Motor-motor klasik di Indonesia sebelum masa perjuangan Kemerdekaan RI 1945.

merdeka_004

 

Masih dalam suasana agustus-an ni Bro & Sis, gimana kalau kita melihat kembali motor-motor klasik yang ada di Indonesia sebelum masa perjuangan Kemerdekaan Indonesia tahun 1945. Mungkin kalau sesudah tahun 1945 tepatnya tahun 1950 sudah banyak motor-motor yang ada di Indonesia seperti BMW R25, R26, dan R27 yang bermesin satu silinder 249cc, BMW R51, R52 500cc keluaran 1952, atau motor Vespa, Lambretta dan motor-motor Jepang Seperti Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki yang masuk sekitar tahun 1960. Nah kira-kira motor apa saja yang ada di Indonesia sebelum tahun 1945 sedangkan motor berbahan bakar bensin pertama kali di dunia baru diciptakan pada tahun 1885?

1.J.C. Potter.

J.C. Potter ini bukan merk sebuah motor namun nama orang yang pertama kali yang membawa sebuah sepeda motor buatan Jerman tahun 1893 ke Indonesia. Motor tersebut dipesan langsung oleh J.C Potter dari pabriknya Hildebrand und Wolfmüller, Muenchen, Jerman dan menariknya, Reitwagen sepeda motor berbahan bakar bensin pertama di dunia yang lahir di Jerman pada 1885 oleh Gottlieb Daimler Reitwagen dan Wilhelm Maybach baru dijual secara umum ke Amerika tahun 1895. Kira-kira motor yang dibawa J.C. Potter pertama kali di Indonesia ini merk apa ya? mungkin sudah nasibnya jadi misteri.

motor CJ Potter from Kreta Setan-de duivelswagen book

 

Motor J.C Potter ini bermesin 1500cc twin-cylinder horizontal, 4 katup, berpendingin air, dengan menggunakan bahan bakar bensin yang mengeluarkan power 2,5HP @240rpm tanpa gearbox dan sistem kelistrikan. Sampai sekarang motor J.C Potter masih tersimpan di Museum Mpu Tantular Sidoarjo namun di deskripsi motor tersebut bermerk Daimler bermesin uap. J.C Potter yang bekerja sebagai Masinis ini juga orang yang membawa mobil bermerk Benz untuk pertama kali di Indonesia tahun 1814 untuk Sunan Solo.

 

 

 

2. De Dion Bouton Tricycle.

De Dion Bouton Tricycle yang beroda tiga made-in Perancis ini digunakan untuk menarik penumpang. De Dion Bouton Tricycle dibuat pertama kali oleh Jules-Albert de Dion tahun 1882 dan masuk di Indonesia sekitar tahun 1899 dengan mesin bertenaga listrik. Walaupun bertenaga listrik De Dion Bouton Tricycle mampu berlari dengan kecepatan 65Kmph. Motor ini juga termasuk nge-ternd dimasanya, De Dion Bouton Tricycle terjual sebanyak 15ribu unit dan tersebar di seluruh dunia.

de dion bouton tricycle 1882

 

 

3. Minerva.

Hampir sama dengan De Dion Bouton Tricycle motor Minerva juga digunakan untuk menarik penumpang yang terlihat di Indonesia pada tahun 1902.

1902 Sepeda motor Minerva milik J. Blackstone di Poerbolinggo Karesidenan Banjoemas. Istrinya duduk di belakang

Motor Minerva pertama kali dibuat oleh Sylvain de Jong seorang berdarah Belanda namun tinggal di Belgia. Minerva mulai dipasarkan tahun 1897 dengan mesin 211cc bertenaga 1.5hp @1500Rpm dan kecepatan maksimal 50 kmph. Mesin Minerva ini juga lumayan tenar dan digunakan untuk mesin motor merk lain diantaranya motor Triumph pertama kali dan Ariel Motorcycles.

 

 

 

4. Ariel Motorcycles.

Salah satu motor yang terlihat di Indonesia di tahun 1902 adalah motor Ariel. Ariel Motorcycles didirikan oleh James Starley dan William Hillman. Motor pertamanya juga beroda tiga dengan menggunakan mesin De Dion Bouton yang bermesin listrik bertenaga 2.25hp. Setelahnya di tahun 1918 Ariel Motorcycles juga menggunakan mesin merk lain seperti Minerva, Kerry Motorcycles yang bermesin 2 langkah 3 percepatan, dll. Kapasitas mesinnya pun bermacam mulai 500cc sampai lebih dari 900cc.

COLLECTIE TROPEN MUSEUM Portret van een groep Indo-Europese mannen en vrouwen met motorfietsen TMnr

 

Motor Ariel yang paling terkenal adalah  Ariel Red Hunter 350cc (1938) dan Ariel W/NG 350, Ariel W/NG 350 ini digunakan selama perang dunia kedua sebagai motor militer.

1948 Model VH 500cc Ariel Red Hunter

 

 

Memasuki tahun 1916 sampai tahun 1926 di Indonesia mulai banyak iklan di surat kabar yang menawarkan sepeda motor baru merk lain diantaranya :

4. Reading Standard.

Tidak banyak informasi mengenai motor Reading Standard Bro & Sis, kemungkinan motor Reading Standard ini adalah salah satu produk perusahaan dimana Charles Gustafson bekerja. Setelah keluar pada tahun 1909 Charles Gustafson bergabung dengan Indian Motorcycles. Di Indonesia sendiri motor Reading Standard pernah tercatat sebagai motor yang pernah menempuh antara Kota Jakarta dan Surabaya dengan catatan waktu tercepat 20 jam 45 detik.

Reading Standard motorcycle 1Reading Standard motorcycle 2

 

 

5. Indian.

Setelah Charles Gustafson bergabung dengan Indian tahun 1915 dia memperbaharui mesin 1000cc V-Twin motor Reading Standard dengan sistem side valves dan juga IOE (inlet over exhaust) valve. Dengan perubahan tersebut mesin ini mampu mengeluarkan power sebesar 16hp. Motor bermesin baru tersebut disebut Indian atau juga Indian Standard dan mesinnya disebut Indian Powerplus. Indian Standard dibuat oleh Hendee Manufacturing Company yang berasal dari Amerika.

indian motorcycle 4

 

 

6. Henderson.

Antara motor Henderson dan Excelsior sepertinya masih berhubungan Bro & Sis mirip dengan motor Reading Standard dan Indian Standard. Henderson sendiri adalah nama pemilik perusahaan Henderson Motorcycle yaitu William Henderson dan Tom Henderson yang berasal dari Michigan Amerika. Motor Henderson produk masal dikeluarkan pertama kali tahun 1912 dengan bermesin 4 langkah 4 silinder segaris 934cc dengan IOE, motor ini disebut Henderson Four yang dapat mengeluarkan power sebesar 7hp.

@morenoclaus2 Aug 12

Tahun 1917 perusahaan Henderson Motorcycle dijual kepada Ignaz Schwinn pemilik perusahaan Excelsior Motorcycle.

 

 

7. Excelsior.

Motor Excelsior ini tercatat sebagai motor yang dapat berlari cepat pertama kali sekitar 160Kmph, salah satunya disebut Excelsior Big X bermesin V-twin, IOE, 1000cc yang mempunyai 3 percepatan. Di Indonesia Excelsior tercatat mendapatkan waktu tercepat 20 jam 24 menit mengalahkan Reading Standard dengan jarak yang sama.

Excelsior motor

 

 

8. Harley Davidson.

Perusahaan Harley Davidson yang termasuk 3 perusahaan motor terbesar disamping Indian Standard dan Henderson yang pertama didirikan pada tahun 1903 oleh William S. Harley. Dalam perang dunia pertama lebih dari 1,5 juta motor Harley Davidson digunakan tentara Amerika sekitar tahun 1917.

hd

 

Di Indonesia motor Harley Davidson mengalahkan waktu tercepat yang diraih Excelsior dengan jarak yang sama.

 

 

9. King Dick.

Perusahaan Abingdon King Dick (ABD) atau sebelumnya bernama Abingdon Motorcycles pertama kali didirikan tahun 1903 yang berasal dari Inggris. ABD berkonsentrasi dalam pembuatan mesin diantaranya mesin empat langkah V-twin 794cc dan 350cc untuk mesin satu silinder. Mesin Abingdon sendiri banyak digunakan oleh motor pabrikan lain seperti Ariel dan Invicta.

king dick @CrDGMcMahon May 20

 

 

10. Brough Superior.

Brough Superior diciptakan oleh George Brough di Inggris tahun 1919, dia sendiri adalah seorang pembalap dan juga desainer yang ingin menciptakan motor-motor dengan kualitas dan performa tinggi. Tercatat ada dua model Brough Superior yaitu SS100 yang mampu mencapai topspeed lebih dari 160Kmph dan SS80 yang mampu berlari sekitar 130Kmph.

Brough superiorrr Brough superior de Brough superior e Brough Superior 2Brough Superior 33

 

 

11. Norton.

Perusahaan Norton Motorcycle berdiri tahun 1898 di Inggris dan pelaku utamanya adalah Stuart Garner. Model pertamanya di tahun 1907 adalah Big 4 bemesin 633cc dengan mengaplikasikan side valve, salah satu ciri dari Norton Big 4 adanya tambahan tempat duduk di samping motor. Model kedua adalah Norton 16H yang pertama kali keluar tahun 1911 bermesin 490cc. Norton 16H juga sering kali mengikuti lomba Isle of Man TT dan Hampir 100 juta unit 15H dan Big 4 digunakan oleh militer selama perang dunia kedua. Sedangkan motor-motor Norton lainnya yang terkenal lahir setelah tahun 1945 dan salah satunya Norton Commando.

NortonNorton norton comando

 

Nah itulah Motor-motor yang ada di Indonesia selama masa perjuangan Kemerdekaan RI sebelum tahun 1945 Bro & Sis. Namun kelihatannya yang memiliki motor-motor ini kebanyakan bukan penduduk pribumi Indonesia, kalaupun iya hanyalah petinggi atau orang yang berpengaruh pada masa itu. Ya gimana lagi pastinya orang pribumi Indonesia masih dalam keadaan terjajah, berbeda dengan jaman sekarang hampir semua orang di Indonesia bisa memiliki sepeda motor.

 

 

 

 

Image credits & referensi tulisan :

-http://­benyhalfina.blog.ugm.­ac.id/2012/05/31/­sejarah-sepeda-motor-­di-indonesia/
-https://en.wikipedia.org/wiki/De_Dion-Bouton_tricycle
-https://en.wikipedia.org/wiki/Minerva_%28automobile%29
-https://en.wikipedia.org/wiki/Ariel_Motorcycles
-https://en.wikipedia.org/wiki/Indian_Powerplus
-https://en.wikipedia.org/wiki/Henderson_Motorcycle
-https://en.wikipedia.org/wiki/Excelsior_Motor_Company
-https://en.wikipedia.org/wiki/Harley-Davidson
-https://en.wikipedia.org/wiki/Brough_Superior
-https://en.wikipedia.org/wiki/Norton_Motorcycle_Company
-http://m.kaskus.co.id/
-https://m.facebook.com/groups/75254189817464

Iklan

3 pemikiran pada “Motor-motor klasik di Indonesia sebelum masa perjuangan Kemerdekaan RI 1945.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s