11 alasan kenapa orang ogah naik angkot.

ramadhan.kompascom

Fenomena angkot di Indonesia cukup unik, sekarang ini banyak supir angkot mengeluh penumpang angkot semakin sepi karena beralih dengan jenis kendaraan lain. Tapi kalau kita perhatikan lebih jauh penyebab sebenarnya adalah kurangnya komunikasi antara penumpang angkot dengan supir angkot. Supir angkot terkesan hanya memburu uang setoran & tanpa disadari para penumpang juga manusia kalau gak nyaman pastinya mereka reflek mencari solusi lain, lalu.. apa saja alasan para penumpang ogah naik angkot?

1. Sering ngetem.

Kalo penumpang sepi angkot ya pasti ngetem, biasanya mereka ngetem itu dipersimpangan jalan, sekolahan, kantor, pabrik, mall, pasar, banyak.. jalannya dikit eh ngetemnya lama.. sad

154011_44_luar_

2. Panas.

Atap angkot yang terbuat dari besi siang-siang panas ngetem lagi, keluar masuk udara juga gak maksimal cuma sewaktu-waktu aja penumpang kena hembusan angin. Kadang penumpang yang dekat jendela juga belum tentu mau buka jendela full, secukupnya aja asal kerasa adem buat dia sendiri. Dan kadang lagi kaca jendela macet kebayangkan bro sist gimana panasnya, meleleh..mirip-mirip permen dalem kaleng dijemur.. evil

3. Bau.

Biasanya pagi-pagi buta angkot bawa pedagang dan barang jualannya untuk dibawa ke pasar, mau ga mau ada saja bau tak sedap, bau ikan asin, jengkol. siang-siang apalagi panas bau keringet.

bau

4. Banyak tamu tak diundang.

Tamu tak diundang maksudnya pengemis, pengamen, pedagang asongan, kadang mereka kalo ga dikasih/beli ada yang maksa juga apalagi buat yang tampang culun, bisa dipalak. mau ga dikasih juga kasihan, mau ga mau ngasih.. bisa dibilang naik angkot itu susah ngirit.. razz

ngamen dagang

 5. Banyak pelaku kejahatan.

Nah yang ini lebih parah, misalnya maling atau copet. Pernah ada temen TP kecopetan tasnya bolong disilet gitu, dompet & gadget ilang semua.. katanya pencopetnya pura2 telpon pake suara keras2 nyebelinlah sampe semua penumpang angkot males liat dia(pencopet). makanya ati2 apalagi pake tas tipis, ya udah bisa diikutin tuh..

copet _

Selain itu ada kasus-kasus kejahatan yang sering terjadi di angkot terutama wanita, dulu pernah ada kasus mahasiswi yang nekat loncat dari angkot gara-gara mau diperkosa. ada juga yang dirampok dihiptotis.

dibius

banyak banget kasusnya sampe dulu pernah dilarang kaca mobil angkot yang terlalu gelap, serba salah jadi tambah panas kalo pake kaca bening.. rolleyes

6. Mahal.

Ongkos angkot juga terbilang mahal, kalo satu jurusan PP 6ribu cukup tapi kalau 2 atau 3 jurusan bisa lebih, belum lagi kalau jalan satu arah mau ga mau penumpang harus jalan kaki. ya mending naik motor kan.. di beberapa daerah juga angkot jarak jauh atau dekat ongkosnya sama.

7. Korupsi.

Ongkos angkot juga kadang gak jelas. kadang kita bayar pake uang 5000 kembali 2000, padahal biasanya ongkos cuma 2500.  kalau uang yang kita kasih tambah gede tambah kurang juga kembaliannya, dari 2500 bisa 4000-an ongkosnya.. mad

8. Lelet.

Angkot kalo lagi sepi penumpang biasanya lelet banget malah bisa mirip orang lagi jalan kecepatannya, kalo lagi sial leletnya angkot ini biasanya berpadu dengan ngetem. menurut TP sih angkot kaya gini ni ga bisa untuk kegiatan sehari yang biasanya orang diburu waktu buat kerjaannya, atau dengan kata lain angkot lelet cuma bisa untuk jalan2 doang.. mrgreen

siswi-naik-motor-tak-helm

9. Supir ugal-ugalan.

Berebut penumpang bukan hal yang aneh buat angkot, kalau tau didepan ada angkot yang penuh biasanya angkot yang dibelakang langsung ngebut pingin nyalip. sebenarnya ga terlalu ngebut juga sih cuma stop & go terlalu mendadak bikin was2 penumpang apalagi angkotnya rada butut, kebayang kalau rem blong atau ban copot gara2 bannya vulkanisir ngeri juga.. neutral

10. Overload.

Kalo angkot lagi banyak penggemarnya pasti supir ngomong, enam empat! enam empat! artinya tempat duduk sebelah kiri harus diisi 4 orang dan kanan 6 orang.. mending 64 pada kenyataannya bisa jadi 57. Kalo kaya gini nih biasanya penumpang males geser berebut buat duduk dipinggir deket pintu angkot, penumpang baru juga walaupun angkot penuh basanya maksa naik karena gak mau nunggu lama apalagi ketemu ngetem.

`myworld-myexpression.blogspot

11. Sering tipu-tipu

Tidak kehabisan akal supir angkot juga sering menggunakan joki penumpang kalo lagi ngetem, biasanya sih 4 orang joki laki-laki & perempuan biar disangka angkot sudah setengah penuh & penumpang asli mau masuk kedalam angkot. Setelah hampir penuh joki-joki ini turun satu persatu, mau gak mau penumpang asli nunggu lebih lama deh..

Selain itu ada juga joki supir, jadi biasanya selagi ngetem supir angkot yang asli pergi dulu & sementara dititipkan ke joki supir ini. joki supir biasanya manggil-manggil penumpang sambil mainin gas mundur maju ndut-ndutan biar kesannya angkot mau berangkat, Justru inilah yang bikin kesel penumpang yang sudah didalam angkot. Setelah angkot penuh baru dikasih ke supir angkot.

joki angkot

Sekali dua kali mungkin penumpang asli gak merasa, tapi buat penumpang yang telah menyadari mereka biasanya memilih melewati angkot yang ngetem itu dan menunggu didepan & berharap ada sebuah angkot yang mau langsung membawanya tanpa menunggu.. confused

`

`

`

`

Photo kredit:

beberapa photo diunduh dari kompas.com, myworld-myexpression.blogspot.com.

 

Iklan

6 pemikiran pada “11 alasan kenapa orang ogah naik angkot.

  1. Ping balik: 2 solusi kemacetan yang disebabkan oleh angkot. | MOTORBLITZ

  2. Ping balik: Kasihan anak kecil ini, menyebrang dengan sepedanya di jalan raya. | MOTORBLITZ

  3. Ping balik: Tips Menghindari Pelecehan Seksual Pada Saat Traveling - Travelmate Kamu!

  4. Ping balik: Gosip seputar Gojek. | MOTORBLITZ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s