Selain mesin, faktor apa saja yang menyebabkan top speed menurun?

topspd

 

Terkadang dalam keadaan tertentu Bro & Sis pernah memacu motor sekencang – kencangnya, tapi setelah melirik speedometer ternyata kecepatan sepeda motor yang kita kendarai tidak menunjukan top speed yang pernah alami sebelumnya. Misalnya dulu sewaktu beberapa bulan baru beli motor top speed di speedometer/odometer menunjukan kecepatan 100 Kmph, namun setelah motor tersebut berumur beberapa tahun ditest lagi speedometer hanya menunjukan kecepatan 90 Kmph. Mungkin Bro & Sis mengira kalau memang mesin motor kita sudah loyo. Ada benarnya, tapi tahukah Bro Sis ternyata ada juga faktor – faktor atau penyebab lain menurunnya top speed sepeda motor yang sering kita kendarai.

Faktor – faktor itu misalnya :

1. Keadaan rantai.

rantai motor karat _ Kondisi rantai yng kurang terawat, kotor, apalagi berkarat, akan menimbulkan gaya gesek yang menghambat perputaran roda, pastinya top speed juga akan menurun.

 

2. Kondisi ban.

Yamaha Jupiter Z1 Fi banKondisi ban juga mempengaruhi top speed karena makin lama daya cengkram ban ke aspal akan semakin berkurang, selain itu di motor – motor tertentu jika ban di isi angin terlalu banyak maka diameter ban pun semakin membesar, otomatis ban lebih lambat memutar gir speedometer.

 

3. Speedometer berembun.

speedometer embunKarena speedometer ini sebagai alat penunjuk kecepatan pastinya sangat berpengaruh dalam menunjukan berapa sebenarnya kecepatan motor, di beberapa jenis motor yang memakai speedometer non digital atau masih speedometer analog didalamnya ada sebuah pegas yang membuat jarum bergerak kembali ke angka nol. Jika pegas ini sampai karatan karena terkena air atau embun pastinya akan menghambat berputarnya jarum di speedometer.

 

4. Beban pengendara.

dut naik motorRider yang biasa mengendarai motor tunggangannya seringkali tidak menyadari kalau berat badannya semakin bertambah, pastinya karena beban yang dibawa oleh motor semakin berat top speed motor juga jadi menurun.

 

5. Hambatan angin.

motorMotor yang melaju berlawanan dengan arah angin juga akan menghambat laju motor.

 

6. Timing pindah gigi.

gigi motorTiming atau waktu pengendara pindah gigi juga mempengaruhi top speed karena RPM atau putaran mesin pada waktu final gear tidak mencapai titik maksimal.

 

 

Ternyata banyak juga penyebab top speed menurun, dari kejadian ini bisa disimpulkan walaupun sepeda motor sejenis dan ber-merk sama bisa jadi top speed yang ditunjukan di speedometernya berbeda – beda.

 

 

 

 

 

Pic credit: pionize.com, kaskus.co.id, jualmotor.info, tolololpedia.wikia.com, youtube.com, growupclinic.com.

Iklan

3 pemikiran pada “Selain mesin, faktor apa saja yang menyebabkan top speed menurun?

  1. Mas ni mtor saya cbr 150 yg versi overbore 2015, gigi 5,6 nya ko ga mau topspeed ya gigi 5 11000rpm kec 130 kpj dan gigi 6 cuma 10000rpm kec 133 kpj, pdahal gigi 4 bisa sampe 12.000 rpm,, penyebabnya knp yh?

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s