Step by step pasang RDB atau rem belakang dengan cakram variasi non PnP.

cakram belakang variasi non pnp

Sekarang ini banyak pilihan untuk RDB (Rear Disc Brake) atau sistem pengereman roda belakang sepeda motor. Merknya bermacam-macam, ada Bremo, Kitaco, Tokico, PSM, Ride It, TDR, DBS, Nissin, dan banyak lagi. Dari satu merk tadi ada juga yang menawarkan dengan berbagai kualitas dari ori, KW, dan sebagainya tergantung harganya, untuk RDB ori dijual dengan harga di atas 1jt sedangkan yang KW sekitar 500rb. Salah satu ciri RDB ori yang biasanya ada code di bagian body caliper rem seperti gambar di bawah ini :

Nissin caleper code

Satu paket RDB ini terdiri dari piringan cakram, kaliper, master rem, besi tambahan untuk pedal rem, bracket rem, bracket master rem, selang rem dan printilan lainnya seperti baur dan mur. Ada juga yang menjual RDB ini sepaket dengan velg, sama seperti RDB yang MB beli, RDB yang MB beli ini bermerk Nissin sepaket dengan velg seperti yang pernah diceritakan di sini. Entah RDB Nissin ini Original, KW1, KW2, Ori Thailand, atau lokal yang pasti dilihat dari fisiknya RDB Nissin ini mempunyai tulisan “Nissin” timbul di kaliper maupun master remnya. RDB Nissin ini memang paling gampang ditemui di toko variasi motor bahkan ada beberapa produsen motor menggunakan part rem original pabrikan dengan merk Nissin dengan bentuk yang sama termasuk huruf “Nissin” dengan cetakan timbul tersebut. Pertanyaannya, apakah RDB Nissin non ori tersebut bagus atau dapat berfungsi dengan baik? Untuk menjawab pastinya RDB Nissin harus dicoba dan dipasang di motor dengan tepat atau presisi. Agar pemasangan RDB presisi dan PnP pastinya juga RDB tersebut memang khusus ditujukan untuk motor yang nantinya kita pasang, Jadi misalnya paket RDB untuk Vixion dipasang di motor Vixion, RDB untuk Thunder ya dipasang di motor Thunder. Pertanyaan lain pun muncul, Apa mungkin RDB Vixion dipasang di motor Thunder atau motor lainnya? Bagaimana cara memasang RDB non PnP?

 

Pertama kita perhatikan dulu bagian-bagian RDB, lihat gambar di atas panah hijau adalah braket master rem, panah biru master rem, panah pink tempat/wadah minyak rem, panah putih kaliper rem, panah kuning adalah besi tambahan untuk pedal rem, dan dua tanda panah merah adalah dua lubang untuk 2 lubang di braket (dudukan) kaliper rem, braket kaliper rem bentuknya seperti ini :

bracket kaliper vixion

 

Jika Bro & Sis perhatikan dalam satu paket RDB untuk jenis motor tertentu perbedaanya ada di braket caliper rem dan braket master rem. Sama seperti paket RDB Nissin yang MB miliki yang sebenarnya hanya untuk motor Vixion, braket kaliper rem Vixion ini terdapat tonjalan berbentuk kotak :

tonjolan kotak di braket vixionbraket rem belakang variasi ixion

 

Tonjolan kotak ini nantinya ditempatkan di swing arm Vixion yang ujungnya berbentuk cekung mirip huruf “U” yang berguna untuk menahan braket agar tidak ikut berputar ketika melakukan pengereman :

arm ori vixion

 

Sayangnya swing arm motor MB kotak dan tidak ada cekungan seperti arm Vixion. Supaya RDB Vixion ini bisa dipasang kita buat dulu pola untuk braket kaliper baru contohnya seperti ini :

pola braket rem

 

Tebal braket kaliper baru sekitar 1,5cm sesuai dengan tebal braket rem paketan RDB Vixion :

braket rem ixion

 

Setelah pola tadi selesai dibuat kita serahkan ke tukang bubut dan nanti hasilnya seperti ini :

braket bubut tampak depan

 

Sesuai dengan gambar di atas panah merah adalah 2 lubang untuk 2 baut di kaliper rem, panah merah dan kuning untuk baut penahan di atas dan di bawah arm, panah putih untuk lubang as, dan panah biru untuk baut tiang rem, tiang rem bentuknya seperti ini :

tiang rem

 

Oiya untuk ukuran lubang, lubang as (baut) ukuran 19 atau sesuai dengan besarnya diameter as, sedangkan lubang kecil lainnya ukuran 12 dan semua lubang dibor tanpa drat. Selanjutnya braket rem tadi dihaluskan dengan ampelas dan di cat :

braket rem belakang bubut

 

Sekarang tinggal dipasang Bro Sist. Lepas rantai dan as roda lalu pasang cakram di velg.

penyesuaian pemasangan (2)

 

Oiya, kalau velg motor yang Bro & Sis miliki belum mempunyai lubang baut untuk piringan cakram harus dipasang adaptor terlebih dahulu. Adaptor ada yang dijual satu paket dengan RDB ada juga yang dijual terpisah, adaptor cakram belakang bentuknya seperti ini :

adaptor cakram belakang motor

 

 

Setelah cakram terpasang, pasang braket dan sesuaikan braket rem belakang di as.

penyesuaian pemasangan

 

Dilihat dari gambar atas masih terlihat ada jarak antara braket dan arm maupun velg, solusinya harus dipasang ring :

ganjal pakai ring

 

Namun jika ring yang dibutuhkan lebih dari 3 baiknya ganti dengan bos as :

 

Bos as yang besar adalah bos as untuk baut (as) ukuran 19 dan yang kecil untuk ukuran 12, semuanya panjangnya sama kurang lebih 1.5cm. Bos as ini bisa Bro & Sis temui di toko yang khusus menjual baut/mur untuk motor dan mobil, yang pasti kalau Bro & Sis cari di toko material pastinya tidak tersedia. Selanjutnya pasang bos as besar di antara swing arm dam velg :

pasan bos

 

Untungnya jarak antara dudukan kaliper dan velg sejajar dan sama jaraknya dengan braket, jadi tinggal pasang 2 baut braket termasuk 2 bos as kecil :

letak baut braket

 

Pasang juga baut penahan di atas dan di bawah arm dan juga baut untuk tiang rem :

rear disc brake customletak baut (2)

 

 

Mungkin Bro & Sis menemui masalah ketika memasang braket kaliper. Misalnya jarak antara braket kaliper masih terlalu jauh dengan velg dan dudukan kaliper, masalah ini bisa diatasi dengan menambah ring di antara bos kecil untuk 2 baut kaliper dan bos besar untuk as roda. Sebaliknya misalnya jarak antara braket kaliper masih terlalu pendek dengan velg dan dudukan kaliper bisa diatasi dengan mengurangi ring di antara bos kecil untuk 2 baut kaliper dan bos besar untuk as roda. Dengan kata lain untuk menyesuaikan jarak antara velg dan dudukan kaliper terhadap braket kaliper bisa diatur sesuai dengan panjang ketiga bos tersebut, sebagai referensi untuk masalah lainnya pernah juga dibahas di artikel ini —> Step by step cara ganti cakram rem depan dengan cakram variasi non PnP.

Last untuk pemasangan master rem akan dibahas di artikel selanjutnya.

Bersambung…

Iklan

11 pemikiran pada “Step by step pasang RDB atau rem belakang dengan cakram variasi non PnP.

  1. Ping balik: Step by step pasang RDB atau rem belakang dengan cakram variasi non PnP (part 2). | MOTORBLITZ

  2. Ping balik: Review RDB atau Rem Belakang Nissin KW. | MOTORBLITZ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s