Brno CzechGP 2016, Adu Strategi dan Skill di Track Basah.

CzechGP Brno 2016 (21)

Bro & Sis, Race MotoGP di Grand Prix České Republiky Circuit Brno 2016 kali ini diwarnai dengan turunnya hujan. Setelah sesi pemanasan usai terlihat Marc Marquez berada di posisi start terdepan sedang bersiap-siap, tak ketinggalan terlihat juga Lorenzo di posisi 2, Iannone 3, Aleix 4, Barbera 5, Rossi 6, Dovi 7, Vinales 8, Pedrosa 9, Crutchlow 10, Smith 11, dan Pol Espargaro di posisi 12 sedang bersiap-siap menghadapi race Brno CzechGP 2016 sebanyak 22 lap dengan panjang 5403 meter per lapnya.

CzechGP Brno 2016 (9)CzechGP Brno 2016 (26)

 

Tanda aba-aba dimulainya race pun terlihat, Awal lap 1 Iannone langsung menggeber motornya memimpin di depan diikuti, Lorenzo, Marquez. Di tikungan pertama Marquez menusuk menyalip Iannone. Tak mau kalah Dovi dan Duo Suzuki Aleix dan Vinales menyalip Lorenzo hingga membuat posisi Lorenzo turun di posisi 6.

CzechGP Brno 2016 (11)

 

Pertengahan lap 1 sementara terlihat Marquez di posisi 1, Iannone 2, Dovi 3,  Aleix 4, Vinales 5, Smith 6, Redding 7, Barbera 8, Pol Espargaro 9, Lorenzo 10, Petrucci 11, Rossi 12, Pedrosa 13.  Masuk di lap 2 Dovi salip Iannone hingga berada di posisi 2 dan redding salip Smith dan Vinales ada di posisi 5, tidak sampai di situ saja, tak lama kemudian Redding salip Aleix berada di posisi 4. Menjelang akhir lap 2 Dovi pun berhasil salip Marquez ganti memimpin di depan.
Masuk awal lap 3 entah apa sebabnya Marquez melambat dan kembali Iannone berhasil menyalipnya.  Tercatat Redding saat ini menorehkan fastlap 2.10.010 dan berada di posisi 4 dibelakang marquez, juga akhirnya di pertengahan lap 2 redding dapat menyalip Marquez. Sementara itu Iannone terus menempel mengincar posisi Dovi yang sedang memimpin terdepan. Masuk lap 4 Iannone berhasil menyalip Dovi, terlihat pembalap trio Ducati di posisi 1, 2, dan 3 yaitu Iannone, Dovi, dan Redding dengan posisi berdekatan dan Marquez di posisi 4 terlihat menjauh tertinggal dengan gap lebih dari 1 detik. Sementara tu Redding terus mengincar posisi Iannone dan akhirnya berhasil menyalip Iannone.
Lap 5 Masih Dovi di depan diikuti, Redding, Iannone, Aleix, Vinales, dan Barbera. Sementara itu di pitstop terlihat team masing-masing menyiapkan motor dengan ban berprofil kering. Lap 6 posisi belum berubah, Rossi & Lorenzo kemana ya? Tercatat saat ini Rossi berada di posisi 12 dan Lorenzo posisi 16 tercatat juga Crutchlow meraih fastlap 2.08.760.
Lap 7 Iannone menjadi yang terdepan dan Redding terus mengincar dengan gap sekitar 0,4 detik di belakangnya.  Lap 8 Barbera berhasil menyalip Marquez merebut posisi 4.
Lap 9 tercatat Rossi berada di posisi 10 di belakang Petruci dan Crutchlow yang berada di posisi 8 dan 9 dengan gap 0,654, Iannone masih tetap memimpin dan Redding berada di belakangnya dengan gap sekitar 0,691. Lap 10 Dovi terlihat melambat seperti mendapat masalah dengan motornya.

CzechGP Brno 2016 (22)
Lap 11 Dovi masuk pitstop dan kemungkinan akan mengganti motornya. Cal Crutchlow terus menyalip hingga berada di posisi 5, gap antara Crutchlow dan Iannone yang berada paling depan sekitar 4,140detik . Posisi masih Iannone terdepan diikuti, Redding, Barbera, Marquez, Crutchlow. Masuk di lap 12 battle antara Marquez di posisi 4 dan Crutchlow di posisi 3 pun seperti tidak terelakan lagi. Crutchlow menggeber motornya seperti kesurupan dan akhirnya menjelang lap 13 Marquez tersalip.

CzechGP Brno 2016 (33)
Masuk lap 13 terjadi battle antara Rossi vs Vinales memperebutkan posisi 6. Lap 14 Jarak antara Crutchlow dan Iannone yang berada paling depan pun semakin dekat. Posisi masih Iannone, Redding, Barbera, Crutshlow.

Masuk lap 15 Cruthlow salip Barbera dan tanggung Redding pun juga disalip Crutchlow, Iannone masih memimpin diikuti Crutchlow dengan jarak dekat sekitar 0,767detik. Barbera tak mau menyerah hampir Crutchlow tersalip. Posisi sekarang masih Iannone di depan diikuti Crutchlow, Barbera, Redding, Marquez. Terlihat Aleix seperti bermasalah dengan motornya. Lap 16 jarak Crutchlow semakin dekat sekitar 0,4 detik. Sementara itu Rossi berada di posisi 6 mengincar di belakang Marquez. Menjelang akhir lap 16 battle antara Iannone dan Crutchlow semakin tajam dan terlihat Lorenzo mengganti motor di pitstop. Marquez berhasil menyalip Redding dan menempati posisi 4.

CzechGP Brno 2016 (19)
Masuk lap 17 Rossi tak mau kalah salip Redding di tikungan dan terus mengincar Marquez.  Sementara di posisi 1 & 2 itu terjadi adu drag Iannone vs Crutchlow di track lurus dan dimenangkan oleh Crutchlow, hampir bersamaan terjadi juga adu drag Rossi vs Marquez memperebutkan posisi 3 dan dimenangkan oleh Rossi.
CzechGP Brno 2016 (20)
Masuk lap 18 terlihat Dovizioso masuk pitstop dan Lorenzo pun berada di pitstop ganti motor.

CzechGP Brno 2016 (8)

 

Rossi berhasil salip Barbera di track lurus menempati posisi 3. Battle antara Iannone vs Rossi pun tak terelakan, Rossi berhasil salip Iannone di tikungan. Masuk di lap 19 posisi masih Iannone di depan dengan jarak yang cukup jauh dengan Rossi sekitar 4,851 detik dan jarak antara Rossi dengan Iannone pun terlihat semakin jauh.
Masuk lap 20 battle jarak dekat antara Iannone vs Marquez vs Barbera berebut posisi 3. Iannone melebar di tikungan dan Marquez langsung menusuk salip Iannone. Barbera mencoba salip Iannone namun masih terlalu alot. Lap 21 Crutchlow menjauh dengan gap 6,287 detik. Terlihat serpihan ban ambrol dari ban depan Iannone. Lap 22 atau lap terakhir jarak antara Marquez dan Barbera semakin jauh, begitu juga jarak antara Crutchlow dan Valentino Rossi dan bisa di tebak Crutchlow berhasil memenangkan race MotoGP Brno 2016.

result brnoCzechGP Brno 2016 (29)

CzechGP Brno 2016 (6)CzechGP Brno 2016 (12)CzechGP Brno 2016 (34)CzechGP Brno 2016 (10) CzechGP Brno 2016 (16)CzechGP Brno 2016 (18)

CzechGP Brno 2016 (31) CzechGP Brno 2016 CzechGP Brno 2016 (7)

CzechGP Brno 2016 (17) CzechGP Brno 2016 (2) CzechGP Brno 2016 (3)CzechGP Brno 2016 (14) CzechGP Brno 2016 (17) CzechGP Brno 2016 (13) CzechGP Brno 2016 (15)

Dari hasil race CzechGP di Sirkuit Automotodrom Brno Czech tahun 2016 kali ini memang sulit di prediksi Bro & Sis. Kondisi track yang basah hujan memaksa team mengatur strategi terutama strategi dalam memakai ban yang tepat, untuk ban yang tepat dalam kondisi track basah pastinya harus menggunakan ban tipe rain. Ban tipe rain ini sebenarnya ada 3 yaitu ban tipe rain soft, rain medium, dan rain hard. Namun sebelum race hampir semua Racer menggunakan ban tipe rain soft untuk ban belakang dan depannya, selengkapnya Bro & Sis bisa lihat data di bawah :
CzechGP Brno 2016 (27)
Dilihat dari jalannya race karakter ban tipe rain soft bisa langsung digeber untuk meraih waktu yang tercepat di track basah, namun akan melambat jika track mulai kering atau bahkan rusak jika track benar-benar kering.  Sedangkan ban rain hard kebalikannya, lambat di lap-lap awal namun akan semakin cepat jika kondisi track mulai mengering, ban rain hard juga akan lebih tahan melewati track kering. Untuk ban rain medium jarang digunakan karena belum ada data jika menggunakan ban ini, seperti yang terjadi di team Repsol Honda yang cenderung menggunakan ban tipe rain hard. Kemungkinan ban rain soft untuk depan belakang banyak dipilih karena diperkirakan race akan ada ‘flag” yang mengharuskan para rider mengganti ban dengan tipe slick seperti di race sebelumnya di Assen. Karena cuca pada jalannya lomba sulit di tebak ada juga yang mengganti ban tipe rain hard sebelum race terutama bagian ban belakang. selengkapnya beberapa motor yang mengganti ban sebelum race dimulai Bro & Sis bisa lihat data di bawah ini :

CzechGP Brno 2016 (25)

 

Namun pada kenyataannya, kondisi track lama sekali mengering. Track mengering ketika tujuh atau enam lap lagi menjelang finish. Tentunya bisa ditebak Crutchlow yang menggunakan ban depan belakang tipe rain hard dapat melaju kencang di akhir-akhir lap. Sedangkan Rossi dan Marquez yang menggunakan ban rain soft, harus tetap menjaga kondisi ban dengan teknik pengereman yang lebih efektif dan skill yang sesuai dengan karakter baik motor maupun ban yang digunakan.
CzechGP Brno 2016 (28)

 

Last dari hasil race di Brno CzechGP 2016 secara keseluruhan Marc Marquez masih menempati urutan pertama dengan 197 poin. Sedangkan posisi 2 diganti oleh Valentino Rossi sebanyak 144 poin. Sedangkan Lorenzo turun di posisi ke-3 dengan 138 poin.

classification

 

 

Image credit & referensi :
-motogp.com
-TMCblog.com
-twitter @MotoGP, @YamahaMotoGP, ‏@Michelin_Sport.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s