Cara kerja kunci kontak magnet atau Magnetic Key Shutter di sepeda motor.

kunci bermagnet

 

Bro & Sis, mungkin Bro & Sis sudah mengenal tentang kunci kontak magnet atau Magnetic Key Shutter yang ada di rumah kunci kontak sepeda motor. Magnetic Key Shutter adalah pengaman tambahan berupa cover atau penutup rumah kunci kontak, cover ini hanya bisa dibuka oleh bagian kepala anak kunci yang berbentuk lingkaran dan terbuat dari plastik.

Jadi bagian lingkaran anak kunci ini harus dimasukan ke cylinder shutter untuk membuka cover kunci kontak :

Secure Key Shutter

 

Cylinder shutter ini berbentuk lingkaran sesuai dengan lingkaran anak kunci seperti ini :

cylinder shutter

 

Pertanyaannya apa mungkin cylinder shutter ini dibuka dengan sebuah alat lain yang mirip dengan anak kunci atau mungkin dengan obeng? Ternyata tidak bisa Bro & Sis, sesuai dengan namanya sistem Magnetic Key Shutter dilengkapi dengan 3 buah magnet kecil seukuran isi pensil. Untuk membuktikannya MB coba tempelkan sebuah paku di cylinder shutter, dan ternyata paku tersebut menempel di cylinder shutter yang membuktikan bila memang ada magnet di sekitar cylinder shutter :

magnetic key shooter

 

Fungsi 3 magnet ini akan menahan cover kunci kontak berputar, jadi ketika Magnetic Key Shutter ini masih belum berfungsi posisi magnet berada di bawah seperti ini (lihat tanda panah merah) :

cara kerja kunci magnet -

 

Dan ketika Magnetic Key Shutter ini berfungsi posisi 3 magnet berada di atas dan menahan cover rumah kunci terbuka seperti ini :

cara kerja kunci magnet 2

 

3 magnet ini akan kembali kebawah jika bertemu dengan 3 magnet yang ada di anak kunci, penyebabnya karena kutub magnet yang ada di cylinder shutter dan kutub magnet anak kunci adalah kutub yang sama, sehingga terjadi gaya tolak-menolak dan efeknya 3 magnet yang ada di cylinder shutter kembali tertekan ke bawah :

cara kerja kunci magnet 3cara kerja kunci magnet 4

 

Setelah 3 magnet di cylinder shutter ke bawah, cover kunci kontak akan bisa dibuka dengan cara memutar anak kunci searah jarum jam :

cara kerja kunci magnet 5

 

Nah itulah Bro & Sis cara kerja kunci kontak magnet atau Magnetic Key Shutter di sepeda motor, semoga berguna..

 

 

 

Image credit & referensi :

-http://www.hondacengkareng.com/mengenal-fungsi-secure-key-shutter-sks-pada-motor-honda/

Satu pemikiran pada “Cara kerja kunci kontak magnet atau Magnetic Key Shutter di sepeda motor.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.