Kenapa ukuran ban motor harus sesuai dengan ukuran velg?

Mio Soul

 

Untuk menambah tampang motor biar tampil beda banyak pemilik sepeda motor yang mengganti ban motornya, namun dengan alasan tertentu biasanya banyak orang yang tetap menggunakan velg standar. Dalam mengganti ban dengan masih menggunakan velg standar supaya tampang motor lebih oke sekarang ini sepertinya ada dua pilihan, mengganti ukuran ban paling besar yang bisa masuk di velg standar ala Moge dan mengganti ukuran ban paling kecil yang bisa masuk di velg standar ala ThaiLook. Lalu apa bisa velg standar dipasang ban ukuran yang paling kecil atau paling besar? Apa efeknya jika ukuran ban motor harus tidak sesuai dengan ukuran velg?

Sebagai contoh untuk motor yang telah diganti dengan ukuran ban paling besar yang bisa masuk di velg standar seperti ini :

ban depan terlalu besar (2) ban kebesaran

 

Motor ini adalah motor sport dengan lebar rim untuk velg depan ukuran 1,85 ban (FDR Blaze) ukuran 110/70 dan belakang 2.15 ban 130/70. Dari tampilannya sepertinya memang pas namun jika dilihat dari depan/belakang terlihat sedikit oval.

 

ban belakang terlalu besar ban depan terlalu besar

 

Efeknya karena sedikit oval ini ketika motor meluncur di trek lurus terasa kurang stabil sedikit selip karena grip atau cengraman bagian tengah ban sedikit :

toleransi ban LONJONG

 

Namun ketika cornering atau melibas tikungan masih cukup stabil karena grip ban bagian pinggir masih cukup lebar :

toleransi ban LONJONG 2

 

 

Contoh yang kedua untuk motor yang telah diganti dengan ukuran ban paling kecil yang bisa masuk di velg standar seperti ini :

motor ban tipis velg ori

 

Motor ini adalah motor sport dengan lebar rim untuk velg depan ukuran 2,50 ban ukuran 70/80 dan belakang 3.50 dengan ban 90/80. Dari tampilannya sepertinya memang keren namun terkesan kotak.

ukuran ban depanukuran ban belakang tipis

 

Efeknya karena ban kotak ini ketika motor meluncur di trek lurus terasa lebih stabil karena grip atau cengraman bagian tengah ban lebih besar :

toleransi ban KOTAK

 

Namun ban kotak ini tidak cocok untuk cornering atau melibas tikungan, kalau dipaksakan bisa saja terjatuh karena grip ban di bagian pinggir lebih sedikit :

toleransi ban KOTAK 2

 

 

Karenanya jika Bro & Sis ingin mengganti ban motor lebih baik gunakan ukuran ban yang sesuai dengan ukuran velg agar sewaktu motor meluncur lurus maupun berbelok tetap stabil :

toleransi ban 3 toleransi ban 2

 

O iya, untuk ukuran velg motor yang sesuai dengan ban ini Bro & Sis bisa lihat tulisan sebelumnya di sini —>Cara memilih antara velg dengan ban yang ukurannya paling pas dan cocok.

Untuk ukuran velg standar motor Bro & sis juga bisa lihat di sini —->Ukuran velg standar motor Honda, Suzuki, Yamaha, dan Kawasaki.

 

Last dari semua yang telah dibahas di atas pilihan semuanya ada di tangan Bro & Sis dan memang, antara penampilan ban yang terlihat bagus dipasang di velg motor ini berbanding terbalik dengan fungsi ban itu sendiri. Tapi jujur kalau disuruh milih antara penampilan dan fungsi MB sendiri lebih memilih penampilannya, kalaupun ban kotak tinggal tambah anginnya biar ban jadi sedikit bulat. Atau jika ban oval/lonjong kurangi anginnya biar tapak ban bagian tengah lebih nge-grip di track lurus..mrgreen

 

 

 

Sumber gambar :

-kaskus.co.id

-m.facebook.com/groups/411781358929926

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s