2016 Race ArgentinaGP, Kenapa Rossi Melambat Setelah Ganti Motor?

2016 argentina Motogp

Ada banyak kejadian yang cukup bikin sport jantung di race MotoGP 2016 di Argentina ini Bro & Sis. Race argentinaGP 2016 yang terdiri dari 20 lap ini di garis start bersiap-siap pembalap Honda marquez menempati posisi pertama, Valentino Rossi 2, dan lorenzo posisi 3. Race pun dimulai, di awal lap pertama Lorenzo langsung menyodok ke depan hampir bersamaan dengan Marquez. Ditikungan pertama Pedrosa terlihat melebar menghindari singgungan dengan Iannone, akibatinya Rossi dan Dovi mampu menyodok dari sisi lain menempati posisi 3 dan 4.

Masih di lap pertama, masuk di track lurus Dovi menyodok memimpin di depan, Hal serupa pun dilakukan oleh Rossi dan Lorenzo, posisi saat ini Dovi pertama diikuti Rossi, Lorenzo, Marquez, Vinales, Iannone. Masuk lap 2 posisi berubah, Lorenzo ngedrop tercecer hinggan posisi 5 namun sepertinya Marquez terus mengincar ingin menggantikan posisi 2 Rossi dan akhirnya masuk lap 3 Marquez berhasil menyalip Valentino Rossi. Marquez sepertinya semakin menggila, salip menyalip bergantian antara Marquez dan Dovi, akhirnya di lap 4 Marquez menempati posisi 1.

2016 argentina Motogp (4)

 

Track Argentina yang penuh dengan tikungan dan lebar track yang termasik kecil sepertinya benar-benar menguras skill rider untuk season MotoGP 2016 kali ini, terbukti beberapa rider seperti Cal Crutchlow, Miller, dan Hernandez crash di lap 5 dan juga Lorenzo crash di awal lap 6.

2016 argentina Motogp (5)

 

Keadaan cuaca yang mendung sepertinya memaksa para Rider MotoGP 2016 masuk ke pit stop untuk melakukan pergantian motor di antara lap 9, 10, 11.

2016 argentina Motogp (13)

 

Di lap 11 setelah para Rider masuk pitstop Marquez masih memimpin di depan diikuti Rossi, Vinales, Dovi, dan Iannone. Namun entah apa sebabnya kecepatan motor Rossi melambat sehingga Marquez semakin jauh di depan Rossi. Vinales yang ada di posisi 3 pun mendekati Rossi dan semakin dekat ketika memasuki lap 14. Hingga lap 18 Vinales terus mengincar posisi Rossi dalam jarak dekat, sayangnya bagi Vinales di lap ini pun Vinales crash, Dovi dan Iannone yang ada di posisi 3 dan 4 kembali mengincar posisi Rossi dan akhirnya Duo Dicati berhasil menyalip Rossi di akhir lap 19. Lap trakhir marquez masih memimpin di depan dengn gap lebih dari 7 detik dengan Rossi diikuti Dovi dan Iannone. Sial bagi Duo Ducati, menjelang garis finish Iannone yang posisinya ada di belakang Dovizioso seperti terlambat melakukan pengereman sehingga menabrak Dovi dan keduanya crash.

2016 argentina Motogp (14)

 

Akhirnya Marquez berhasil melewati garis finish menjuarai race MotoGP 2016 di Argentina diikuti Rossi 2 dan Pedrosa 3, hasil lengkapnya Bro & Sis bisa lihat di bawah ini.

hasil 2016 argentina motogp2016 argentina Motogp (11)2016 argentina Motogp (16)2016 argentina Motogp (10) 2016 argentina Motogp

 

Sekedar tambahan, lainnya yang menarik perhatian di race MotoGP 2016 Argentina kali ini adalah menurunnya kecepatan Rossi setelah pergantian motor. Rossi sendiri sempat kecewa karena dia selama ini tidak pernah mengalami masalah dengan ban yang digunakan, dugaan sementara penyebabnya berasal dari performa motornya yang berbeda dengan motor yang digunakan sebelum lap 10. Rossi juga kecewa merubah keadaan yang sebenarnya tidak perlu dirubah terkait dengan motor tersebut. Disamping itu Rossi juga merasa beruntung karena kembali menempati urutan 2 setelah tercecer di urutan 4 akibat crash-nya Duo ducati. Last Iannone sendiri akibatnya mendapatkan penalty 1 poin dan terkena hukuman harus mundur 3 grid/baris ke belakang dengan acuan dari hasil sesi kualifikasi nanti di race selanjutnya.

 

 

 

 

Image credit & referensi :

-motogp.com

-Twitter @MotoGP

-Crash.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s