Share, membuat cover engine/undercowl motor dengan pipa paralon/PVC

bikepics-1240894-full

Kalau ditilik-tilik diperhatikan dari samping kekurangan tampilan motor jenis nakedbike seperti scorpio ini adalah tidak adanya cover mesin/undercowl sehingga terlihat kopong dibawah, sayangnya untuk mencari cover mesin scorpio di toko variasi motor gak gampang. Pengalaman TP setelah mondar-mandir mencari cover mesin kebanyakan untuk vixion/tiger & kalau dipaksa dipasang di scorpio seperti kelihatan wagu.

Kalo kaya gini ni pasti kepikiran terus & akhirnya TP mencari jalan lain gimana kalau bikin sendiri?? hmm… Searching di internet cara2 membuat fiberglass sepertinya patut dicoba. Sayang mencari bahan2nya tidak mudah harus beli di toko kimia & harganya jg termasuk mahal, akhirnya jadi males deh.. biggrin

Walaupun gitu keinginan membuat cover mesin selalu muncul, daripada bingung mikirin motor sport baru yg belum tentu cocok & belum tau kapan munculnya mending kita bikin cover mesin brosis.. :mrgreen:

Untuk bahan cover mesin yg kita buat adalah dengan pipa pvc atau disebut juga pipa paralon, alasannya karena bakan pvc lebih fleksibel, mudah dibentuk dan tahan korosi. pilih pipa paralon yg paling besar(ukuran 4inchi) dan juga yg paling tipis agar mudah dipotong2, selain itu harga pipa paralon termasuk murah, pengalaman beli pipa paralon ukuran 4inchi tipis sekitar 1,5 meter cuma 15rb.

pipa-pvc-2

Awal2nya TP iseng bikin pola dulu dari kertas bekas kalender. kertas kalender diletakan dipinggir mesin sambil ditekan-tekan sampai terlihat bentuk pinggir mesin dikertas dan tandai dengan pensil, istilahnya sih dijiplak.  Setelah dijiplak kita potong pola tersebut dengan gunting, coba pasang di mesin sehingga kita bisa membayangkan cover mesin yang nantinya kita buat, kalau perlu tandai dengan pensil.

20131111_183900b

Setelah yakin nantinya kita buat pola seperti ini:

20131201_114436

buat juga pola untuk bagian yang sebelah kanan dengan cara yang hampir sama:

20131201_114410

Perlu diperhatikan desain juga haruslah tidak mengganggu dalam perawatan mesin, misalnya buat desain cover mesin yang bagian bawahnya terbuka agar tidak mengganggu atau tidak perlu membuka cover mesin ketika mengganti oli.  selain itu buat juga buat lubang (segitiga) agar kaca penunjuk oli bisa terlihat seperti gambar pola diatas.  Setelah pola jadi, luruskan pipa dengan cara dipanaskan dengan api. lalu pipa digunting sesuai dengan pola seperti ini:

20131201_114548

Buat juga untuk bagian sebelah kiri, sambungkan sekalian dengan bagian bawah dengan baut atau dengan cara pengeleman yang baik. Bagian bawah jangan terlalu besar agar tidak mengganggu dalam penggantian oli.

20131201_114608

Lapisi bagian dalam cover dengan sisa pipa agar lebih kuat, setelah itu sambungkan bagian kanan dan kiri dengan lem. namun sebelumnya buat dudukan untuk rangka bagian bawah, bengkokan dudukan rangka dengan api lilin hingga bentuknya seperti ini:

20131201_114932

Buat juga dudukan rangka atas:

20131128_192516

Namun karena pertimbangan desain dudukan atas dirubah dan dibuat langsung seperti ini:

20131201_203149

20131201_203242

Tapi karena perubahan ini ternyata agak ribet ngepas-pasinnya harus bongkar pasang beberapa kali karena rangka atas sisi kanan dan kiri berbeda jaraknya, mungkin agar lebih mudah dudukan atas langsung dibuat mirip seperti dudukan bawah dan ujung dudukan itu kita lubangi untuk baut agar pemasangan dirangka menjadi lebih kencang.

Setelah dudukan dibuat kita buat desain bagian depan bawah, desain depan dibuat cekung atau seperti scoop agar dapat mengais angin dari depan menuju bagian mesin mirip2 cover mesin fxr:

fxrcover

Caranya membuat scoop kita bikin plat cekung yg nanti kita pasangkan di depan seperti ini:

e cover

didepan scoop tadi kita buat bagian yang paling depan seperti ini:

e cover2

tempelkan didepan dengan lem fox seperti yg telah dibahas disini.

Setelah dudukan dan desain sesuai tinggal di ampelas dan jika ada bagian yang kurang rapih bisa kita dempul dengan dempul isamu.

isamu

Lapisi bagian dalam cover mesin dengan dempul terutama bagian sambungan, setelah kering lapisi semua bagian dalam dengan lembaran plastik agar sambungan lem lebih tahan air. Terakhir bisa kita cat bagian luar maupun dalam, tapi kalau TP pribadi bagian luarnya dilapisi skotlet supaya sewarna dengan body motor. setelah dipasang di motor hasilnya seperti ini, penampakan bagian kanan depan:

20131225_160935V

Penampakan kiri depan:

20131225_160913B

penampakan dari kanan:

20131225_160839

Gimana gan?? :roll:

~

~

~

~

note:

beberapa gambar diambil dari bikepics.com & pipaku.com

Iklan

38 pemikiran pada “Share, membuat cover engine/undercowl motor dengan pipa paralon/PVC

  1. Ping balik: Motor roda tiga (tricity) apa bagusnya sih? | THEPIOZ

    • ane belum nyobain bro.. Ga punya motornya nih.. Perasaan honda blade kan udah ada engin covernya, nyatu sama sayapnya sampe kebawah mesin kan..

      Suka

  2. Ping balik: Beli dan ganti aki sendiri? | MOTORBLITZ

  3. kalo untuk pulsar 135, bisa ga ya gan?
    terus itu dudukan untuk ke body motor, dilubanginkah atau bagaimana?
    jadi pengen nyoba, tertarik ni…

    Suka

    • Coba aj dulu sob bikin desainnya sesuai dengan motornya, buat pulsar 135 dudukan bagian bawah bisa dikaitkan di baut footstep kiri & kanan, dudukan atas pake paralon kecil aj trus pasang horizontal di depan rangka tengah, nah kedua ujungnya itu fungsinya buat dudukan kedua sisi kanan & kiri undercowl.

      Suka

  4. itu kan posisi cover engin deket ama mesin bahkan sama leher knalpot tuh
    kalo kena panasnya bisa ngerusak bentuk engga ya?

    Suka

  5. Ping balik: Bikin sendiri bracket atau dudukan spakbor depan variasi Ninja dengan PVC. | MOTORBLITZ

  6. Ping balik: Cara membuat Armadillo Bottom Fender dari barang bekas. | MOTORBLITZ

  7. Om kl nekuk pralonnya sambil dpanasin jg gak?? Ane mo nerapin jg nih di 200NS ane… Soalnya tukang body kampret mahalnya minta ampun..
    Eh iya thanks inspirasinya…

    Suka

  8. Nice idea thank you mimin akhir nya dpt jg tips dri mimin, ane jg mau buat airscoop/cover bawah buat satria Fu dri bahan yg sama abis nya kalo beli jg lumayan mahal bahkan jarang ada lg yg nyetok barang raider 150

    Suka

  9. wah, keren gan, baru tau kalo bisa juga bikin dari pipa paralon 😀
    kalo beratnya gimana gan? lebih enteng ga dari fiber glass?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s