Susah ganti gigi di motor sport, bisa jadi penyebabnya cuma sepele.

tuas ganti gigi tiger

 

Mengendarai motor berjenis sport memang gampang – gampang susah, sejago – jagonya orang naik motor sport pasti pernah mati mesin selagi main tuas kopling. Lagi apabila umur motor lebih dari tiga tahun, motor sport juga kadang susah menurunkan tuas transmisi apalagi dilakukan dengan cepat. Kebayang kecepatan sepeda motor sudah mulai melambat motor masih di gigi 4 gara – gara tuas transmisi macet, mau lepas kopling pastinya mesin bakal langsung mati.

Kebanyakan orang pasti menduga penyebab tuas transmisi motor macet ini karena ada kerusakan di gearbox mesin. Namun bukan berarti rusaknya part di gearbox ini adalah satu – satunya penyebab.

tuas ganti gigi tiger keterangan

Kalau kita perhatikan lebih detail tuas transmisi motor sport ini tidak terhubung langsung dengan poros gearbox mesin, berbeda dengan jenis motor moped, di motor sport ada semacam besi penghubung antara poros gearbox dan tuas ganti gigi seperti yang terlihat di gambar atas. Nah bisa jadi penyebab susah ganti gigi atau tuas transmisi motor macet karena  tuas transmisi motor ini kotor dan berkarat.

 

step gigi motor

Seperti yang MB alami sendiri terlihat dari luar tuas gigi terlihat bersih, namun ternyata setelah diperiksa didalamnya ada semacam gumpalan debu dan karat yang menghambat. Mau gak mau untuk membersihkannya harus di copot dulu :

kopling gigi 4

 

Setelah dicopot siapkan Grease/stemplet untuk melumasi poros ganti gigi. Stemplet ini semacam pelumas berbentuk seperti pasta yang mudah didapat di bengkel pinggir jalan, bahkan toko onderdil sepeda juga ada. Dibanding pelumas semprot semacam WD 40 stemplet ini lebih awet. WD 40 juga hanya bersifat untuk membersihkan karat pada logam, pengalaman biasanya pelumas yang ada di WD 40 juga gampang sekali hilang dan akibatnya kondisi part motor termasuk tuas gigi motor ini kembali kering, apalagi terkena air terutama air hujan. Jangan aneh cat di body motor juga bisa rusak ada bintik – bintik putih jika terkena air hujan.

kopling gigi 5

Lanjut setelah poros ujung footstep tempat tuas gigi dilumasi oleh stemplet pasang lagi seperti semula.

kopling gigi

Terakhir tinggal pasang kembali di motor, jangan lupa beri juga stemplet di kedua ujung besi penghubung antara poros gearbox dan tuas ganti gigi. Sekarang tinggal coba dan rasakan bedanya.. mrgreen

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s