Merinding, ketemu dengan binatang berkepala manusia sampai kuntilanak.

kuda terbang

 

Untuk sebagian orang liburan keluar kota apalagi pulang ke kampung halaman adalah saat yang paling ditunggu – tunggu. Ya wajar saja karena setiap orang pasti ada rasa jenuh dengan kegiatannya yang monoton, pastinya sesekali butuh refreshing. Pulang kampung selain bisa bertemu dengan teman dan sanak keluarga ternyata dalam perjalanan pulang ke luar kota ada saja moment menarik yang terlihat disekitar jalan raya. Sama seperti kejadian yang MB alami ketika berada di sekitar wilayah Kabupaten Cirebon beberapa minggu kemarin.

Pada suatu ketika entah kenapa tiba – tiba banyak orang – orang di pinggir jalan. Sayup – sayup terdengar suara musik khas daerah Cirebon yang sepertinya pernah MB dengar dulu semasa kecil dan seperti terkena sugesti MB langsung melipir. Makin lama suara musik semakin keras dan sekitar 20 meter terlihat sebuah arak – arakan. Anak – anak kecil di depan berlarian menuju arak – arakan itu namun entah kenapa setelah dekat mereka balik lagi seperti ketakutan. Karena penasaran MB coba ikut mendekat, suara musik semakin keras bergetar dan ternyata dibalik sekumpulan orang muncul seekor Barongsai :

barongsai

 

Dibelakang Barongsai ada dua ekor binatang seperti kuda namun berkepala wanita cantik :

burok

 

Kuda berkepala wanita cantik inilah yang disebut Burok yang pernah MB liat dulu sewaktu kecil dan sampai sekarang pun masih tetap eksis. Biasanya pertunjukan Burok ini sebagai hiburan untuk perayaan Khitanan dan seperti sekarang ini sering kali pertunjukan Burok ini digabung dengan kesenian lain seperti barongsai tadi, ada juga Sisingaan Subang dan Kuda Lumping :

sisingaan- sisingaan--kuda lumping

 

Biasanya pertunjukan Burok ada disekitar wilayah Cirebon seperti Ciledug, Plered, Sumber, Majalengka, dan daerah Pesisir Cirebon seperti Indramayu bahkan sampai Purwakarta. Sayangnya sekarang ini kesenian Burok penampakannya semakin jarang dimakan oleh zaman, biasanya orang hajatan lebih suka dengan hiburan dangdutan atau pertunjukan musik yang lebih modern. Mungkin nasibnya hampir sama dengan Tari Topeng Cirebon.

tari topeng cirebon

 

Kuntilanaknya mana??

Oiya kuntilanaknya kegerahan jadi buka baju, ini nih :

kuntilanak kuntilanak 2

 

Hiiiiii…..merinding

 

 

 

Link video :

-http://youtu.be/2MQK9YqZf9M

Iklan

2 pemikiran pada “Merinding, ketemu dengan binatang berkepala manusia sampai kuntilanak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s