Bikin kamera eksternal (Spycam) untuk motor dengan Hape Android.

actioncam custom

 

Trend Action Cam atau Sport Cam di kalangan biker sepertinya bakal semakin booming. Sekarang ini banyak Action Cam yang dijual di pasaran dan bukan hanya dijual online, di Mall atau di toko yang biasa menjual Camera digital/DLSR dan printilannya pun ada menjual Action Cam atau Sport Cam. Merknya pun bermacam-macam dari Go-Pro, Xiaomi YI, SJCam dan banyak lagi. Namun untuk Bro & Sis yang ngebet pengen Action Cam jangan buru-buru beli karena ada juga Action Cam palsu, contohya seperti ciri-ciri antara SJCam asli dan palsu di gambar di bawah ini :

sjcam

 

Soal harga Action Cam atau Sport Cam original memang termasuk mahal masih di atas 1jt, walaupun ada juga Action Cam yang dijual dengan harga murah dengan hasil video yang tidak kalah. Namun untuk Action Cam atau Sport Cam dengan harga murah yang diragukan adalah ketahanan baterainya, Action Cam atau Sport Cam yang biasanya digunakan biker dalam perjalanan jauh pastinya banyak momen yang sayang dilewatkan begitu saja. Selain itu dilihat dari bentuk dan ukurannya Action Cam baik yang mahal maupun yang murah terlihat menarik perhatian apalagi digunakan di jalanan dalam kota.

action cam

 

Karenanya agar kamera tidak terlalu menarik perhatiaan Bro & Sis bisa menggunakan webcam yang ukurannya lebih kecil dari Action Cam. Webcam ini nantinya kita sambung USB-nya ke Hape Android. Sayangnya USB webcam terlalu besar, oleh karena itu perlu sebelum disambung ke hape Android perlu kabel OTG (On The Go) USB yang bentuknya seperti ini :

otg usb

 

Di gambar atas kabel OTG USB yang berwarna putih. kabel OTG USB ini aslinya digunakan sebagai penghubung dari hape Android dengan perangkat lainnya seperti Hardisk Eksternal, Flashdisk, Joystick, dll. Jadi contohnya dengan kabel OTG USB ini Bro & Sis bisa memindahkan data langsung dari hape ke flashdisk atau external drive.

Kembali ke webcam, USB wabcam nanti disambungkan ke kabel OTG usb :

webcam

 

Setelah itu baru USB kabel OTG yang kecil tersebut dimasukan ke handphone Android. Namun sebelumnya kita cari dulu program/aplikasi untuk merekam dan mengambil photo di Playstore. Untuk mencarinya gunakan kata kunci “OTG Camera” lalu unduh dan instal salah satu aplikasi. Sekarang USB kabel OTG yang ujungnya paling kecil tersebut dimasukan ke handphone Android dan setelah itu buka aplikasinya.

webcam otg android

 

Nah setelah tampilan kamera muncul di layar hape Bro & Sis bisa merekam atau mengambil foto dari webcam tersebut. Sekarang tinggal atur tata letak camera, untuk hape bisa diletakan di tas yang digantung di pengait deck depan dan camera bisa diletakan di dekat spion atau di tempat lainnya di sepeda motor.

external camera

 

 

Sekedar tambahan sebenarnya pernah juga bikin kabel OTG USB sendiri seperti ini :

otg customotg usb custom

 

Sayangnya entah kenapa setelah disambung Kamera tidak berfungsi seperti sebagaimana mestinya. Dari kejadian tersebut bisa disimpulkan kualitas kabel ternyata sangat berpengaruh dalam transfer data dari Kamera (webcam) menuju handphone. Untuk kabel USB biasanya di dalam kabelnya berwarna kuning tembaga sedangkan kabel USB untuk transfer data kabelnya berwarna perak. Selain itu cara di atas hanya bisa digunakan oleh handphone Android yang support OTG USB dan umumnya memakai versi Android Kitkat atau di atasnya.

Iklan

12 pemikiran pada “Bikin kamera eksternal (Spycam) untuk motor dengan Hape Android.

    • Bisa nggaknya tergantung aplikasinya, coba pilih yang paling bagus & sesuai dengan hape androidnya di Playstore. Tapi biasanya buat webcam keluaran merk lama kaya logitech, genius, apalagi merk computer kaya HP, Asus, Acer, dll biasanya langsung kedetect. Webcam gak perlu baterai karena sumber listriknya berasal dari Handphone melalui kabel USB.

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s