Hasil race MotoGP Sepang 2015 (masih) penuh kontroversi.

malasiangp sepang 2015

 

Bro & Sis, race MotoGP di sirkuit Sepang Malaysia sepertinya masih penuh kontroversi. Bermula dari pernyataan Valentino Rossi yang menganggap Marquez sengaja membantu Jorge Lorenzo dan mempermainkan dirinya di race sebelumnya di Philip Island ternyata terjadi juga di race selanjutnya yaitu di sirkuit Sepang. Dalam sesi kualifikasi pun terjadi kesalahpahaman antara Lorenzo dengan Rossi yang membuat Lorenzo berekspresi sedikit kesal.

Namun dari hasil akhir kualifikasi akhirnya Dani Pedrosa berhasil menempati urutan start di posisi 1, Marc Marquez 2, Rossi 3, dan Lorenzo posisi 4.

maquez rossi sepang 2015 (5)

 

Setelah sesi pemanasan race pun dimulai, awal lap 1 Pedrosa memimpin di depan diikuti Marquez, Rossi, Dovizioso, Iannone, dan Lorenzo. Di tikungan 3 Lorenzo menyodok langsung melibas duo Ducati. Di lap 2 setelah track lurus Lorenzo salip Rossi dari sisi kanan di tikungan mengambil alih posisi 3 Rossi.

motogp sepang 2015 (4)

 

Terlihat Iannone seperti ada masalah dengan motor Ducatinya dan masuk pitstop. Lap 3 Marquez sedikit melebar dan Lorenzo mengambil alih posisi Marquez, posisi pun berubah Pedrosa pertama, Lorenzo 2, Marquez 3, Rossi 4, Dovi 5, dan Crutchlow ke-6. Pedrosa menjauh sekitar 0,5 detik dari Lorenzo dan Rossi berusaha terus untuk menempel Marquez. Di akhir lap 3 menjelang track lurus Rossi berusaha menyalip Marquez namun belum berhasil. Awal lap 4 setelah track lurus Rossi menyalip Marquez dan berhasil menempati posisi 3, Marquez terus menempel hingga akhir lap 3 menjelang track lurus. Masuk lap 4 setelah track lurus kembali Marquez salip Rossi, battle diantara keduanya pun tak terelakan, Rossi kembali salip Marquez namun Marquez terus mengintai. Marquez kembali salip Rossi di tikungan, hanya beberapa detik kemudian Rossi pun kembali melakukan yang sama di tikungan, setelah berhasil menyalip Marquez entah karena disengaja atau hilang keseimbangan terlihat Rossi menggerakan kakinya, Marquez langsung menyalip Rossi dan berada di depan Rossi.

Marca Motor ‏@marcamotor

 

setelah berhasil menyalip Marquez terlihat Rossi hampir terjatuh hingga kaki kirinya terangkat ke atas karena kaki kanannya menyentuh aspal ketika menikung ke kanan terlalu dalam, Rossi menengok ke belakang dan Marquez langsung menyalip Rossi dan berada di depan Rossi. Di awal lap 6 setelah track lurus kembali Rossi salip Marquez, entah apa penyebabnya kaki kiri Rossi kembali bergerak, Rossi menengok kebelakang dan mengangkat tangannya. Marquez kembali mengincar Rossi dengan jarak dekat dan berhasil menyalip Rossi. Awal lap 7 posisi masih Pedrosa di depan, kedua Lorenzo dan di belakangnya Marquez dengan gap sekitar 2,7 detik. Rossi mati-matian melawan Marquez hingga motor yang ditungganginya terlihat tidak stabil bergerak ke kiri kanan dengan cepat, namun kembali Rossi berhasil menyalip Marquez di tikungan dan Marquez pun tidak mau kalah, terlihat Marquez hampir menyentuh Rossi dan melakukan pengereman mendadak. Marquez berakselerasi dengan cepat langsung merangsek ke depan salip Rossi, namun beberapa saat kemudian Rossi pun berhasil menyalip Marquez dan terlihat di tikungan ke arah kanan Marquez masih ingin menyalip Rossi dengan akselerasi penuh, sedangkan dengan sedikit menoleh Rossi melambat dan akibatnya posisi keduanya terlalu dekat dan akhirnya Marquez crash.

rossi vs marquezmarquez crash sepang 2015

 

Marquez masih bisa melanjutkan race namun beberapa saat kemudian masuk pitstop di lap 8. Lap 9 Pedrosa masih memimpin diikuti Lorenzo, Rossi, dan Dovi, sayang bagi Dovi di lap 10 Dovi crash. Lap selanjutnya masih tersisa 10 lap berlangsung garing, terlihat beberapa replay karena proses terjatuhnya Marquez diduga akibat aksi kaki Rossi yang menyentuh Marquez. Hingga menjelang lap terakhir Pedrosa masih memimpin di depan dengan gap lebih dari 2 detik. Akhirnya Pedrosa berhasil melewati garis finish memenangkan race MotoGP di sirkuit Sepang 2015.

malasiangp sepang 2015 (10)FantasyMSport MotoGP ‏@FMSportMotoGPmalasiangp sepang 2015 (3)

 

Hingga saat ini masih terjadi kontroversi setelah kejadian Marquez terjatuh, lalu apa yang sebenarnya terjadi?

malasiangp sepang 2015 (5)

 

Rossi berkata bahwa kelakuan Marquez di Sepang yang hampir sama dengan apa yang terjadi di Australia memaksanya harus berbuat sesuatu. Sebelum Marquez crash Rossi berusaha melebar dan melambat sambil berkata “f*** what are you doing?”. Menurut Rossi Marquez terjatuh karena sisi kanan handlebar motornya mengenai sisi kaki kiri Rossi, Rossi pun kehilangan keseimbangan hingga kaki kirinya terangkat. Rossi menegaskan bila dirinya tidak menendang dan berkata bila video dari atas helikopter pun menjelaskan kejadian sebenarnya, Marquez sudah terjatuh sebelum kakinya terangkat.

malasiangp sepang 2015 (6)

 

Marc Marquez akhirnya angkat bicara, menurutnya hampir di semua rekaman video dari berbagai sisi termasuk dari helikopter bisa menjelaskan apa yg sebenarnya terjadi. Marquez merasakan kecelakaan yang menimpanya bukan seperti kecelakaan, di tikungan 14 Rossi melambat dan memandangnya. Marquez menunggu beberapa saat karena memang tidak ada yang harus dilakukan waktu itu, namun setelahnya Marquez melihat Kaki Rossi menekan tangannya dan akibatnya handle rem depan ikut tertekan dan mengunci roda depan motornya yang menyebabkan dirinya terjatuh.

maquez rossi sepang 2015 (8)
Dari pihak MotoGP pun akhirnya membuka suara. Race Director menyimpulkan Marquez memang memperlambat Rossi, namun tidak melanggar aturan karena tidak bersentuhan. Rossi melihat aksi Marquez ini seperti memprovokasi sehingga Rossi menikung terlalu lebar dan sengaja menghalangi Marquez dan ini menyalahi aturan, terlebih membuat Marquez terjatuh. Race Director pun memutuskan sangsi Valentino Rossi adalah start di urutan paling akhir di Valencia nanti. Sangsi tersebut Bukanlah sangsi dari aksi Rossi yang terkesan menggunakan kakinya untuk membuat Marquez tejatuh, namun hanya akibat dari aksi Rossi melambat di tikungan. Race Director pun tidak melihat adanya bukti bahwa aksi kaki Rossi sengaja dilakukan.

yamaha movistar

 

Hal senada pun dilontarkan oleh Movistar Yamaha Director yang mengatakan Rossi bukanlah rider yang suka berbuat kotor dan menyebarkan issue. Dia tidak melihat Rossi sengaja menendang dan terlalu berlebihan jika motor seberat 157Kg terjatuh akibat aksi Rossi. Kecelakaan ini adalah hasil akhir dari dua race yaitu di philip Island dan Sepang. Memang itu adalah legal namun mengapa Rossi begitu terganggu dengan aksi Marquez, tentunya harus melihat gambaran yang lebih besar untuk menjawabnya. Sayangnya dari pihak Honda pun belum terdengar beberapa kata atas kecelakaan Marquez. Namun beberapa komentar dilontarkan oleh beberapa pihak termasuk Lorenzo, menurutnya hukuman Rossi terlalu ringan. Menurutnya seharusnya Rossi tidak berhak mendapat 16 poin (posisi 3). Selain itu walaupun masih berupa gosip, di lain pihak ada yang mengatakan bahwa Lorenzo pun seharusnya terkena hukuman karena menyalip Rossi sewaktu “Yellow Flag”.

lorenzo rossi

 

Sebenarnya masih ada ada beberapa kabar mengenai yellow flag berkibar di saat race, namun karena dirasa sumbernya belum benar-benar valid kemungkinan untuk saat ini kabar ini masih berupa gosip. Last terakhir dalam akhir wawancaranya Rossi merasakan hukumannya ini terasa berat, ia merasa kakinya potong dan membiarkan Marquez menang.

malasiangp sepang 2015 (4)MiniDrivers ‏@OfficialMinis Oct 25

 

`

`

`

`

`

`

Pic credit & referensi :
-MotoGP.com
-Twitter @MotoGP, @crash_motogp, @marcamotor, 2YamahaIndonesia.
-http://www.motogp.com/en/­news/2015/10/25/­sepangclash-rossi-rea­cts/188439
-http://www.motogp.com/en/­news/2015/10/25/­sepangclash-marquez-r­eacts/188523
-http://www.motogp.com/en/­news/2015/10/25/­sepangclash-jarvis-re­acts/­188527
-http://www.motogp.com/en/news/2015/10/25/sepangclash-race-direction-verdict-on-rossi-marquez/188434

Iklan

2 pemikiran pada “Hasil race MotoGP Sepang 2015 (masih) penuh kontroversi.

  1. Ping balik: Beberapa aksi kaki Rossi dan persepsi insiden Marquez clash di Sepang 2015. | MOTORBLITZ

  2. Ping balik: Akhir dari drama TheGrandFinale race MotoGP 2015 di Valencia. | MOTORBLITZ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s