Salahkah memasang lampu rem yang menyala berkedip – kedip di kendaraan?

 

lampu rem

 

Bro & Sis..mungkin kita sering melihat kendaraan baik mobil atau pun motor yang menggunakan lampu rem variasi yang bisa menyala berkedap – kedip di jalan raya. Lampu ini umumnya berbentuk seperti lampu rem mobil F1 yang sering dipasang di motor – motor touring dan juga di mobil – mobil. Selain lampu rem jenis mobil F1 ada juga jenis lampu rem variasi yang bisa berkedip – kedip yang dipasang di dalam lampu rem kendaraan. Pertanyaannya, apakah salah jika kita memasang lampu jenis rem yang bisa berkedip -kedip tersebut di kendaraan milik kita?

lampu rem model F1

 

Menurut seorang ahli otomotif (cek referensi) sebenarnya penggunaan lampu rem yang berkedip – kedip tersebut tidaklah salah karena sudah ada standar pabrik yang memberlakukannya. Yang dimaksud lampu rem standar pabrik yang dimaksud adalah ketika pedal rem diinjak perlahan lampu rem tetap menyala normal atau lebih terang daripada nyala lampu rem dalam keadaan idle, namun ketika pedal rem dibejek dengan mendadak lampu rem akan menyala berkedip – kedip yang bertujuan memberitahukan keadaan kepada pengendara di belakang bahwa mobil tersebut sedang dalam emergency.

Dari pendapat tersebut bisa diambil kesimpulan jika penggunaan lampu rem variasi atau after market yang menyala berkedip tidaklah salah, tentunya harus sesuai dengan fungsi lampu rem yang berkedip tersebut. Namun pada kenyataannya lampu rem yang menyala berkedip yang sering terlihat di jalan raya terkesan hanya seperti lampu hias. Tidak jarang juga lampu rem ini menyala warna warni atau menyala dengan warna selain merah, tentunya membuat pengemudi di belakang bisa menjadi salah kaprah. Ada pendapat lain?

 

 

 

 

Referensi tulisan

Sumber gambar

Iklan

3 pemikiran pada “Salahkah memasang lampu rem yang menyala berkedip – kedip di kendaraan?

  1. Saya lbh setuju dgn lampu rem berkedip..soalya dg lampu kedip mata dan otak bisa cepat nangkap, kalo kendaraan yg didepan sedang mengerem. Kadang mata kurang respon dgn lampu rem standar,yg nyalanya sama dgn lampu idlenya,hanya beda lbh terang saat ngerem.

    Suka

  2. Kalau lampu rem berkedip, malah nggak jelas niat ngerem atau tidak. karena biasanya asal kedip. apalagi lampu mobil, kedipan kanan dan kiri ternyata beda-beda.
    Lampu REM F1 itu cuma satu, ditengah. beda konvensi, malah bahaya

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s