Cara Membuat Sendiri Jarum Speedometer Indiglow atau Jarum Speedometer Bisa Menyala dengan barang bekas (Part 3).

jarum speedometer indiglow

Di artikel yang lalu yaitu tentang Cara Membuat Sendiri Jarum Speedometer Indiglow atau Jarum Speedometer Bisa Menyala dengan barang bekas (Part 2).. telah kita coba bagaimana cara membuat jarum speedometer indiglow namun hanya jarumnya saja, bagian tengahnya belum. Untuk membuat bagian tengah jarum speedometer ini tentunya harus kita cari barang bekas yang ukurannya sesuai. Beberapa barang bekas seperti bekas tutup/tombol pembersih “kit”, cat pylox, dan bekas roda mobil-mobilan pun dicoba, sayangnya belum ada yang cocok Bro & Sis. Setelah mencari wangsit kesana-kemari akhirnya MB putuskan bagian tengah jarum speedometer ini masih dibuat dari barang bekas yaitu bekas tutup botol.

IMG_1298IMG_1304

Yup, tepatnya dari tutup/tombol botol bekas parfum refill/isi ulang, caranya simak di bawah ini :

1. Langkah pertama kita potong bagian tutup botol yang terbuat dari almunium vertikal tepat di bagian lubang tutup botol tersebut seukuran dengan bagian belakang jarum speedometer yang telah kita buat.
IMG_1309

 

 

2. Untuk bagian dalam yang terbuat dari plastik bisa kita gunakan paku yang telah dipanaskan.

IMG_1311

 
Dicopot juga bisa kok.

IMG_1312

 

 

3. Selanjutnya rapikan dengan pisau cutter dan pasang jarum speedometer di bekas tutup botol tadi lalu rekatkan dengan lem bening.
IMG_1314IMG_1315IMG_1322

 

 

4. Botolnya jangan dibuang Bro & Sis, ambil pipa kecil bagian atas botol dengan memotong pipa kecil tersebut dengan cutter. Lalu pasang pipa tersebut di bagian tengah jarum speedometer tadi.

IMG_1816

 

 

5. Nah sudah jadi ni Bro & Sis coba di-test dulu, untuk itu MB bikin dulu karton yang sudah dilubangi tengahnya seperti ini :
IMG_1788

 

 

Selanjutnya MB letakan jarum speedometer di atas kertas karton dan lampu LED di bawahnya, hasilnya seperti ini :
IMG_1802IMG_1806IMG_1813

 

 

Last pada prakteknya nanti, kita perlu menempatkan lampu LED di sela/dipinggir lubang papan speedometer di bawah bagian tengah speedometer lebih dari satu. Baiknya 4 buah lampu LED karena jarum speedometer akan berputar, dengan 4 buah LED cahaya di dalam bagian tengah jarum speedometer pun akan lebih maksimal, mengenai letaknya kurang lebih seperti ini.

jarum speedometer posisi led
Wah tinggal pasang nih..

copot jarum speedometer _

Iklan

4 pemikiran pada “Cara Membuat Sendiri Jarum Speedometer Indiglow atau Jarum Speedometer Bisa Menyala dengan barang bekas (Part 3).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s