Ganti cakram rem depan dengan cakram variasi kok jadi gak pakem?

 

Bro & Sis, Seperti yang pernah dibahas sebelumya yaitu tentang Step by step cara ganti cakram rem depan dengan cakram variasi non PnP ternyata muncul masalah, rem terasa tersendat-sendat dan daya cengkram rem terasa kurang pakem. Dari kejadian ini diduga ada 3 penyebab kenapa setelah cakram variasi dipasang fungsi rem tidak bekerja dengan maksimal, nah ini dia 3 penyebab tersebut.

1. Jarak antara kaliper rem (pala babi) dengan cakram terlalu jauh seperti gambar di bawah ini :

bekas kampas rem di cakram

Kebetulan sebelumnya cakram variasi ini dilapisi dengan cat semprot warna “clear” atau bening sebagai pelapis agar cakram variasi ini tidak mudah berkarat. Karena cat tersebut bekas tapak kampas rem pun terlihat jelas dan memang jarak antara kaliper rem dengan cakram terlalu jauh (lihat tanda panah gambar di atas), akibatnya rem jadi kurang pakem karena hanya sebagian permukaan kampas rem yang menggigit permukaan cakram. Idealnya seluruh bagian tapak kampas rem harus mencengkram cakram. Oleh karena itu tapak rem di cakram harus sedikit berada di tengah atau minimal harus sama dengan tapak kampas rem di cakram ori.

 

2. Penyebab kedua kemungkinan ada bagian permukaan cakram variasi yang kurang rata dan selain itu bisa jadi karena cat tersebut juga menghambat di salah sisi cakram sehingga rem terasa tersendat-sendat.

 

3. Setelah diperiksa di bagian bawah dan atas braket rem ternyata jaraknya tidak sama. Seperti yang ditunjukan dengan tanda panah di gambar bawah jarak bagian bawah braket rem lebih lebar daripada bagian atas :

braket rem miring

 

 

1.Untuk mengatasi masalah yang pertama yaitu jarak antara kaliper rem dengan cakram terlalu jauh ini braket variasi (adaptor) harus disesuaikan. Caranya mau gak mau adaptor harus diganti dengan jarak baut yang lebih pendek dan mau gak mau juga solusinya harus ke tukang bubut untuk membuat adaptor cakram baru.

Untuk membuatnya langkah pertama sesuaikan letak braket sampai bagian pinggir cakram mentok di kedua bagian atas dan bawah braket rem, selanjutnya kita ukur dan catat jarak untuk bagian tengah lubang baut atas dan bawahnya :

ukur jarak untuk adaptor

 

Buat dulu pola adaptor baru dengan kertas dengan acuan adaptor lama dan sesuai pengalaman jarak untuk 2 lubang baut bawah jaraknya 33mm dan 2 lubang baut bagian atas jaraknya 35mm. Supaya bagian atas dan bawah braket tidak mentok bagian pinggir cakram harus dilebihkan minimal 1mm :

 

Lihat gambar bawah, karena harus dilebihkan tersebut jarak akhir untuk 2 lubang baut bawah jaraknya 34mm (garis biru), 2 lubang baut bagian atas jaraknya 36mm (garis merah), sedangkan jarak antara kedua baut atas dan kedua baut bawah sama 70mm (garis hijau) :

pola braket adaptor

 

Sekarang bawa pola tersebut ke tukang bubut dan ini dia hasilnya :

 

Ternyata hasilnya masih kasar Bro & Sis mau gak mau harus dihaluskan lagi dengan kikir/gerinda dan ampelas, setelah dihaluskan dan dicat ini dia perbandingan ukuran adaptor lama dengan yang baru, yang baru ukurannya lebih besar :

braket tambahan hasil bubut (3)

Sekarang tinggal pasang, masalah pertama selesai kita lanjutkan dengan masalah kedua Bro & Sis.

 

 

2. Masalah kedua mengenai rem yang terasa tersendat-sendat bisa jadi dari hasil cetakan di lubang-lubang dan pinggir rem cakram variasi tidak rata, karenanya permukaan cakram harus dihaluskan dengan ampelas besi :

Selain itu ganti kampas rem seperti yang pernah di bahas di sini —> Ternyata ganti sendiri kampas rem cakram depan gampang banget.

 

 

3. Lanjut ke masalah tiga tentang bagian bawah dan atas braket rem yang jaraknya tidak sama pastinya kaliper rem harus dibuka dulu.

buka kaliper

 

Setelah itu lihat jarak bagian bawah dan atas braket rem terhadap cakram, idealnya piringan cakram letaknya harus di tengah bagian bawah dan atas braket rem.

jarak dalam antara braket dan CAKRAM VARIASI

 

Jika posisi cakram terlalu ke kiri berarti bos untuk baut braket rem terlalu tebal dan harus dikikir lagi deh.. :

 

Kalau posisi cakram terlalu ke kanan bisa diganjal dengan ring tipis yang sesuai dan pastinya harus dikikir lagi deh seperti ini :

ring tipis

 

Oiya pastikan permukaan adaptor yang telah dibuat tukang bubut tersebut rata, selain itu pastikan juga panjang (tebal) bos custom yang telah dikikir tersebut panjangnya sama. Terakhir pasang kembali seperti semula dan agar serasi lapisi baut cakram dengan skotlet warna silver atau warna lainnya sesuai selera Bro & Sis :

CAKRAM VARIASI

 

 

Last kesimpulannya memang ada harga ada barang walaupun tidak selalu karena cakram murah pun ada yang finishingnya bagus. Namun jika Bro & Sis sudah menyesuaikan atau memasang braket, kaliper, juga adaptor yang sesuai dengan lebar cakram (320mm) seperti yang di bahas tadi, Bro & Sis juga bisa mengganti cakram variasi dengan harga atau model lainnya dengan mudah tanpa ada perubahan atau penyesuaian lagi walaupun agak repot. Nah biar gak repot baiknya perhatikan cakram variasi yang Bro & Sis beli memang cocok atau khusus dibuat untuk motor yang Bro & Sis miliki, dengan maksud agar pemasangannya lebih mudah atau PnP. Selain itu perhatikan juga dalam proses pemasangan oleh mekanik agar hasilnya tidak mengecewakan.

Semoga berguna..

Iklan

9 pemikiran pada “Ganti cakram rem depan dengan cakram variasi kok jadi gak pakem?

  1. Ping balik: Step by step cara ganti cakram rem depan dengan cakram variasi non PnP. | MOTORBLITZ

  2. Ping balik: Review RDB atau Rem Belakang Nissin KW. | MOTORBLITZ

  3. gan kemarin saya ganti disk cakram ori tapi ketika di di rem gas agak ditahan dikit, rasanya agak tersendat ya… itu apa masuk kategori ke 2..?

    Suka

  4. tanya mas, tolong dibantu dijawab ya, pliss, Saya punya motor honda absolut revo th 2009, trus baru2 ini jatuh dan mengenai piringan cakram ban depannya, katanya sih harus diganti tapi karna gak punya duit buat ganti saya coba cari piringan cakram yg murah. Kebetulan ada teman yg jualan spare part di pasar bekas dan jualnya murah. Tapi yg dijual bukan piringan cakram khusus honda absolut revo, melainkan piringan cakram untuk Suzuki Satria Young Star, Suzuki NEX FI, Yamaha Jupiter Z1. Tapi harganya yg dijual angat murah lho mas…Kira2 menurut mas mana yg cocok untuk dipasang pada motor revo saya? Kira2 cakram motor tipe apa saja yg cocok bentuk piringan cakramnya dengan tipe motor absolut revo punya saya? kenapa piringan cakram itu bisa berbeda2 padahal ama2 dipasang pada ban depan yg diameter bannya sama2 17 inci? mohon jawabannya ya mas, terutama pertanyaan nomor 1 diatas ya. Terima kasih ya mas yg ganteng dan baik hati…….

    Suka

    • kalau misalnya diameter cakram sama dan lubang bautnya sama kemungkinan bisa dipasang, untuk memastikannya coba lepas cakram ori dan letakan di atas cakram baru, apakah ukuran lubang baut sama?
      walaupun ban sama 17 namun diameter, besar & banyaknya lubang baut berbeda-beda
      Aamiin

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s