Inikah versi luar oli Yamalube Supersport ?

 

Oli Yamalube Super Sport

 

Sebagai dukungan atas kelahiran 2 motor sport baru Yamaha R25 dan Yamaha R15, Yamaha mengeluarkan oli Yamalube Supersport full synthetic 10w-40 dengan harga 70 ribu untuk kemasan 1 liter dengan batas maksimal jarak tempuh hingga 5000 KM. Sepertinya menarik, namun ada hal yang lebih menarik ternyata Yamalube Supersport ini sudah memenuhi JASO MA2 yaitu sebuah standar oli tertinggi di Jepang. Sayangnya.. Seperti yang pernah ditulis disini di pasaran luar negeri MB hanya menemukan oli Yamalube full synthetic with ester, belum pernah MB menemukan oli Yamalube full synthetic tanpa bahan dasar ester seperti dalam situs Yamaha Canada (cek referensi) :

yamalube cayamalube ca_

 

Walaupun dalam kekentalan yang berbeda-beda namun bisa disimpulkan setidaknya ada 3 jenis oli Yamalube, yaitu yang berbahan mineral, semi synthetic, dan full synthetic with ester. Dalam gambar diatas ada dua jenis oli full synthetic dengan kemasan botol berwarna emas. namun keduanya hanya berbeda kekentalannya saja yaitu 15w-50 dan 15w-30, seperti yang ditunjukan dengan tanda panah hijau di gambar atas keduanya berbahan dasar sama yaitu ester.

 

Tapi tunggu, coba kita lirik situs Yamaha Eropa tepatnya di UK :

yamalube eu uk

 

Dalam gambar diatas untuk motor 4 tak ada 2 jenis oli full synthetic yaitu Yamalube 4-FS dan Yamalube 4-R dengan ester.

yamalube 4-R eu ukyamalube 4-fs eu uk

 

 

Sekarang coba lirik situs Yamaha AU :

yshop yamaha-motor com_au yamalube 4-R yshop yamaha-motor com_au yamalube 4-FS yshop yamaha-motor com_au

 

Bila kita melihat gambar terakhir di atas ada sebuah keterangan bahwa bentuk botol kemasan tidak mengikat & untuk membeli produk ini harus menghubungi Dealer Yamaha di tempat masing-masing negara, dengan kata lain Yamalube 4-FS ini kemasannya berbeda-beda.

Melihat spesifikasinya yang paling menarik Yamalube Supersport ini memenuhi standar JASO MA2 yaitu sebuah standar oli tertinggi di Jepang:

JASO

Standar JASO MA2 ini dikhususkan untuk motor – motor bermesin modern dengan RPM tinggi dan catalytic converter di sistem pumbuangannya. Jadi jika Bro & Sis menggunakan motor Yamaha, Yamalube super sport ini sesuai dengan mesin Yamaha R25, Yamaha R15, Vixion, dan Jupiter MX.

Selain spesifikasi dilihat dari segi harga Yamalube Supersport sekitar 70 ribu pastinya akan bersaing dengan oli full synthetic lain seperti Repsol sintetico & Motul 3100 gold. Sayangnya Yamalube Supersport untuk viskonitas(kekentalan) hanya tersedia 10w-40, IMHO iklim tropis di Indonesia yang cenderung panas dan jalanan yang sering macet memerlukan oli yang lebih kental seperti oli berviskonitas 15w-50 karena lebih bisa meredam panas.

Bagusnya sih tersedia juga Yamalube Supersport 15w-50 atau mungkin Yamalube Supersport with Ester. Pemilik moge di Indonesia termasuk loyal terhadap performa mesin, banyak juga pemilik motor sadar dengan memakai oli yang bagus mesin motornya lebih awet. Bukannya Yamalube Supersport ini jelek, namun bila ada yang lebih mendekati sempurna kenapa tidak. Di pasaran Indonesia Oli berbahan dasar ester juga masih jarang, yang paling menonjol mungkin hanya Shell Ultra dan Motul 5100 Ester yang harganya semakin naik. Tanpa memandang merk oli berbahan ester dengan kisaran harga 100 ribu adalah ceruk kosong yang mungkin banyak dicari konsumen.

 

 

 

 

 

Referensi tulisan dan gambar :

-https://www.yamaha-motor.ca/pna/section.php?sectionId=YL

-http://yshop.yamaha-motor.com.au/products/yamalube/motorcycle-oil?pager=all

-www.yamaha-motor.eu/uk/services/index.aspx

-http://www.whitedogbikes.com/whitedogblog/choosing-the-right-motorbike-oil-what-does-jaso-and-jaso-ma2-mean/

-http://www.bobistheoilguy.com/forums/ubbthreads.php/topics/3272940/Curious_Why_Motul_&_Redlin

 

Iklan

Satu pemikiran pada “Inikah versi luar oli Yamalube Supersport ?

  1. Ping balik: Motul rilis oli terbaru Motul 3000 Plus 4T, inikah tandingan Yamalube Super Sport? | MOTORBLITZ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s