Tips mengatasi mesin motor susah hidup

 

cuk honda tiger

 

Bagi pemilik motor yang masih menggunakan karburator mungkin pernah mengalami mesin susah hidup. Mesin susah hidup ini biasanya sih terjadi ketika mesin tidak dihidupkan dalam waktu lama, sama seperti yang dialami motor MB sendiri gara-gara mesin motor tidak dihidupkan kurang lebih 2 hari mesin jadi susah hidup. Motor MB yang sudah berumur lebih dari 4 tahun accu juga sudah mulai tekor mau gak mau harus diengkol, sayang hasilnya tetap sama diselah ojo gelem..diselah ojo gelem..ora gelem gelem alias gak mau nyala..mad

Sebenarnya apa sih penyebab mesin susah hidup?

Selidik punya selidik biasanya penyebab mesin susah dihidupkan itu karena campuran udara dan bensin yang ada di dalam karburator terlalu sedikit atau hilang. Kok bisa hilang? Sebabnya bisa hilang karena memang campuran bensin dan udara itu berbentuk gas, bisa jadi campuran bensin dan udara yang ada di dalam karburator keluar dengan sendirinya melalui saluran pembuangan di karbu, saringan udara, atau knalpot walaupun dengan proses yang lambat, jadi semakin lama mesin tidak dinyalakan makin sedikit campuran bensin dan udara yang ada di karburator. Sebenarnya dari dulu sejak mesin diciptakan ada sebuah alat yang berfungsi untuk memperkaya campuran bensin dan udara yg disebut choke atau cuk. Letak choke ini biasanya ada di sebelah kiri stang motor seperti photo di atas, misalnya Vega, Tiger, Thunder, dll, ada juga yang terletak di sekitar karbu seperti Ninja150 & Yamaha Scorpio :

cuk scorpio

 

Masalahnya gimana kalau choke sudah dibuka mesin tetap gak mau hidup?

Caranya setelah choke dibuka putar gas full tahan selama 10 detik, setelah sampai 10 detik lepaskan grip gas dan tutup choke kembali, baru pencet starter atau diengkol, ulang sekali lagi jika setelah dua kali distarter mesin masih belum mau menyala. Pengalaman MB setelah melakukan langkah tadi sekali/duakali mesin bisa langsung hidup walaupun mesin tidak dinyalakan sekitar 2 hari, lumayan kan daripada ngengkol lama 20 detik.. mrgreen

Punya pengalaman lain?

 

 

 

 

Iklan

64 pemikiran pada “Tips mengatasi mesin motor susah hidup

  1. Ping balik: Beli dan ganti aki sendiri? | MOTORBLITZ

  2. mantaff om trik & tips nya paten banget. satria fu saya bukan sekedar 2 hari tapi sudah 4 bulan tidak pernah pakai dan digunakan tapi setelah ikuti tips dan trik di thread ini hasilnya langsung greeng.. semoga allah bales semua kebaikanya om. beribu-ribu terima kasih om

    Suka

  3. motor aku tiap pagi susah idupnya tuh kak (pas manasin mesin) padahal udah ganti aki 😦 ada solusi selain diatas ngga?

    Suka

  4. Thanks gan, it works. Tadi pagi ane berangkat kerja motor tiba2 mati dan ga bisa di nyalain, padahal udah depan komplek. Akhirnya setelah ikutin tips nya ane kagak jadi telat ngantor. 😁

    Suka

  5. motor saya honda win, setiap kali motor mau start dia susah hidup, sampai berpulur kali motor baru mesin mau hidup, tp pas meain dalam kondisi panas, mesin gampang di nyalain, solusinya gmna kang, ?

    Suka

  6. walah ternyata choke trus digas poll bisa toh, selama ini taunya choke trus diengkol sampe dongkol.
    makasih banyak, barusan aja kejadian terus pake tipsnya mas langsung bisa. Mantap. keep share mas

    Suka

  7. Mio soul sy br di over size 200.. 1 – 2 hari pulang dr bengkel ga ada masalah.. berikutnya mulai susah di hidupkan.. sering banjir. Tolong dong tips nya yg bagus.. makasih ya.

    Suka

  8. waaauuw mantap. Thanks informasinya mas. Motor saya sering gitu. Tiap off beberapa jam selalu digenjot diatasnya 30x -+. Ntar saya coba tips ini.

    Suka

    • ,motor saya SUZUKI RC-bravo.
      waaauuw mantap. Thanks informasinya mas. Motor saya sering gitu. Tiap off beberapa jam selalu digenjot diatasnya 30x -+. Ntar saya coba tips ini.

      Suka

  9. motorku beat 2009. mati total. kelistrikan gak ada masalah jg businya. kira” apanya yaa. sudah 1 minggu gak bisa hidup. di starter terus, kluar letusan di kenalpot tapi gmw nyala.

    Suka

  10. mio saya kmren d’pake buat prjalanan jauh.tp bsok’y d’nyalain susah.ikuti langkah masbro yg d’atas jg ga nyala2 jg..:(
    cape nyelah’y msh ga nyala,ada solusi ga masbro

    Suka

  11. motor saya pitsterpro 125, kompresi bagus, busi bagus keluar api, karbu baru beli kemarin sama agan, kalau dstat enteng bnget, motor ny kadang nyala kdang juga kagak, kalau skali mati motor ny susah nyala, tolong gan saran ny

    Suka

    • Serius beli karbu sm ane? ane ga pernah jualan apapun lho??
      kalau pengapian & karbu oke seharusnya ga ada masalah, coba cek saluran bensin barangkali terhambat, pastikan juga kran bensin posisinya “on”. kalau karbu sudah pasti oke cek juga saluran oli.

      Suka

  12. Saya punya rx king 97.kemaren hilang klistrikan.ud dbenarin.klistrikan ud ok.eh mala motorny gak mau hidup2.bahkan ad bunyi letupan dari ujung kenalpot.

    Suka

  13. tiger saya mau nyalanya cuma kalau di-chooke (itupun rada mbrebet) setelah chooke-nya dibalikin langsung mati lagi (meskipun sudah lama di-chooke nya). Dan begitu seterusnya. Kira2 kenapa ya masbro?

    Suka

  14. maaf gan mhon info nya,mesin vega zr sya sudah dibikin kopling manual,ada sekitar 2bulan gk d pake,pas d nnyalain susah hidup nya……????? pdahal bahan bakar,pengaapian,kompresi nya normal ja….. mumet sampe kaki leklok nyelah,gk hidup2…. mhon bantuan nya…..

    Suka

  15. Pgi MotorBlitzz..mw nanya ne motorku vegazr 2010..bener tu kalau 1hri or 2 hri ja gk ke pake..susah hidup..ampe pegel ne kaki..padahal karbu, busi n bahan bakar sudah dicek ok..smua ..gmn solusinya????? trims

    Suka

  16. motor saya cbr 150 th 2008 yg carbulator,masalah nya di nyalain susah banget kalo kondisi mesin dingin…setiap mau bawa tu mtr pasti hrs ngedorong dlu,soalnya kan ga ada engkol nya
    tau solusinya ga om ?

    Suka

  17. gan, kalo xeon 2011 karbu autochoke, mesin dingin nyalainnya ane selah stater beberapa kali dulu sambil betot gas baru nyala, mesin udah panas gampang distater, tapi kalo diparkir kira2 3jam doank susah lagi nyalanya, harus selah stater sambil betot gas lagi.. mohon pencerahan.. terima kasih

    Suka

  18. Mas…motor saya F1… Tiap Pagi Gk bisa Nyala…Paling NyalaNya Juga Kalau sudah Di Engkol,.Dan Di engkolNya pun Gk cukup 20 Kali,.
    Lama Mas… Sampe Cape bange nih Kaki..
    Bahkan Kadang2 ngrasa putus asa sendiri krn gk mau nyala2.
    Mohon Minta SolusiNya Mas…??
    Terima Kasih…

    Suka

  19. Min Motor ane Jupiter mx 2007, Pengapian di Busi Ada, Bensin turun ke Karbu, Karburator Normal Jaya.. Udah Coba Tune Up Tapi Masih Tetep Kgk Bisa nyala.. Awal Permasalahannya Ketika Ane Isi Bahan Bakar.. sebelumnya sih ane pake Premium tapi malem itu Prrmium habis Akhirnya Ane isi Pertamax.. Nah Setelah itu motor Ane mogok kgk mau hidup Sampe Sekarang
    Tolong Solusinya min

    Suka

  20. Om motor gw byson,tp pake karbu stria fu,nah setiap mau dipanasin mesti sulit nyala,sampe +-30 kali,nah mau ikutin cara yang di atas tp gak ada chock nya,tolong solusinya dong,tri!ms

    Suka

  21. alhamdulillah memang berkesan guna petua anda ini untuk motosikalku modenas GT128 tahun 2011. Sangat berguna t.kasih ya. Salam saya dari Malaysia.

    Suka

  22. Mas aku tanya barangkali ada yang tau,, aku abis bongkar blok mesin thunder 125. Udah di pasang lagi dan pengapian normal.. Tapi kenapa tetep ga nyala yaa?? Apa lagi ya yg perlu di cek?? Bantu jawab dong mas.. Makasih

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s