Beberapa oli yamalube yang cocok digunakan di indonesia namun tidak dipasarkan di indonesia.

Bagi rider motor yamaha pasti kenal dong sama yamalube, ada yang bilang kalau motornya yamaha ya yamalube olinya.. 🙂

Mungkin brosis udah tau untuk jenis2 oli yamalube di indonesia ini ada 6 jenis,yaitu yamalube gold, SE, sport, metic, power metic dan yamalube silver, untuk viskonitas(kekentalan) oli ini jenisnya sama yaitu 10w-40.

Gambar

Tentang viskonitas ini semua merk oli sifatnya bertolak belakang dengan sifat cairan biasa. Biasanya cairan akan mengental bahkan membeku jika suhu semakin dingin & semakin mencair dalam suhu panas, hal ini berbanding terbalik dengan sifat oli yang akan mengental dalam suhu panas dan semakin mencair dalam suhu dingin tergantung nilai viksonitasnya. Jadi misalnya oli berviskonitas 10w-40 sifat viskonitasnya akan berubah nilai sampai 10(cair) dalam suhu dingin & dalam suhu panas akan berubah nilainya sampai 40.

Oli berviskonitas 10w-40 ini sebenarnya cukup baik digunakan di indonesia yang beriklim tropis, akan tetapi dalam kondisi yang ekstrim & motor yang sudah berumur butuh oli berviskonitas lebih misalnya oli 10w-50 atau15w-50. Ada ga sih oli yamalube yang lebih baik dan cocok untuk iklim diindonesia? Pasti ada dong brosis, ni contohnya cokidot:

1. Yamalube 20W-50 Semi-Synthetic for Cruisers (JASO MA), ditujukan untuk motor dengan power & torsi besar untuk mesin v-twin.

Gambar

 

2. Yamalube 10W-50 Semi-Synthetic for Sport (JASO MA), oli ini didesain untuk semua motor sport offroad atau pun onroad.

Gambar

 

3. Yamalube 10W-40 All Purpose Performance (JASO MA) & 20W-50 All Purpose Performance (JASO MA), oli ini juga bisa digunakan untuk  semua jenis motor, termasuk ATV & scooter.

Gambar

Gambar

 

4. Yamalube 15W-50 Full Synthetic with Ester. Oli ini digunakan untuk semua motor sport offroad ataaupun onroad, oli full sintesis yg menggunakan basis bahan ester atau poly-ester (bukan bahan baju polyester) yang dipercaya paling baik & paling sedikit bereaksi bila dicampur dengan aditif lain.

Gambar

 

Nah.. Sekarang ini kan semakin banyak motor CBU yang ber-cc lumayan besar termasuk yamaha yang sepertinya akan segera mengimpor Yamaha WR250R, MT-7 & MT-9 ke indonesia, pastinya motor2 ini memerlukan oli yg lebih bagus. Harapan TP sih semoga aja oli2 ini bisa masuk ke indonesia & tersedia di dealer2 Yamaha, apalagi Yamalube 15W-50 Full Synthetic with Ester. Setidaknya shell ultra & motul ester tidak bermain sendirian & dikota2 kecil semakin sulit ditemukan, sukur2 penyalurannya bagus & harga lebih murah.. o iya tentang harga TP cek di ebay untuk Yamalube 20W-50 Semi-Synthetic for cruiser harganya sekitar $10 (Rp120ribu) & Yamalube 15W-50 Full Synthetic with Ester harganya sekitar $14(Rp158ribu), mahal juga ya.. :roll:

Gambar

 

`

`

`

Referensi & gambar:

-yamaha-motor.com/yamalube/categories/engine-oils/0/all-engine-oils-products/

-id.wikipedia.org/wiki/Oli_mesin

-ebay.com

4 pemikiran pada “Beberapa oli yamalube yang cocok digunakan di indonesia namun tidak dipasarkan di indonesia.

  1. Ping balik: Inikah versi luar oli Yamalube Supersport ? | MOTORBLITZ

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.