Tuas rem ditarik lampu rem tetap mati? servis sendiri yuk??

Gambar

Handle atau tuas rem si semok aneh nih.. Jadi kalau tuas rem depan ditarik setengah lampu rem nyala, tapi kalau ditarik full lampunya  malah mati. Curiga saklar(switch) remnya rada error soalnya kalau saklarnya diputer-puter kadang normal lagi. Tapi daripada diputar-puter terus & bikin bahaya orang lain mending dibenerin, jadi penasaran didalam saklar itu ada apanya sih.. Yowislah siap-siap alat-alatnya dulu : Tang, obeng, korek gas bekas, kain lap, & gunting gede.

Kalau sudah siap kita buka dulu saklarnya, caranya dorong keatas pake obeng bagian bawah saklar yang ada di ujung tuas rem seperti ini:

Gambar

Bukan diputar obengnya tapi dorong keatas sambil body saklar tadi ditarik keluar, jangan ditarik kabelnya tar putus dong.. Kalau bisa cabut juga socket di ujung kabel biar enak benerinnya. Kita lihat disitu ada tonjolan (panah biru) yang fungsinya sebagai sebagai pengait body saklar, ada juga pengait yang tadi kita dorong keatas pakai obeng (panah hijau) :

Gambar

Setelah berhasil dikeluarkan congkel pinggir saklar & ganjal sisi lainnya dengan obeng yang lain, jangan pakai tusuk sate ya.. :

Gambar

Sambil ditarik bagian bodi saklar yang ada kabelnya, tenang dicongkel ga akan patah kok karena plastiknya fleksibel tapi ya jangan keras-keras juga. setelah dibuka nanti seperti ini :

Gambar

Tuh kan dalamnya kotor kena debu, kedua plat tembaga dan batang besi ditengah rompal terkikis gara-gara kena gesek sewaktu menggunakan rem. Bisa jadi rompal juga karena percikan api karena watt bohlam rem lumayan gede. Setelah dibersihkan kita siapkan plat besi bekas korek gas tadi :

Gambar

 

Potong plat dengan gunting menjadi 2 kotak kecil. besi korek gas juga macam-macam ada juga yang tebal, kalau misalnya terlalu tebal bisa juga diganti dengan plat besi yang lebih tipis.Gambar

 

Tekuk kedua plat besi kira-kira sesuai dengan sisi plat tembaga saklar :

GambarGambar

 

Kira-kira setelah kedua plat dipasang bentuknya seperti ini :

Gambar

 

Setelah itu batang besi yang rompal tadi pasangnya dibalik, jangan lupa urutannya seperti ini :

Gambar

 

Kasih oli di saklar supaya lancar & jika ada percikan api juga bisa diredam oleh oli ini. Terakhir tinggal rakit lagi, pasang diujung tuas rem & masukan socket kabel seperti semula.

Kalau bro & sis pernah baca tentang saklar starter kopling disini mungkin caranya hampir sama dan ternyata setelah setahun belum pernah mengalami kerusakan, mungkin karena kedua plat tembaga setelah dilapisi besi jadi lebih tebal sehingga lebih awet. Tapi kalau misalnya bro sis mau beli part ini harganya sekitar 25 ribu, gimana? tapi kalau dipikir-pikir mending benerin sendiri terus duitnya buat jajan baso… rolleyes

 

 

 

 

 

Iklan

7 pemikiran pada “Tuas rem ditarik lampu rem tetap mati? servis sendiri yuk??

  1. Ping balik: Share pengalaman servis saklar rem depan tiger yang rusak. | MOTORBLITZ

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s