Gara-gara baut prothol mesin nyaris jebol.

 

motor di bengkel

 

Entah kenapa motor adik MB ini parkir terus di rumah, katanya sih mesinnya mati total. Terakhir yang MB tahu suara mesin motor ini terdengar kasar. Sempat diganti dengan oli baru karena mungkin suara kasar tersebut timbul karena mesin pakai oli palsu, namun sayangnya setelah distarter mesinnya masih gak mau hidup.

Busi langsung diganti baru tetap mesin gak mau hidup, ketika busi ditempel ke bodi mesin pun businya tidak memercikan api dan bisa dipastikan sistem pengapian mesin motor ini yaitu motor Kawasaki Blitz keluaran 2008 ini memang terganggu. Yang MB tahu selain busi sistem pengapian ini ada 3 komponen yang berperan yaitu spull, CDI, dan Koil. Dugaan terkuat waktu itu sepertinya koilnya yang rusak, BTW untuk mengecek koil yang rusak atau mati bisa menggunakan avometer (multimeter) dengan menghubungkan kedua kutub atau kedua ujung kabel koil, jika jarumnya sedikit bergerak berarti koil masih bagus namun jika jarum mentok atau tidak bergerak sama sekali artinya koil dalam kondisi rusak (CMIIW). Selanjutnya karena hari libur dan kemungkinan toko onderdil tutup akhirnya motor ini dibiarkan ngejoprak, tapi di lain hari adik MB tiba-tiba membeli sebuah koil milik motor Honda dan kata pemilik toko tersebut sama dengan Kawasaki Blitz. Karena penasaran langsung dicoba sayangnya gak ngefek mesin tetap mati. Akhirnya daripada menduga-duga komponen lainnya yang rusak yaitu CDI dan Spull yang harganya lumayan motor langsung ditarik dibawa ke toko onderdil tadi yang kebetulan ada tempat servisnya juga. Motor langsung dicek oleh dua orang mekanik, dicek mulai dari kondisi busi, soket CDI, dll dan akhirnya kedua mekanik tersebut memutuskan untuk membongkar sisi mesin bagian kiri.

mesin motor jebolmesin motor jebol (7)

 

 

Setelah dibuka ternyata kondisi spull baret-baret :

 

 

Katanya penyebabnya ada mur yang prothol alias lepas dari tempatnya sehingga ketika mesin berputar menggores spull dan akibatnya kawat spull baret-baret :

baut prothol mesin motor jebol (5)

 

Sang mekanik pun memutuskan untuk mengganti spull DC Kawasaki Blitz R yang rusak dengan spull milik Honda GL Neo Tech seharga 150rb, setelah dipasang dan mesin di isi oli yang baru langsung starter dan akhirnya mesin motor Kawasaki Blitz R kembali hidup.

Iklan

2 pemikiran pada “Gara-gara baut prothol mesin nyaris jebol.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s