Flashback, sekilas tentang yamaha scorpio.

Diakui atau tidak sebenarnya yamaha scorpio memberi warna tersendiri dalam dunia otomotif. Dengan kelebihan di mesinnya yamaha scorpio mampu menjawab kerinduan para biker dengan motor bermesin 2 tak yang tentunya dengan harga terjangkau. yup, harga masbro.. dari segi harga scorpio jg seperti dipatok tidak jauh dengan rivalnya yaitu honda tiger yang kemungkinan diciptakan untuk menghambat dominasi yamaha rx-king pada waktu itu, namun karena regulasi euro2 Yamaha memutuskan untuk menghentikan memproduksi rx-king dan menggantikannya dngn yamaha scorpio.

RTEmagicP_Yamaha-RX-King-View

 

Sayang ternyata scorpio tidak bisa menggantikan yamaha rx-king, mungkin penyebabnya karena faktor harga juga, mesin scorpio yg terkenal bandel tentu dalam pembuatannnya memerlukan biaya yg tidak sedikit dan ini mempengaruhi promosi dan mutu part2 lain selain mesin seperti di sistem monoshock dan yg paling mencolok adalah velg yang masih berdiameter 18 juga jenis ban yg membuat penampilan scorpio kurang uptodate. hal ini diperparah dengan penurunan power mesin di new scorpio dari 19 PS menjadi 18,2 PS, konsumen seperti serbasalah untuk membeli new scorpio z. Jujur saya sendiri sebelum membeli scorpio sudah wanti2 menyisihkan dana untuk menganti monoshock scorpio, dan saya dalam membeli sebuah motor hal yang menjadi pertimbangan adalah kualitas mesin, kalau soal desain yg namanya manusia pasti ada rasa bosan, walaupun desain standar sudah bagus pasti ada rasa ingin dimodif. karenanya konsumen kurang bisa menerima scorpio. Dari desain new scorpio z hanya bisa disandingkan dengan honda tiger, dilihat dari posisi lampu depan scorpio dan honda tiger hampir sama.

head lamp

Dari desain lampu belakang pun hampir sama. tidak aneh memang keduanya sama2 berjenis motor touring, scorpio terkesan hanya mengimbangi desain honda tiger yg semakin berkurang peminatnya dan otomatis scorpio jg sedikit peminatnya.

brake lamp2

Mungkin inilah kesalahan desain scorpio, sebenarnya tidaklah suatu hal yg tabu jika desain yamaha scorpio sbg motor touring lebih sporty, dengan buntut yg lebih nungging & posisi lampu utama yg lebih rendah seperti yamaha byson atau bajaj pulsar yg terlihat lebih fresh.

Konsumen di indonesia memang unik. Jadi ingat kejadian dikasir sebuah minimarket, adik saya cwe yg masih smp dipanggil “mba” oleh pelayan minimarket, stlh diparkiran dia ngomel2 katanya ga mau beli2 lg diminimarket tsb. Mungkin pelayannya memanggil “mba” adalah panggilan yg bermaksud untuk menghormati konsumen, namun untuk adik saya panggilan “mba” hanya untuk wanita umur diatas 24thn sehingga dia merasa sudah tua.. :)

honda-gambar

Dari kejadian tsb produsen motor harus jeli jika motor2nya ingin diterima masyarakat, produsen motor hrs bisa melihat dr sekian banyaknya motif konsumen yg membeli motor, dan sebenarnya tidak ada motor untuk kalangan tertentu, motor khusus untuk bapak2, anak muda, laki2 atau perempuan. Mungkin kita ingat iklan yamaha mio di tv yg dibuat khusus untuk wanita, namun sekarang hampir semua org dr ABG sampai kakek jg pake metic. hal yg hampir sama terjadi dengan pengendara vespa sekarang ataupun fenomena tentang suzuki inazuma. hal ini terjadi karena siapapun tidak akan mau jika mengendarai sebuah sepeda motor disebut bapak2 atau ibu2, semua pasti ingin terlihat lebih muda jika mereka mengendarai sebuah sepeda motor. Opini publik tentang sebuah motor akan terbentuk dengan sendirinya dan trend akan terbentuk dr opini2 mereka. :roll:

Trus gimana dengan pio sob..? o iya bro sorry kelupaan… :mrgreen:
Intinya sih yamaha yg imej-nya di indonesia terkenal sebagai produsen motor yg kentjang dan pio sebagai motor yg (sempat) menjadi flagship dengan cc yg terbesar harusnya desainnya lebih bagus, racy, lebih fresh dari adik2nya.  kalau saya pribadi yg sering ketemu tanjakan (seperti tanjakan gronggong di kuningan cirebon, cadas pangeran sumedang, nyalindung yg tanjakannya kurang lebih 6Odrajat) cuma pingin motor yg powerfull buat nanjak, namun ga jadul2 jg dlm desainnya trus ga terlalu mahal2 jg, sekitar 28 jt mah masih ok lah.. kalau lebih mikir2 lagi, kadang ngeri juga kl bawa motor seharga 50jt keluar kota coz pelaku kriminal nekat ngerampas motor pake beceng.. serem.. :(

Kalo soal desain motor yg kaya gini jg ane demen…:) :

1276714970408_df

fazer250n

~

~

~

Iklan

2 pemikiran pada “Flashback, sekilas tentang yamaha scorpio.

  1. Ping balik: Ninja 250 satu silinder ban-nya kok.. | THEPIOZ

  2. Ping balik: Galau, Yamaha scorpio batal discontinue ada apa lagi ni..? | THEPIOZ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s