Oli motor berkurang, bocor knalpot ngebul apa penyebabnya?

Sebagai pengendara sepeda motor Bro & Sis mungkin pernah merasakan performa mesin motor yang Bro & Sis tunggangi berbeda dari biasanya. Kadang mesin terasa kasar dan tarikannya pun terasa berat, atau mungkin kebalikannya tarikan terasa lebih ringan dari biasanya, bisa jadi kejadian tersebut penyebabnya karena oli menyusut atau berkurang. Berkurangnya oli ini tidak terasa aneh jika terlihat oli merembes, bahkan menetes keluar dari sela mesin akibat paking & seal karet yang sudah getas akibat umur dan panasnya mesin. Namun akan terasa aneh jika tidak terlihat kebocoran apalagi motor dalam kondisi baru oli tetap menyusut, kira-kira apa ada kemungkinan lain yang menyebabkan oli berkurang atau menyusut?

Yang pertama penyebab oli berkurang atau menyusut ini karena oli menguap akibat panas mesin yang berlebihan. Fungsi oli selain untuk melumasi mesin juga berfungsi untuk mendinginkan mesin, sayangnya karena di jalanraya motor sering macet-macetan atau kondisi sistem pendingin motor seperti oil cooler atau radiator tidak dalam kondisi baik otomatis oli di mesin pun akan lebih panas dan lebih cepat menguap.

cbr150r radiator

 

Penyebab kedua karena ada kesalahan sewaktu mengisi dan mengeluarkan oli dari mesin. Maksudnya jika Bro & Sis perhatikan mengenai kapasitas oli mesin dalam setiap spesifikasi sebuah motor ada kapasitas total dan kapasitas penggantian berkala.

spesifikasi Yamaha Jupiter z1 fi

 

Seperti yang terlihat di spesifikasi gambar di atas terutama di bagian mesin baris ke 10, ada keterangan mengenai kapasitas oli mesin dengan pengisian oli secara total 1 liter dan pengisian oli berkala 0,8 liter (800ml). Dengan kata lain ketika mengganti oli secara berkala sebenarnya masih ada sisa oli yang tertinggal di mesin sekitar 200ml. Namun ketika dalam proses mengganti oli bisa saja oli yang tertinggal di mesin kurang dari 200ml, penyebabnya misalnya karena ketika dalam mengganti oli mesin disemprot dengan kompresor, membiarkan oli menetes terlalu lama melalui lubang pembuangan oli, atau sengaja dikuras dengan memiringkan posisi motor. Sayangnya lagi mesin yang telah terkuras tadi diisi oli sebesar 800ml yang seharusnya 1 liter, akibatnya mesin terasa lebih kasar dan part dalam mesin menjadi cepat aus karena kekurangan oli. Oleh karena itu baiknya gunakan alat pengukur ketinggian oli yang ada di setiap motor yang biasanya ada di tutup oli seperti ini :

 

Yang pertama dilakukan dalam memeriksa ketinggian oli ini pastinya harus membuka tutup oli atau dipstik, caranya lapisi tutup oli dengan lap lalu putar dengan tang berlawanan dengan arah jarum jam. Nah nanti terlihat seperti ini :

 

Bersihkan dipstik atau batang tutup oli dengan lap, setelah bersih masuk dipstik (dipstick) tanpa di putar.

 

Setelah itu cabut kembali untuk melihat posisi oli :

cek ketinggian oli

 

Di sana di dasar dipstik ada sebuah garis yaitu garis Low dan di atasnya adalah garis High dan terlihat posisi oli ada di garis high, bisa disimpulkan isi oli di mesin sudah ideal tidak kurang dan tidak lebih. Selain dengan dipstik mengukur atau melihat ketinggian oli juga bisa berbentuk kaca seperti ini :

cek ketinggian oli (2)

 

Namun fungsinya tetap sama karena pengukur ketinggian oliknalpot  dengan kaca ini terdapat 2 garis low & high mirip dengan dipstik tadi. Kira-kira apa akibatnya kalau mesin diisi dengan oli yang lebih banyak? Tentu putaran mesin akan menjadi lebih berat sehingga performa mesin menurun, selain itu oli akan naik dan menempel di saringan udara yang menyebabkan oli akan ikut terbakar di ruang pembakaran sehingga mengakibatkan ngebul atau berasap dan bisa jadi mesin akan tersendat bahkan mati karena pasokan udara berkurang akibat saringan udara tertutup oli. Oiya, besarnya volume oli dalam penggantian berkala bisa dilihat di sekitar mesin atau bagian atas tutup oli atau dipstik.

isi oli berkala

 

Semoga berguna..

Iklan

2 pemikiran pada “Oli motor berkurang, bocor knalpot ngebul apa penyebabnya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s