Bingung pilih antara velg dengan ban yang ukurannya paling pas dan cocok?

ukuran ban pelek yang pas

 

Bingung memilih antara velg dengan ban yang ukurannya paling pas dan cocok Bro & Sis? memilih ukuran ban dan velg memang kadang bikin dilema, sebabnya karena ukuran ban dan velg yang terlihat enak dipandang ternyata belum tentu baik dari fungsi ban dan velg itu sendiri. Karenanya dalam memilih ukuran velg dan ban yang pas ini ada batas toleransi yang perlu diperhatikan.

Untuk mengetahui batas toleransi yang dianjurkan dalam memilih pasangan velg dan ban ini Bro & Sis bisa lihat data gambar di bawah ini :

ukuran velg dan ban yang cocok

Sumber : fdrtire.com

 

Dari data di atas ukuran velg yang paling sesuai adalah angka yang berwarna hijau, angka yang warna orange (jingga) artinya boleh digunakan namun ban terkesan agak kotak, dan warna kuning artinya boleh digunakan namun nantinya ban terkesan sedikit lonjong atau banyak orang bilang bentuknya sedikit ngedonat. Misalnya ada pertanyaan apakah sesuai ban ukuran 110/80 dipasang di velg ukuran 1.60? jawabannya tidak sesuai karena velg ukuran 1.60 hanya sesuai digunakan untuk ban ukuran 70/90.

ukuran ban belakang tipis

 

O iya, ada sebuah angka 14, 17, dan 18, di ukuran velg maupun ban, misalnya untuk ban ukuran 90/80 – 14,  90/80 – 17, 90/80 – 18, dan untuk ukuran velg misalnya 14 x 1.60, 17 x 1.60, 18 x 1.60. Angka 14, 17, dan 18 ini artinya jarak diameter ban yang menunjukan jenis motor yang menggunakan ban dan velg ini. angka 14 adalah untuk motor matic, 17 untuk motor bebek atau beberapa motor sport seperti Vixion, R15, CB(R)150R, New Mega Pro, Verza dll. Velg ukuran 18 adalah untuk motor sport yang biasanya motor sport keluaran lama seperti Scorpio, Tiger, Thunder dll.

ukuran pelek

 

Sedangkan khusus untuk ukuran ban angka sebelum angka 14, 17, dan 18 menunjukan lebar tapak ban dan pinggir ban. Misalnya ban ukuran 120/70 – 17 artinya besar tapak ban adalah 120, besar pinggir ban adalah 70, dan diameter ban adalah 17 Inchi, untuk lebih jelasnya bisa dilihat di gambar di bawah ini :

toleransi ban

 

Ada kasus misalnya apa boleh ban 120 dipasang di velg ukuran 2.50 dengan diameter 17?

Dari gambar tabel di atas untuk velg diameter 17 ukuran 2.50 hanya bisa dipasangkan ban ukuran 100/90, 100/80, dan 100/70, bisa disimpulkan ukuran yang paling besar adalah 100/90. kita jumlahkan dulu 100 + 90 = 190.

Untuk ukuran ban 120 bisa digunakan di velg 2.50, tapi tunggu dulu Bro & Sis.. kita lihat dulu berapa lebar pinggir bannya, jika ukuran bannya 120/70 boleh digunakan karena hasil dari penjumlahan 120 + 70 = 190, sama hasilnya dengan ban ukuran 100/90. Namun memasang ban ukuran 120/70 di velg 2.50 terkesan terlalu extrim karena lebar tapak ban terlalu melebar dari pinggir velg, ada baiknya Bro & Sis gunakan dengan ukuran yang lebih kecil misalnya 120/60 seperti yang ada di sini —>Pilih-pilih ban gambot buat ban belakang motor sport, mana yang paling keren?

Nah gimana Bro & Sis sudah rada jelas belum..?

Dari bahasan kali ini menimbulkan pertanyaan, berapa sebenarnya ukuran standar velg motor yang ada sekarang ini dan, apa akibatnya kalau menggunakan ukuran velg dan ban yang tidak sesuai? Nanti MB coba bahas di artikel selanjutnya di sini —> Ukuran velg standar motor Honda, Suzuki, Yamaha, dan Kawasaki.

Iklan

144 pemikiran pada “Bingung pilih antara velg dengan ban yang ukurannya paling pas dan cocok?

  1. Ping balik: Ukuran velg standar motor Honda, Suzuki, Yamaha, dan Kawasaki. | MOTORBLITZ

  2. Ping balik: Kenapa ukuran ban motor harus sesuai dengan ukuran velg? | MOTORBLITZ

  3. mau numpang nanya seputar ban nih,
    bisa nggak kalo misalnya saya memasang ban dgn ukuran ring 17 ke dalam velg dgn ukuran ring 18?
    mohon pencerahan nya mastah:-)

    Suka

  4. Ping balik: Review velg Axio, ban FDR Blaze, dan Zeneos ZN 62 kok gini ya.. | MOTORBLITZ

  5. Tanya bro…
    Pelek Depan 2.75 dipasangi ban 120/70-17 aman?
    Pelek Belakang 3.50 dipasangi 150/70 aman?

    Terima kasih atas pencerahannya.

    Suka

    • Supaya PNP velg variasi chemco/axio ukuran depan 1,85 belakang 2.15 juga oke koq, kalau yang lebih besar kemungkinan swingarm & shockbreaker depan harus diganti/dimodifikasi.

      Suka

  6. Gan nanya nih?
    Klo motor vixion lama velg depan ukuran 2.15 pake ban uk 80/80-17 terus blkng pake velg uk 2.50 ban uk 90/80 apakah bisa kena dibolehin sama polisi dan ga kena tilang?

    Suka

  7. gan nmpang tanya nih…. velg ring 18×4.00″ bagus n idealnya ban brapa y ? skrg sy pke bt45r 150/70 18….
    thanks b4….
    salam 1 aspal gan

    Suka

  8. gan nmpang tanya nih…. velg blakang ring 18×4.00″ bagus n idealnya ban brapa y ? skrg sy pke bt45r 150/70 18….
    thanks b4….
    salam 1 aspal gan

    Suka

  9. Ass..mr.mb_ane mau tanya velg palang ori yg cocok dipasang untuk honda abs revo {selain velg asli”a abs revo}.mohon info”a.trima kasih .

    Suka

  10. maaf numpang nanya kalau ukuran ban belakang tapak paling lebar yang cocok untuk R17 ukuran velg 2.5 itu berapa ukuran bannya? Tks

    Suka

  11. numpang nanya klo untuk motor pulsar 135 ls ban yang cocok ban merk apa ya? (ban bawaannya depan: 2.75/90-17 belakang 100/90-17) terima kasih….

    Suka

  12. Motor ane CBR 150 R Lokal (K45). Standar velg sih 3.50″ belakang 2.50″ depan.. Singkat cerita ban belakang abis duluan.. Mau beli tapi lumayan mahal gan IRC 130/70-17 hampir 500rb-an. Temen ane ada yang mau jual ban punya MX King-nya masih baru mereknya DUNLOP tapi ukuranya 120/70-17 (lebih kecil dari orinya CBR) Ane coba buka tabel velg ini ternyata 120/70-17 itu masih masuk di range RIM 2.75-3.50. PAs ane tahu itu bisa PnP ya ane langsung bayarin aje tuh ban. Alhasil CBR ane bannya gondrong lebih ramping 10 mm, efeknya jadi lebih enteng aja karena bobotnya berkurang.. Thanks for share^^

    Suka

  13. Numpang nanya, kalo ban belakang aslinya 80/90-17 diganti dengan 90/80-17 itu gimana gan?…motor saya jupiter z1…thanks sebelumnya.

    Suka

  14. Asalamu alaikum.. mu nanya bos.. ganti ban ukuran lbih gede depan blakang yg pas banya ukuran brpa ya, untuk cbr 150 facelit yg keleuaran tahun skrng 2016.. ban depan aslinya 100/80-17 & blakang 130/70-17
    Mohon balesanya bos..
    D tunggu..

    Suka

    • mentok naikin satu tingkat aja bro alias depan jadi 110/70 dan belakang 140/70 atau 140/60, karena sejatinya ukuran yg dikasih AHM buat motor CBR nya udah pas (ideal)

      Suka

  15. masbro, sejauh yg ane tau, pengertian dari ukuran ban dg jenis ukuran metric (bukan yg inch) misal 100/70, angka 100 adalah lebar tapak ban yaitu 100mm, kemudian yg 70 ialah 70% dari 100 tadi alias 70mm yg adalah angka utk tinggi dinding (sidewall) ban itu, bukan 100 + 70 = 170 gituu…
    sebelumnya mohon maaf kalo justru ane yg keliru

    Suka

  16. Om mau tanya klo utk vario 125 dgn velg R14 dpn 1.6inch dan blkg 1.85inch
    kira2 klo mau naik 1 step ukuran ban bisa nya ukuran brp aj yah utk dpn & blkg?
    Thx

    Suka

  17. gan mau tanya, kalo make 1.40 X 17″ | 2.25-17 di depan , kalo ban belakang mau pake 2.50 ukuran berapa ya untuk velg 18 nya , Safety gak ya ?

    Suka

  18. gan mau tanya klo buat metic honda, klo velg di ganti ring 16 ban’nya ukuran berapa iya biar gag mentok filter belakang

    Suka

  19. Brother. . Ane pke cbr 150 . Dngn velg blkang 3.50 nah ane mau kecilin ban nya bisa ga bro? Tolong dikasih saran !
    Sekiranya ukuran ban yg paling terkecil buat ukuran velg 3.50
    Thanks bro

    Suka

  20. Bantuannya om.. ane pake x-ride velk standar ori motor ukuran ban asli depan 70/90 belakang 100/70 rencana mau ganti depan 80/90 belakang 110/80 gimana aman n rekomend g?

    Suka

  21. Nah kalau velg racing dengan model seperti
    tampilan repsol honda di atas atau model velg
    racing tapak lebar motogp ada nggak ya buat
    matic honda…
    Sebenarnya nyari velg tapak lebar dengan posisi
    palang tepat di tengah pelek..
    Karena kebanyakan velg variasi untuk motor matik
    posisi palang ada di bibir pelek…

    Suka

  22. Gan mohon infonya, ane pakai xabre yg ukuran velg nya depan 2.75 belakang 3.5, nah standarnya itu ban depan 110/70 sedangkan ban belakang 130/70 IRC exato. Tadi ane ganti pakai michelin pilot street radial yg depan 120/70 belakang 140/70. Masih aman gak ya gan? Yg belakang sih ane liat cakep dan aman, kalau yg depan itu gak tau ya wkwkwk. Tadi salah ambil ukuran ban sih, maunya tetap 110/70 tapi diambilin 120/70 ya udah gak papa terpaut 25rb doang wkwkkw

    Suka

  23. gan mohon masukan nya dong, motor ane pake velg ring 17″. belakang 3,5″, depan 2,5″. awal nya pake ban belakang 130/70, depan 110/70. nah sekarang renacan ane mau ganti gan, dengan ban belakang pake yg agak kecil.. pengen nya belakang 110/70, depan 90/70 atau 80/80. kira – kira entar belakang pake ukuran segitu jadi kotak parah gak???? makasih banyak sebelum nya.

    Suka

  24. Gan, mau nanya, motor saya mau ganti ban luar, maunya lebih lebar dikit dari ori nya, nah kalo ban 80/90-14 dipake di velg 14 x 1.40, dan ban 90/90-14 dipake 14 x 1.60 bisa enggak gan ??
    motor saya yamaha mio 2005 (mio 5TL) yang masih spoke wheel (velg ruji)

    Suka

  25. Sorry gan mau nanya, saya pake motor vega zr mau turunin satu tingkat nih ban nya.
    Ban depan pake 70/80-17 dan belakang pake 70/90-17 kira kira safety gak ya ?

    Suka

  26. Bang m nanya nih.
    Saya mau ganti ban ninja 150 rr.
    Kalo ban standar diler blakan 110/80-17 dan depan 90/90-17.
    Yang blakan ban nya saya mau ganti dengan ukuran 100/80-17. Depan nya masi tetap 90/90-17. Apa bisa ..?

    Suka

  27. bro… mw nanya… ukuran ban yg sesuai untuk pelek 3.5 inch brapa y? pgn nya biar rada ceper (ngelebar) niat pgn 150/60… ngedonat kaga?

    Suka

  28. Mas,… saya mau ganti velg beat FI dengan velg ring 14 rencana lebarnya 250 tuk ban belakang kalaw rencana mau buat ban besar ukurannya berapa ya mass,… ???

    Suka

  29. gan mau nanyak nih…
    kalau old vixion tahun 2011 akhir velg n ukuran ban depan belakang yang cocok berapa yah jika diubah dari ukuran standar pabrik?? .. kalau standar kan depan 90/70-17 sedangkan belakang 100/70-17. soalnya saya beru beli ban belakang dengan ukuran 130/70-17 namun masih pake velg standar. mohon pencerahannya. terimakasih.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.