Review RDB atau Rem Belakang Nissin KW.

RDB nissin

Sebagai lanjutan artikel yang lalu yaitu tentang Step by step pasang RDB atau rem belakang dengan cakram variasi non PnP dan Step by step pasang RDB atau rem belakang dengan cakram variasi non PnP (part 2) kali ini akan kita bahas mengenai fungsi dan review rem belakang Nissin kw ini Bro & Sis, apakah rem ini bisa berfungsi dengan baik? Terus terang kecewa berat setelah rem belakang ini dipasang di motor. Dalam kondisi distandar tengah dan roda motor diputar rem Nissin kw ini gak ada pakem-pakemnya, nge-loss aja gitu ga ada gigit-gigitnya, bahkan kesan pertama kali coba sempat kepikiran apa mungkin rem ini cuma variasi?

rdb

 

Kebetulan waktu itu ada sebuah motor yang aslinya sudah menggunakan rem cakram belakang, MB coba injak pedal remnya dan terasa agak keras, namun baru sedikit injak pedal ban belakang motor tersebut langsung terkunci. Beda banget rasanya, berbanding terbalik ketika MB injak pedal rem belakang motor yang sudah dipasang rem Nissin kw ini Bro & Sis. Dari pengalaman tersebut dugaan pertama rem ini gak pakem karena minyak rem tidak mampu menekan piston di kaliper rem karena adanya udara yang terperangkap di bagian selang rem maupun kaliper, mau gak mau minyak rem pun harus diganti. Setelah diganti seperti yang diceritakan di sini —> http://wp.me/p2t4Lp-4JU ternyata MB harus kecewa untuk kedua kalinya, padahal minyak rem sudah diganti, dalam pemasangannya pun diperiksa lagi agar lebih presisi. Memang ketika motor distandar tengah, roda diputar, dan pedal rem diinjak roda mampu berhenti. Namun ketika dikendarai di jalan raya rem masih loss, dengan kecepatan 30-40km/jam pedal rem langsung diinjak motor hanya mampu berhenti lebih dari 15 meter, kebayang kan Bro & Sis gimana gak pakemnya rem ini? Satu lagi Bro Sis, walaupun dalam pengereman MB selalu menggunakan rem depan namun karena kebiasaan reflek rem belakang pun ikut digunakan walaupun sudah tau rem belakang Nissin ini gak pakem, akibatnya cakram belakang terasa sangat panas bahkan bagian kaliper juga sangat panas sama dengan cakram.

letak baut (2)

 

Sempat kepikiran mungkin penyebabnya karena kualitas kampas rem yang jelek, tapi untuk mengganti kampas rem MB tangguhkan dulu karena pertimbangan untuk mencari cari part ini juga belum tentu ada di toko, mau gak mau kampas rem harus dicopot sebagai contoh. Selain itu penasaran juga apa mungkin rem belakang atau RDB nissin Kw ini bisa pakem?

Selanjutnya dalam beberapa hari terpaksa selama mengendarai motor ini untuk pengereman mengandalkan rem depan & menurunkan gigi, setelah beberapa hari barulah rem terasa lebih menggigit. Anehnya kebetulan setelah kurang lebih 2 minggu masuk ke musim hujan bagian rem pun sering terkena air hujan dan performa rem terasa berkali lipat lebih pakem, yang tadinya kecepatan 20-40km/jam butuh lebih dari 15 meter sekarang cuma 3 meter untuk membuat motor berhenti.

Last kesimpulannya setelah berjalan beberapa bulan ini rem belakang atau RDB nissin Kw ini masih berfungsi dengan baik dan sepertinya memang, selain dalam hal pemasangan yang presisi butuh juga beberapa waktu agar fungsi rem bisa lebih maksimal. Cuma hati-hati juga Bro & Sis waktu menggunakan rem belakang di jalanan yang agak berpasir bisa jadi ban belakang langsung ngesot.

nissin

 

 

Terkait :

Step by step cara ganti cakram rem depan dengan cakram variasi non PnP.

Ganti cakram rem depan dengan cakram variasi kok jadi gak pakem?

Iklan

Satu pemikiran pada “Review RDB atau Rem Belakang Nissin KW.

  1. Itu artinya kanvas rem diawal pemakaian blm bekerja maximal, krn kanvas rem pun ada masa reyen nya layaknya sebuah mesin,ban baru pun tidak langsung max gripnya

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s