 3

Colok-colok lagi abis itu MB tiup lagi kenceng-kenceng kisi-kisi dipinggir & pas ditiup, ziiinggg… terdengar suara kipas ikut berputar akibat dari tiupan tadi. Pluk! pluk! pluk! akhirnya keluar juga gumpalan debu segede upil kebo.

Setelah dihidupkan suara kipas terdengar lebih harus tidak berisik seperti kemarin-kemarin dan yang lebih penting performa jadi lebih cepat gak lelet lagi, r25 & ninja kayanya kalah nih.. Ternyata kipas laptop yang kecil, sekecil diameter aqua gelas ini pengaruhnya sangat besar untuk mendinginkan laptop yang kalau overheat panasnya bisa kali buat masak telor ceplok.

BTW bisa gak ya kipas ini diaplikasikan buat pendingin mesin motor? kipasnya diganti dengan 2 buak kipas brushless yang lebih besar trus kisi-kisi almuniumnya ditempelkan ke bagian mesin??

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s