Musim hujan, hati-hati bagian tangki dan swing arm.

tangki motor 3

 

Kata orang nama bulan yang suku katanya berakhiran “ri” biasanya hujannya turun setiap hari, sama seperti sekarang ini memasuki awal bulan di tahun 2016 hujan merata dan hampir turun setiap hari. Nah buat Bro & Sis yang terpaksa hujan-hujanan dengan mengendarai sepeda motornya di jalanraya pastinya keadaan motor pun jadi tak karuan, apalagi buat motor jenis sport kadang ada saja pasir, lumpur, atau bahkan kerikil terlempar dari roda depan menempel di bagian mesin ataupun tangki. Bagian bawah tangki motor sport yang sering terkena panasnya mesin bisa jadi cat di bagian bawah tangki rusak dan cepat mengelupas.

tangki kena hujan

 

Tentunya bagian bawah tangki yang catnya mengelupas tadi jika terkena cipratan air bisa membuat bagian bawah tangki jadi berkarat, dan akibatnya jika kelamaan didiamkan tangki bisa saja bocor. Biasanya bagian tangki yang bocor terjadi di sela-sela sekitar keran bensin karena biasanya bagian ini yang paling rendah sehingga air betah mengendap disana.

tangki karatan

 

Nah untuk mencegahnya bagian bawah tangki yang terkena air hujan harus sering dibersihkan dan di olesi oli agar lebih kedap air, agar lebih maksimal sebelumnya bisa juga bagian bawah tangki ini di cat ulang untuk menutupi bagian yang berkarat.

cegah tangki karat

 

Selain itu bisa juga kita buat Armadillo Bottom Fender (artikel selanjutnya). Selain dengan ABF bisa juga membuat pelindung tambahan sederhana di bagian bawah spatbor yang biasanya terbuat dari karet agar cipratan air dari roda depan lebih maksimal tertahan oleh pelindung ini.

spakbor motor tambahan pelindung cipratan air

 

Selanjutnya bagian lengan ayun atau swing arm untuk roda belakang juga harus diperhatikan. Entah berasal dari saluran udara atau lembabnya udara bagian dalam swing arm juga bisa kemasukan air. Namun yang pasti sehabis motor dicuci atau setelah kehujanan air akan mencari tempat yang lebih rendah dan kumpul di bagian ujung swing arm terutama bagian tengah as roda.

arm karatan (4)arm karatan (5)arm karatan (3)

 

 

Untuk mencegah supaya swing arm tidak berkarat hampir sama dengan tangki, bagian dalam swing arm dibersihkan dan bisa dilapisi dengan cat, oli, atau stemplet agar air tidak leluasa mengendap di bagian dalam swing arm ini.

Satu pemikiran pada “Musim hujan, hati-hati bagian tangki dan swing arm.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s