Isi rekaman Black Box QZ8501, tidak ada suara pekikan “Allahu Akbar” dan suara ledakan?

black box airasia qz8501

 

Pada hari senin tanggal 19 januari 2015 kemarin Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah meneliti dan mendengarkan suara rekaman Blackbox pesawat AirAsia QZ8501. Tim KNKT yang terdiri dari 10 penyelidik telah mendengarkan seluruh isi rekaman walaupun transkrip baru dibuat setengahnya.

Menurut Andreas Hananto, penyelidik KNKT Senin 19 Januari 2015 mengatakan “Tim KNKT sejauh ini tidak menemukan bukti adanya aksi terorisme dalam kecelakaan pesawat AirAsia, pada situasi kritis, rekaman mengindikasikan bahwa pilot sibuk mengendalikan pesawat,”

Selain itu Nurcahyo Utomo sebagai salah satu anggota tim penyelidik KNKT mengatakan bahwa mereka tidak mendengar suara tembakan atau ledakan dan tidak mendengar suara seseorang yang lain selain dari pilot. karenanya tim KNKT menyimpulkan bahwa sampai sekarang ini belum menemukan bukti adanya aksi terorisme.

KNKT juga menegaskan bahwa kabar pilot AirAsia memekikan suara “Allahu Akbar” hanyalah kabar bohong belaka, ujar Marjono pada hari Jumat 16 Januari 2015. Tambah Marjono data itu bersifat rahasia dan jika sampai bocor dan disiarkan dapat berujung pada masalah hukum karena melanggar Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan.

Ertata Lananggalih sebagai Investigator KNKT pun menambahkan, dia akan menjadi orang pertama yang mendapat sanksi hukum kalau sampai rekaman Blackbox AirAsia bocor ke publik, karena memang Ertata-lah yang pertama kali mendapat tugas sebagai pendengar rekaman dari CVR Blackbox itu. Ertata mengkonfirmasi bahwa rekaman tersebut masih tersimpan di laboratorium KNKT.

 

Artikel terkait : Sekilas tentang jatuhnya pesawat AirAsia QZ8501.

 

 

Sumber gambar dan referensi tulisan :

-http://www.dream.co.id/news/rekaman-kotak-hitam-qz8501-cuma-suara-pilot-tak-ada-ledakan-1501196.html

Iklan

Satu pemikiran pada “Isi rekaman Black Box QZ8501, tidak ada suara pekikan “Allahu Akbar” dan suara ledakan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s