Issue, Yamaha R15 OTR 25 Juta?!

Gambar

Pagi ini TP terkejut mendengar kabar bahwa harga Yamaha R15 diperkirakan kurang lebih seharga Rp 25juta. Mungkin bro & sis telah mengetahui dalam menentukan harga akhir harga On the road(OTR) sebuah sepeda motor biasanya ditentukan oleh NJKB (nilai jual kendaraan bermotor) dan NJKB ini juga biasanya sebesar 21,5% lebih rendah dari harga OTR, selain itu harga OTR tergantung kebijakan produsen motor itu sendiri.

Nah, biasanya yamaha menambahkan sekitar 4,2 juta dari harga NJKB motornya. Dilihat dari Aplikasi Online Pelayanan SAMSAT PKB-BBNKB POLDA METRO JAYA, NJKB yamaha Byson sebesar 16,7juta dan harga akhir/OTR sebesar 20,9juta, NJKB Yamaha Vixion Lightning 17,5juta dan harga akhir/OTR 21,7juta. dan ternyata NJKB Yamaha R15 adalah sebesar 18,1juta, jadi bisa diketahui harga OTR R15 adalah sekitar 22,3juta. Seperti yg telah dibicarakan di atas harga OTR ini ditentukan juga ditentukan oleh kebijakan produsen atau pabrikan yamaha itu sendiri, akan tetapi untuk produksi lokal termasuk R15 ini jarang sekali Yamaha Indonesia menambahkan 10juta dari harga NJKB.

Sekedar pendapat pribadi yang telah TP ungkapkan disini sepertinya wajar jika harga R15 hanya terpaut 2juta dari New Vixion. dilihat dari desain vixion lebih modern daripada R15 yg seperti mengikuti old vixion, walaupun begitu desain r15 sebenarnya bagus dan tidak mudah lekang oleh jaman, desain r15 mengingatkan TP dengan yamaha r6.

Yamaha YZF-R6 Race Blu 2014 001 IOTOMOTIF.com

Penjualan new vixion tidaklah sangat terganggu dengan hadirnya R15 karena konsumen motor naked dan fairing memang berbeda, walaupun vixion & r15 bermesin hampir sama salah satunya hanya berbeda di gearbox vixion 5speed & R15 6speed. Jika kita flashback tentang motor sport yamaha mungkin kasusnya hampir sama dengan yamaha rx-king, rxz, dan rzr, walaupun harga rx-king dan rxz juga rxz dan rzr hanya terpaut 2 juta tetap rx-king lebih laku walaupun rxz & rzr mempunyai desain yg lebih modern & mesinnya telah menganut 6speed.

Seiring dengan waktu dan jika permintaan naik, harga R15 bisa saja naik menjadi 27/28juta seperti new vixion yg harganya naik mungkin menyentuh 23juta. Kasus yang sama juga terjadi dengan CBR150 yang sekarang harganya hampir mepet dengan harga CBR250 karena kebanyakan konsumen lebih tertarik dengan CBR150 daripada CBR250 karena desainnya hampir sama.
Terakhir satu hal yang patut diwaspadai produsen motor adalah mulai jenuhnya konsumen motor sport 150 cc 4 tak, saat ini juga banyak berkeliaran motor moped & metic yg ber-cc mendekati 150 cc. Untuk konsumen motor sport khususnya anak muda naluri pastinya menginginkan performa motor yg lebih powerful & mereka hanya terpentok dengan harga yang lebih mahal, karenanya jika ada satu saja produsen motor menawarkan sebuah motor 250 cc dengan desain yang fresh dan harga yg lebih miring,  r15 bisa saja diabaikan oleh konsumen2 motor sport. walaupun begitu,  jika benar r15 seharga 25juta, r15 adalah tonggak (harga) baru untuk motor sport fairing 150 cc.

~

~

~

Sumber & referensi:

-tmcblog.com

-koran-indonesia.com

-dwinugros.wordpress.com

-hondacengkareng.com/motor/honda-cbr-150r/

Iklan

2 pemikiran pada “Issue, Yamaha R15 OTR 25 Juta?!

  1. Ping balik: Kenapa harga Yamaha R15 cuma selisih 600 ribu dengan harga New vixion? | THEPIOZ

  2. Ping balik: Tahun 2014 kebanjiran motor baru, Suzuki reborn! | THEPIOZ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s